Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bank Lampung Terapkan Pembayaran Pupuk Secara Online



Sigerindo Kalianda - Bank Lampung mendapat kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Lampung sebagai penyelenggara penebusan pupuk secara online pertama di Indonesia.

Direktur Utama PT Bank Lampung Mangkoe Sasmito mengatakan sistem databased online adalah RDKK sebagai dasar transaksi penebusan pupuk bersubsidi.

Databased RDKK ini hanya diakses para pihak yang berkepentingan yaitu produsen, distributor, poktan, Bakorluh, BP4K dan Dinas Pertanian melalui akses user ID dan password, sehingga menjamin keamanan data.

Sistem pembayaran billing system di chanel Bank Lampung, menggunakan kode penebusan, untuk menjamin keamanan transaksi pembayaran pupuk dari rekening poktan ke rekening kios dan distributor.

Billing system penebusan dapat diakses melalui portal www.pupuklampung.com dan www.pupuklampung.co.id melalui smartphone, gajet, dan komputer yang terhubung dengan internet.

“Kelompok tani akan dimudahkan dalam pemesanan secara online atas lima jenis pupuk bersubsidi yaitu Urea, Organik, ZA, NPK, dan SP36 sesuai RDKK yang disusun masing-masing poktan.

Poktan dapat memesan pupuk sesuai kebutuhan dan dengan harga tetap sesuai dengan harga eceran tertinggi,” kata Mangkoe, di Kalianda, Rabu 6/4/16 ujarnya

Di sisi lain, distributor mendapat informasi online atas status pemesanan pupuk bersubsidi oleh masing-masing poktan pada portal tersebut menggunakan user ID, sehingga memudahkan distribusi dan penyediaan pupuk.

Dengan demikian, pemerintah daerah dapat memonitor distribusi dan ketersediaan pupuk lewat informasi online penebusan pupuk bersubsidi mulai poktan, desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi tutupnya.(Rua)
BERITA TERBARU