Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Berlemak Tidak Akan Membuat Gemuk, Tidak Percaya? Begini Faktanya


Ilustrasi (Sumber:  foodstantly.com)

Sigerindo Lifestyle - Makan makanan berlemak dan kau akan menjadi gemuk. Ini pemahaman lama yang masih saja diyakini hingga saat ini. Padahal sejumlah bukti ilmiah telah membuktikan bahwa teori tersebut salah. Makanan berlemak tidak membuak gemuk. 

Melansir laman sciencealert.com, berikut 4 fakta ilmiah makanan berlemak yang selama ini masih salah dipahami

1. Makanan Berlemak Tidak Membuat Gemuk
Buktinya ada pada penelitian yang membandingkan dua kelompok, kelompok pertama dengan makanan rendah lemak tapi tinggi karbohidrat, kelompok kedua dengan makanan tinggi lemak tapi rendah karbohidrat.

Hasilnya, kelompok kedua justru menurunkan berat badan dan lebih sehat, sedangkan kelompok pertama berat badannya malah bertambah. Ini membuktikan penyebab kenaikan berat badan adalah gula dan karbohidrat. 


Sumber:  boldsky.com

2. Diet Lemak Justru Menimbulkan Penyakit
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2017 di jurnal The Lancet membandingkan lebih dari 135.000 orang dengan diet rendah lemak dan karbohidrat di 18 negara. 

Hasilnya, mereka yang diet rendah lemak mengalami kemungkinan penyakit jantung. Sebaliknya diet rendah karbohidrat tidak memiliki risiko tersebut. Penelitian lain, 50.000 wanita diet rendah lemak, tidak menurunkan risiko kanker payudara atau penyakit jantung.


Sumber:  startlosingweightnow.info

3. Tubuh Butuh Lemak
Nyatanya, lemak justru sangat dibutuhkan tubuh untuk pembekuan darah dan gerakan otot serta ketahanan saraf. Lemak membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Saat tidak makan lemak, kita cenderung mengkonsumsi karbohidrat dan gula.


Sumber:  cahkru.com.jpg

4. Makanlah Lemak Baik
Dari banyak makanan berlemak. Ada lemak yang menyehatkan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association, diungkapkan tidak semua lemak sama. 

Meski tidak membuat gemuk, tapi beberapa lemak tidak lebih sehat dari lainnya. Lemak yang baik bagi tubuh adalah lemak tak jenuh, banyak terdapat pada ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat.


Sumber: harvard.edu
Bagaimana ? Sudah saatnya yang kita hindari seharusnya adalah makanan tinggi karbohidrat, bukan makanan berlemak, apalagi makanan dengan lemak baik.

Oleh: Ricky Jenihansen B
BERITA TERBARU