Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambut Hari Kartini, DWP Muba Gelar Lomba Senjang dan Melukis


Sigerindo Sekayu - Menyambut peringatan Hari Kartini tahun 2018 tepatnya jatuh pada tanggal 21 April mendatang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Muba gelar lomba Senjang dan Melukis bagi anggota DWP Perangkat Daerah dan Kecamatan Kabupaten Muba. Acara berlangsung di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Rabu (18/4/2018).

Penasehat DWP Kabupaten Muba, Susy Imelda Beni mengatakan lomba senjang dan melukis ini untuk melestarikan kebudayaan di Muba. "Melalui ini kita lebih menghargai dan mengangkat kesenian daerah kita, khususnya warisan budaya di Kabupaten Muba,"ujarnya.

"Lomba Senjang ini, ibu-ibu jadi merasakan bagaimana sulitnya bersenjang, menyampaikan lirik dengan nyanyian dan sedikit tarian, adapun melukis gambar RA Kartini karena kami anggap salah satu bentuk penghargaan atas perjuangan Kartini untuk pembebasan kaum wanita kita dari kegelapan. 'Habis Gelap Terbitlah Terang', maknanya kita bebas bekarya, bisa punya wawasan luas dan mampu berkompetisi maju bersama dengan kaum laki-laki dengan tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan, "kata Susy saat membuka lomba Senjang dan Melukis dalam rangka peringatan Hari Kartini.

Menurut laporan Ketua DWP Kabupaten Muba selaku Ketua Pelaksana, Hj Asna Aini Apriyadi menjelaskan, tujuan diadakannya lomba senjang dan melukis dalam rangka memperingati hari Kartini ialah memberikan pemahaman semua unsur dalam keutamaan gender, sehingga hak-hak karya wanita di Indonesia bisa terjamin, khusunya wanita di Kabupaten Muba menjadi mandiri dan berkualitas.

"Tujuan lomba ini ialah untuk menjaga Keberagaram budaya yang ada, baik di Indonesia khususnya di Kabupaten Muba, kemudian perlunya menjaga kesatuan dan kekompakan sehingga keragaman tetap terjaga, budaya sendiri tetap bermakna serta menumbuhkan kesadaran bahwa kaum perempuan bisa maju dan mandiri dengan tidak melupakan kodratnya, "jelasnya.

Dilaporkan juga, adapun peserta senjang berjumlah 60 orang terdiri 45 perwakilan OPD dan 15 kecamatan, sedangkan lomba melukis berjumlah 140 orang, terdiri dari 125 perwakilan OPD dan 15 Kecamatan dalam lingkungan Pemkab Muba.(Iwan)
BERITA TERBARU