LMND Gelar Konfrensi 3Hari: Mahasiswa Bersama Rakyat Rebut Demokrasi

Sigerindo Lampung - Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi atau yang sering disebut dengan akronim LMND kembali menyelenggarakan Konf...


Sigerindo Lampung - Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi atau yang sering disebut dengan akronim LMND kembali menyelenggarakan Konferensi Wilayah. Konferensi Wilayah yang merupakan badan pengambilan keputusan di tingkat Provinsi ini diselenggarakan dengan mengangkat tema “Memeperkuat Organisasi Mahasiswa Yang Siap Sedia Belajar, Bersatu, Berjuang Bersama Rakyat Untuk Merebut Demokrasi Sejati”

Konferensi Wilayah yang merupakan moment perumusan arah perjuangan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Lampung ini di hadiri oleh seluruh kader LMND Lampung. Dalam acara pembukaan konferensi wilayah pada Jumat, 11 Mei 2018 juga turut dihadiri oleh tamu undangan dari organisasi gerakan mahasiswa maupun gerakan sektoral lainnya.

Dalam rangkaian acara pembukaan ini para tamu yang mewakili organisasi/lembaganya menyampaikan pesan solidaritas sebagai bentuk dukungan untuk perjuangan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Lampung.

Selain itu momentum Konferensi Wilayah bukanlah ceremonial yang semata-mata menjadi agenda tahunan dalam rangka pergantian pemimpin organisasi, namun dapat menjadi forum yang akan menganalisa situasi faktual dari kehidupan ekonomi, politik dan sosial budaya di Provinsi Lampung.

Dalam pembahasannya Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi mencoba menanalisis situasi nasional yang berdampak juga pada situasi daerah terutama provinsi Lampung.  Dengan luas ± 3.528.835 ha, Provinsi Lampung memiliki potensi sumber daya alam yang sangat beraneka ragam, prospektif, dan dapat diandalkan, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan, pariwisata, sampai kehutanan. Bahkan secara geografis Provinsi Lampung mempunyai letak sangat strategis dan menjadi pintu gerbang bagi Sumatera.

Pembangunan perekonomian Provinsi Lampung masih didominasi oleh sektor pertanian yakni sebesar 35,92%, untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan akselerasi pembangunan pertanian untuk ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan berdasarkan database Kementerian Pertanian tahun 2015, untuk komoditas kopi, Lampung merupakan penghasil pertama di tingkat Sumatera dan di Indonesia atau sebesar 22,63% dari produksi Indonesia. Tebu terbesar pertama di Sumatera dan ke 2 di Indonesia atau 25,19% dari produksi Nasional, dan lada produksi ke 2 di Sumatera dan di Indonesia.

Selain kopi dan tebu Lampung juga sangat didukung oleh produksi perkebunan lada, karet, kelapa sawit dan kelapa.
Kemudian paket kebijakan ekonomi keempat dibawah rezim Jokowi-JK yang salah satu pointnya berisi RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) tentang Pengupahan. Disahkan oleh Pemerintah menjadi PP No.78/2015 tentang Pengupahan. Bagaimana respon buruh terhadap kebijakan ini?

Apakah pengaturan ini sejalan dengan tujuan upah layak yang diamanatkan undang-undang ketenagakerjaan? Klas buruh di Indonesia beranggapan bahwa kebijakan baru yang mengatur tentang pengupahan  ini hanya akan semakin melanggengkan politik upah murah di Indonesia. PP pengupahan ini tidak lantas meningkatkan kenaikan upah buruh sesuai kebutuhan hidup rill buruh beserta keluarganya.

Akan tetapi, PP Pengupahan ini lebih mengakomodir kepentingan pengusaha besar dan investasi asing untuk meraup superprofit (keuntungan) yang lebih besar dengan menekan semurah mungkin upah buruh di Indonesia. PP No. 78 Tahun 2015 hanya menetapkan kenaikan upah minimum berdasarkan perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional setiap tahunnya. Sementara kita ketahui bahwa selama ini saja kenaikan upah buruh setiap tahunnya tidak pernah sebanding dengan kenaikan kebutuhan-kebutuhan pokok akibat inflasi di Indonesia.

Sebab, kenyataannya angka Inflasi mendorong kenaikan harga-harga kebutuhan pokok rakyat hingga mencapai 50%-100%. Demikian jika penetapan upah merujuk pada pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini, pertumbuhan ekonomi nasional di seluruh dunia khususnya di Indonesia melambat akibat  krisis global yang telah berdampak akut pula di Indonesia.

Apalagi pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia secara rill sangat kuat bersandar pada investasi asing dan utang luar negeri yang hanya bertujuan memonopoli seluruh kekayaan alam dan pendapatan buruh-rakyat Indonesia untuk memulihkan krisis global khususnya imperialis AS. Sehingga sejatinya pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia akan terus merosot.

Masih rendahnya indeks pembangunan manusia, pembangunan ekonomi dan tingginya kriminalitas di Lampung menjadi bagian terpenting yang harus segera disikapi oleh seluruh pihak terutama pemerintah yang sampai hari ini belum mampu mensejahterakan rakyatnya dilihat dari tiga sektor utama, tingkat perekonomian, pendidikan dan kesehatan. Ditambah masih banyaknya masalah disektor agraria dan juga pelanggarn HAM.
Adapun dalam Konferensi Wilayah Ke VII LMND Lampung telah terpilih struktural Eksekutif Wilayah LMND Lampung sebagai berikut :

Ketua Wilayah : Kristina Tia Ayu
Sekretaris Wilayah : Rizky Silvia Putri
Badan Koordinasi : Muhammad Imam Berdikari
Nama

Advertorial,193,Bandar Lampung,418,Banyuasin,72,Bengkulu,1940,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,40,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,1,Event,34,Hot News,44,Internasional,4,Jakarta,36,Kabar Kampus,157,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,107,Kota Bengkulu,93,Kriminal,424,Lampung,3041,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,233,Lampung Tengah,653,Lampung Timur,48,Lampung Utara,126,Lifestyle,28,Lubuklinggau,414,Mesuji,381,Metro,70,Muara Enim,6,Muratara,81,Musi Banyuasin,895,Musirawas,194,Nasional,90,Ogan Ilir,2,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,59,Pendidikan,136,Pesawaran,129,Pesisir Barat,118,Pilkada Bengkulu,51,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,252,Pringsewu,36,Rejang Lebong,31,Ruajurai,371,Seluma,354,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,1680,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,65,Tuba Barat,272,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: LMND Gelar Konfrensi 3Hari: Mahasiswa Bersama Rakyat Rebut Demokrasi
LMND Gelar Konfrensi 3Hari: Mahasiswa Bersama Rakyat Rebut Demokrasi
https://1.bp.blogspot.com/-I5rak_NB7_M/WvhS7ykF4XI/AAAAAAAAZaU/CXGNOxq84kc93YyrPjcfpZkNytCBCMwrgCLcBGAs/s320/IMG_20180513_215833.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I5rak_NB7_M/WvhS7ykF4XI/AAAAAAAAZaU/CXGNOxq84kc93YyrPjcfpZkNytCBCMwrgCLcBGAs/s72-c/IMG_20180513_215833.jpg
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2018/05/lmnd-gelar-konfrensi-3hari-mahasiswa.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2018/05/lmnd-gelar-konfrensi-3hari-mahasiswa.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy