Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menteri Desa PDTT Minta Pemda Cepat Salurkan Dana


Sigerindo Jakarta - Mewakili Plt Bupati Muba, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Erdiansyah SP MSi didampingi Kepala Bappeda, Drs H M Yusuf Amilin MM dan DPMD menghadiri Rapat koordinasi nasional (Rakornas),  percepatan penyaluran dana desa tahun 2018, bertempat Bidakara Hotel Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Rakornas yang dihadiri oleh seluruh Bupati dan walikota se Indonesia beserta kepala OPD terkait, dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indoesia, Eko Putro Sandjojo.

Dalam arahannya, Menteri PDTT meminta agar kepada daerah memahami betul prosedur penyaluran dana desa, dengan prinsip cepat salur, tepat guna dan siap pertanggungjawaban, sesuai dengan tema rakornas yang diambil kali ini.

"Tiga tahun sudah dilaksanakan program dana desa, saat ini memasuki tahun ke empat, tanpa disadari kita telah membuktikan program yang baru dan penuh perdebatan, namun dengan kepemimpinan yang baik kita bisa membuktikan kita bisa melaksanakan program dana desa untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa, "ujarnya.

Dikatakan Menteri, Awalnya penyerapan hanya 82 persen, namun di tahun berikutnya penyerapan mencapai 99% di tahun lalu, tahun ini kita pastikan 100% bisa terserap ke desa-desa di setiap daerah kabupaten/kota Indonesia. Penentasan kemiskinan sangat difokuskan oleh pemerintah saat ini, bagaimana caranya pembangunan yang tidak berdampak kemiskinan bagi masyarakat.

"Tentunya, keberhasilan penurunan kemiskinan tergantung pada leadership setiap daerah, karena kepala daerah merupakan ujung tombak bagi pembangunan daerahnya, maka dari itu, program dana desa ini sangat membantu pemerintah daerah dalam menuntaskan kemiskinan, "ujar Menteri.(Iwan)
BERITA TERBARU