Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musirawas Kembali Pertahankan Opini WTP

Sigerindo Musirawas - Setelah tahun pertama memimpin Kabupaten Musi Rawas 2016 lalu sukses mendapatkan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), tahun kedua Bupati H Hendra Gunawan dan Wabup Hj Suwarti sukses mempertahankannya.

Untuk dua tahun secara berturut-turut Kabupaten Mura mendapatkan opini WTP. Tepatnya Senin (21/5)  bertempat di Gedung BKP RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Jalan Demang Lebar Daun No. 2 Palembang dilaksanakan penyerahan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2017 kepada dua kepala daerah yakni Kabupaten Musi Rawas  dan Muara Enim.

Penyerahan dilakukan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel Maman Abdulrachman dimana Musi Rawas sukses mempertahankan WTP untuk tahun kedua setelah  pada 2015 lalu Bumi Lan Serasan Sekentenan itu masih mendapatkan predikat WDP dan untuk laporan keuangan tahun anggaran 2016 lalu naik kelas meningkat predikatnya menjadi WTP. Kabupaten Musi Rawas sendiri adalah daerah keempat yang sudah menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah dan mendapatkan hasil penilaian BKP dengan predikat opini WTP setelah sebelumnya yang pertama Kabupaten Muba, Kota Palembang dan Prabumulih.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) yang menerima langsung hasil pemeriksaan BPK RI terkait Laporan keuangan daerah tahun anggaran 2017 dengan predikat opini WTP mengaku senang dan sangat bersyukur. Terlebih Kabupaten Musi Rawas bisa menyelesaikan dan menyerahkan laporan keuangan dalam waktu yang cepat.

Pencapaian tersebut menurutnya buah kerja keras semua pihak dan jajarannya, juga hasil dari rasa Sabar dan Syukur serta dedikasi dan loyalitas tanpa batas dengan semangat AK5 ( Ayo Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja) yang terus mewabah di seluruh jajarannya bahkan masyarakat dan tentunya dijalankan sejak dirinya resmi menjabat sebagai Bupati Mura  17 Februari 2016 lalu.

“Apresiasi dan penghargaan disampaikan atas kerja serta loyalitas semua jajaran mulai dari perangkat daerah, camat, Kades hingga jajaran kepala sekolah. Ini semua (WTP) akan menjadi semangat ke depan bagi kita semua untuk tetap bekerja optimal tentunya dengan Semangat AK5 dalam membangun Musi Rawas Sempurna dalam proses yang elegan dan mengedepankan integritas dalam kebersamaan,” tegas Bupati.

Terkait Opini WTP kedua atas pemeriksaan BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemkab Mura Tahun Anggaran 2017 Bupati mengaku lega. Karena semua kerja keras membuahkan hasil sesuai harapan walaupun pada intinya masih ada beberapa rekomendasi perbaikan dan upaya yang harus dilakukan  pihaknya dan tentunya sejalan dengan perumpamaan bahwasanya mempertahankan lebih sulit dari pada perjuangan untuk meraihnya di awal.

“Sejak tahun 2016 lalu, dalam perjalanannya (tahapan pemeriksaan BPK RI Perwakilan Sumsel)  semua bekerja dengan sungguh-sungguh tanpa kenal lelah. BPK juga bekerja sangat profesional bahkan pendampingan yang kita ajukan di awal-awal untuk membantu proses pemeriksaan hingga mendatangi desa-desa mereka (Tim BPK) tolak. Makanya WTP 2016 terasa begitu spesial dan sempurna (Sejalan dengan Mura Sempurna) karena kita dapatkan dengan kerja yang sunggung-sungguh di tahun pertama saya Menjabat sebagai Bupati bersama Wabup Hj Suwarti. Makin menjadi Sempurna dan lebih spesial karena di 2017 kita bisa mempertahankan raihan Opini WTP tersebut. Sekali lagi terima kasih kepada semua jajaran yang telah bekerja keras. Dan dukungan juga terus kita sampaikan kepada BPK yang luar biasa dalam pembinaan, membimbing dan memberikan arahan sehingga hasil yang kita capai bisa Sempurna,” tegas Bupati H2G yang tetap dengan kebiasaannya secara detil membaca dan memeriksa satu persatu, kata demi kata Laporan Keuangan yang disampaikan ke BPK untuk diperiksa.

Ketua DPRD Musi Rawas Yudi Fratama mengucapkan terima kasih atas laporan pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Kabupaten Musi Rawas Tahun Anggaran 2018.

"Atas hasil pemeriksaan, rekomendasi, saran dan masukan khususnya dari BPK menjadi rekomendasi untuk dijalankan agar laporan keuangan Kabupaten Musi Rawas di tahun anggaran berikutnya selelu nagus dan terus dapat mempertahankan predikat opini WTP," tegas Ketua DPRD Yudi Fratama.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel Maman Abdulrachman juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Kabupaten Musi Rawas yang berhasil  mempertahankan opini WTP di tahun kedua setelah sebelumnya hanya mendapatkan Opini WDP terlebih dalam waktu yang cepat.

BPK selalu profesional dalam menentukan opini, tidak ada kaitannya dengan politik.

"Saya mengharapkan supaya Kabupaten Musi Rawas terus mempertahankan opini WTP sehingga menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan. Dan yang pasti saya bertanggungjawab atas hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Kabupaten Musi Rawas Tahun Anggaran 2018," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H Hendra Gunawan didamping beberapa pejabat terkait. Diantaranya ketua DPRD Mura Yudi Fratama, Asisten III H Edi Ismanto, Inspektur Alexander Akbar, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Zulkifly Idris, Kabag Protokol Hj Rusana Mulawati dan beberapa pejabat terkait lainnya. Selain itu hadir juga Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dan pimpinan DPRD Muara Enim.(YZR)
BERITA TERBARU