Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polres Muba Menggelar Penyuluhan Bahaya Rokok

Sigerindo Muba - Dalam rangka kegiatan lanjutan Baktikes, Rabu 2 Mei 2018 pukul 09.00 Wib Polres Muba kembali melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan kepada para tukang ojek yang berlokasi dipangkalan ojek kayuara Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba kegiatan di pimpin oleh  Aiptu Doni Nopiansyah, SKM Ps paur kes Bag Sumda beserta Dokter Mitra Polres Muba dr. Endah Meliza Tasti.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada para masyarakat tentang dampak buruk dari merokok. Dalam penyuluhan tersebut dr. Endah Meliza Tasti menjelaskan kepada para tukang ojek bahwa rokok mengandung berbagai jenis racun seperti  Nikotin,Tar, Amonia, Arsenik dan Karbon Monoksida yang berbahaya bagi kesehatan.

Dengan mengetahui  kandungan yang terdapat di dalam rokok diharapkan para tukang ojek bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok sebelum zat kimia yang ada didalamnya masuk dan menyabar ke dalam tubuh. Sehingga dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit seperti kanker paru- paru, kanker mulut, kanker nasopharyng, impoten, gangguan pada janin dan katarak.

Setelah memberikan penjelaskan tentang bahaya merokok, para tukang ojek mengajukan pertanyaan salah satunya, “ bagaimana cara untuk berhenti merokok?”

Cara untuk berhenti merokok ialah “diawali dengan niat dari diri sendiri, olahraga yang teratur, mengganti rokok dengan permen atau Vitamin C dan mengurangi konsumsi rokok secara perlahan” ujar, Dokter Mitra Polres Muba tersebut.

Selain melakukan penyuluhan kepada para tukang ojek, kegiatan tersebut juga disertai dengan pembagian pamflet Bahaya Merokok kepada para tukang ojek, dan mengajak masyarakat untuk berhenti merokok. (Iwan)
BERITA TERBARU