Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Canangkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella


Sigerindo Musirawas - Bertempat di halaman SD Negeri Giriyoso Kecamatan Jayaloka, Senin (6/8), Bupati Mura H Hendra Gunawan mencanangkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Mura. Pencanangan ini bertepatan dengan pelaksanaan Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat (GMSS), yang ditandai dengan pemukulan gong bersama-sama tokoh agama dan masyarakat setempat serta pemberian Imunisasi kepada pelajar di SD Negeri Giriyoso.

Bupati mengatakan, Imunisasi MR ini merupakan salah satu program nasional untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dari penyakit kelainan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.

Imuniasi MR, kata Bupati merupakan kepanjangan dari Measles atau lebih dikenal dengan campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian.

Sementara rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Akan tetapi bila menular kepada ibu hamil pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, serta keterlambatan perkembangan.

Melihat dari manfaat yang didapatkan, lanjut Bupati, Kampanye Imunisasi MR ini harus terus digelorakan dan dicanangkan sehingga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dapat sehat dan cerdas serta dapat memiliki daya saing yang tinggi.

Terkait dengan Pro dan Kontra Imunisasi MR ini, dengan belum adanya label halal dari MUI, dirinya mengembalikan kepada seluruh masyarakat, bagi yang ingin dan yakin maka dapat segera di imuniasi, namun bagi yang masih ragu maka harus menunggu label halal MUI. Karena ini bentuk kepedulian pemerintah yang sayang dan cinta kepada generasi yang akan datang, dirinya berharap, hal ini dapat diselesaikan secepat mungkin sehingga program yang baik ini segera dapat diterapkan secara penuh.

Rangkaian kegiatan GMSS ini di Kecamatan Jayaloka meliputi meliputi pencanangan Imuniasi MR yang dilaksanakan secara serentak di kabupaten Mura, peninjauan senam lansia dan pemberian bantuan makanan tambahan serta meninjau pelayanan kesehatan.

Selanjutnya di Desa Margoyoso, Bupati melakukan audiensi dengan pemerintah desa, dan pemberian bantuan kloset serta peninjauan pengerjaan jamban sehat. Terakhir di Desa Donorejo, bupati menyaksikan penandatangan deklarasi rumah tanpa asap rokok serta pemasangan stiker di salah satu rumah warga setempat.

Hadir dalam giat tersebut, Kepala Dinkes Mura Hj Mipta Hulummi beserta jajarannya, Asisten III Setda Mura H Edi Iswanto, mewakili Dandim 0406/MLM dan jajaran dan mewakili KapolresMura, serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Mura, pemerintah kecamatan, kades, lurah dan ketua TP PKK desa. (Pirbonex)
BERITA TERBARU