Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemkab Muba Tambah 5 Titik Pantau CCTV di Kawasan Perkotaan Sekayu


Sigerindo Muba - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) menambah lagi 5 (lima) titik pantau CCTV. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Dicky Meiriando, selasa (31/7/2018) di Muba Command Centre.

"Tahun lalu telah terpasang sembilan titik, di tahun ini ada penambahan lagi sebanyak lima titik pantau melalui CCTV di Kawasan Perkotaan Sekayu, yaitu : di Simpang Jembatan Musi (JM), Simpang Empat Rumah Pintar, Sekayu Waterfront, Depan Mesjid Jami Annur dan Gelanggang Remaja", ujar Dicky.

Ditambahkan Dicky, penambahan titik pantau melalui CCTV ini adalah dalam rangka  memonitor aktivitas masyarakat di ruang publik agar tercipta suasana aman, tertib dan nyaman dalam beraktivitas. Selain itu CCTV juga berfungsi untuk memantau apabila terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan raya dan ketinggian air sungai musi. Titik pantau melalui CCTV ini dimonitor selama 24 jam melalui Muba Command Centre  (MCC).

"Petugas MCC akan meneruskan ke perangkat daerah dan instansi terkait apabila terpantau adanya aktivitas yang mengganggu keamanan, ketertiban dan kenyamanan", kata Plt Kepala Dinkominfo Muba ini.
Selanjutnya Ia berharap agar fasilitas yang diadakan dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muba ini dapat memberikan manfaat besar tidak hanya bagi Pemerintah Kabupaten termasuk pula masyarakat baik yang tinggal ataupun yang sedang berkunjung ke Muba. Oleh karena itu Dicky berharap fasilitas yang telah tersedia ini untuk di jaga dan di rawat bersama oleh semua pihak agar jangan sampai rusak dan apalagi sampai tidak berfungsi lagi.

"Direncanakan akan dipasang 100 titik CCTV di Muba. Untuk percepatannya kami berharap dapat didukung pula oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Muba dapat membantu merealisasikannya", pungkasnya.

Sebelumnya Pemkab Muba telah memasang  sembilan titik pantau CCTV yang berada di Simpang Terminal Randik, Didepan Wisma Atlet, Bundaran Tugu Sekayu, Depan Kantor Bupati Muba, Simpang Empat Rumdin Bupati Muba, Simpang Empat Pasar Talang Jawa, Simpang Rumdin Wabup Muba. Pemasangan CCTV ini merupakan Program Digital Security Sistem dalam rangka mendukung terwujudnya Muba Smart Regency. (Iwan)
BERITA TERBARU