Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dodi Ziarah ke Makam SMB II


Sigerindo Ternate - Hujan rintik Minggu (9/9/2018) sore membasahi komplek pekuburan Islam yang terletak di Kelurahan Makassar Barat Kota Ternate Tengah, cuaca ini tak menghalangi Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin untuk melakukan ziarah ke makam Sultan Mahmud Badarudin II yang merupakan pimpinan Kesultanan Palembang-Darussalam, Sumatera Selatan yang diasingkan oleh pihak Belanda yang kala itu berhasil mengambil alih Palembang.

"Kita harus turut andil untuk memperhatikan keberadaan makam Sultan Mahmud Badarudin II, ini bukti fisik jejak Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate," ungkap Dodi yang pada kesempatan tersebut disambut oleh Ketua Zuriat Keturunan Kesultanan Palembang Darusalam, Raden Rahmat Masagus

Dikatakan, menjaga dan memperhatikan makam SMB II merupakan kewajiban. "Inilah bentuk penghargaan kita terhadap perjuangan beliau melawan penjajah untuk mempertahankan bagian wilayah Sumatera Selatan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Zuriat Keturunan Kesultanan Palembang Darusalam, Raden Rahmat Masagus menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang merupakan putra daerah Sumsel sangat komitmen memperhatikan dan menghargai jasa-jasa SMB II.

"Perhatian pak Dodi membuat kami sangat senang, Insya Allah ini akan menjadi keberkahan kita semua," ucapnya.

Ia berharap, perhatian Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin terhadap sejarah keberadaan makam SMB II di Ternate dapat menjadi panutan Kepala Daerah lainnya di wilayah Sumsel. "Sehingga masing-masing Kabupaten/Kota di Sumsel nantinya menjaga nilai sejarah dan terus mengingat perjuangan SMB II dalam mempertahankan Palembang-Sumsel," pungkasnya.(Iwan)
BERITA TERBARU