DPRD Pesawaran Gelar Rapat KUA PPAS 2019

Sigerindio Pesawaran - Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka Penyerahan dan Penjelasan tentang Kebijakan Umum Anggaran da...

Sigerindio Pesawaran - Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka Penyerahan dan Penjelasan tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2019. yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Pesawaran.senin, (8/10/18.)

Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) dan Rancangan Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2019 sejalan dengan amanat Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali.

Terakhir dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019, bahwa  penyampaian Kebijakan Umum APBD (KUA) dilaksanakan secara bersamaan dengan penyampaian Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Dua dokumen tersebut harus disepakati bersama oleh Kepala Daerah dan DPRD sebagai bagian dari tahapan penyusunan Rancangan APBD tahun anggaran 2019.

Penyampaian Kebijakan Umum dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Pesawaran tahun anggaran 2019 ini merupakan tahapan lanjutan dalam rangkaian proses penyusunan APBD Tahun 2019 sebagai bagian dari keterpaduan perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa, kecamatan, Kabupaten, hingga Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Penyusunan perencanaan pembangunan pada tiap tingkatan dimaksud senantiasa melibatkan pemangku kepentingan demi terwujudnya program-program pembangunan yang akuntabel dan sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat.

Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2019, akan dijabarkan lebih lanjut oleh segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) sesuai dengan makna dan hakekat sistem anggaran kinerja.

Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Tahun Anggaran 2019 merupakan implementasi dari agenda pembangunan serta arah Kebijakan dan sasaran pokok Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pesawaran 2016-2021 dengan memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan provinsi, maka ditetapkan fokus-fokus prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 yang terdiri dari :

1. Penguatan Infrastruktur dan Konektivitas Wilayah, Pengembangan Perumahan dan Permukiman, serta Peningkatan Kesiapan Penanggulangan Bencana, diarahkan dalam rangka pemantapan dan peningkatan  daya dukung, kualitas dan kuantitas cakupan pelayanan infrastruktur dasar (jalan, air bersih, air limbah, drainase, dan persampahan), pengembangan kawasan permukiman dan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan daya dukung kualitas dan kuantitas sarana prasarana umum,  serta dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesiapan penanggulangan bencana serta pemanfataan tata ruang melalui penyesuaian dan pengendalian tata ruang.

2. Peningkatan Pembangunan Manusia dan Pengurangan Kemiskinan melalui upaya Peningkatan kualitas Pendidikan dan Pembinaan Mental, Pelayanan Kesehatan serta perwujudan kehidupan sosial yang harmonis diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pengentasan kemiskinan dan menurunkan angka pengangguran,  serta pemerataan kesejahteraan  dan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas pelayanan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta perwujudan masyarakat yang religius, berbudaya, dan taat hukum dalam kehidupan sosial yang harmonis.

3. Peningkatan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan yang baik, bersih dan melayani serta dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Perangkat Daerah guna mewujudkan peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah melalui peningkatan kapasitas dan kinerja aparatur pemerintah, peningkatan kualitas manajemen keuangan daerah, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan politik lokal.

4. Percepatan Pembangunan sektor unggulan melalui peningkatan Iklim Investasi dan pengembangan Industri, Koperasi, UMKM dan Pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah, serta untuk memantapkan Kabupaten Pesawaran sebagai destinasi wisata berbasis budaya lokal dan agrowisata, melalui peningkatan iklim Investasi untuk Kesejahteraan Masyarakat.

5. Optimalisasi pengelolaan potensi sumber daya alam berbasis Pertanian dan Perikanan guna mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam secara optimal serta berkelanjutan, serta pemantapan pengembangan dan diversifikasi produk pertanian sejalan dengan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing.

6. Percepatan Perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri diarahkan demi terwujudnya percepatan pembangunan pada sektor unggulan dalam meningkatkan pemanfaatan sumberdaya lokal secara optimal, meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta koordinasi dan sinergitas yang lebih baik antara pemerintah daerah dan pemerintah desa.

Kondisi ekonomi Kabupaten Pesawaran pada tahun 2019 akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan eksternal dan internal yang melingkupinya, dan diperkirakan perekonomian Kabupaten Pesawaran masih akan dihadapkan pada sejumlah tantangan akibat pengaruh dari dinamika internal maupun lingkungan perekonomian global yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Beragam tantangan dimaksud perlu disikapi secara arif dan komprehensif serta dengan langkah-langkah yang lebih nyata.

Asumsi makro ekonomi dijadikan dasar upaya Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk mencapai sasaran makro hingga akhir tahun 2019 antara lain Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,3 – 5,5 persen, PDRB per Kapita sebesar 30,56 Juta Rupiah, Inflasi sebesar 3,5 – 4,0 persen, Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 5,37 persen, Tingkat Kemiskinan sebesar 15,86  15,96 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 65,66  71,00, Indeks Gini sebesar 0,33  0,32, Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 105, dan Persentase kemantapan jalan sebesar 90 persen. Dengan upaya yang sungguh-sungguh serta trend perekonomian daerah yang makin membaik maka target makro tersebut diperkirakan akan dapat dicapai hingga akhir tahun 2019.

Kebijakan umum Pendapatan pada tahun 2019 diproyeksikan mencapai 1,329 Trilyun lebih, naik 1,30% dari target APBD tahun anggaran 2018. 

Kenaikan proyeksi Pendapatan tersebut terjadi dari pos Pendapatan Asli Daerah diproyeksi mencapai 64,996 Milyar lebih, naik 8,61% dari target APBD tahun anggaran 2018, pos Dana Perimbangan diproyeksi mencapai 987,397 Milyar lebih, naik 3,83% dari target APBD tahun anggaran 2018, serta Pos Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah diproyeksikan mencapai 276,959 Milyar lebih, turun 8,12% dari target APBD tahun anggaran 2018.

Mengenai Kebijakan Umum Belanja Daerah tahun 2019 diproyeksikan sebesar 1,363 Trilyun lebih, turun 0,45% dari target APBD tahun anggaran 2018. Dana tersebut digunakan untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung. Pada belanja tidak langsung diproyeksikan sebesar 737,102 Milyar lebih atau naik 5,36% dari tahun 2018. Sedangkan Belanja Langsung pada tahun 2019 diproyeksikan sebesar 626,234 Milyar lebih, turun sebesar 6,52% dari target APBD tahun 2018. 

Belanja daerah tahun 2019 disusun melalui pendekatan anggaran berbasis kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dari input yang direncanakan. Belanja daerah tahun 2019 akan dilaksanakan untuk mendanai urusan pemerintah yang merupakan kewenangan kabupaten yang terdiri dari urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pilihan, penunjang urusan pemerintahan, serta pendukung urusan pemerintahan. Secara  spesifik,  kebijakan  belanja  Kabupaten Pesawaran dirumuskan sebagai berikut :

a. Pengalokasian Belanja Daerah diarahkan  pada  program dan kegiatan pelayanan dasar kepada masyarakat yang mengacu pada prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran sebagaimana tercantum dalam RKPD Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2019 dan penjabaran visi serta misi RPJMD Kabupaten Pesawaran Tahun 2016-2021.

b. Belanja Daerah sebagai stimulus pembangunan bidang ekonomi sektor produktif dalam rangka pengembangan perekonomian daerah yang berbasis potensi lokal serta pengembangan konektivitas antar daerah sebagai jejaring pemasaran dan peningkatan daya saing.

c. Belanja Daerah dalam rangka pengembangan sarana dan prasarana wilayah dengan mempertimbangkan daya ungkit terhadap perekonomian setempat.

d. Kegiatan mendesak  ainnya yang   apabila ditunda akan menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan masyarakat serta mengacu pada prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran yang tercantum dalam RKPD Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2019 dan penjabaran visi serta misi RPJMD tahun 2016-2021.

e. Mengakomodasi kebutuhan masyarakat berkembang dan tidak terkonsentrasi pada program dan atau  kegiatan  serta  lokasi tertentu.

Alokasi belanja pada program dan kegiatan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan dan kapasitas fiskal yang kita miliki. Program dan kegiatan disusun dengan semangat efisiensi anggaran serta memperhatikan secara seksama urgensi dan skala prioritas dari program dan kegiatan dimaksud.  Oleh karenanya, kita maklumi bersama apabila KUA-PPAS tahun 2019 ini belum mampu menampung seluruh aspirasi kebutuhan anggaran yang diusulkan mengingat dana yang tersedia masih terbatas. (Rahman).
Name

Advertorial,196,Bandar Lampung,422,Banyuasin,100,Bengkulu,1943,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,40,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,1,Event,34,Hot News,63,Internasional,4,Jakarta,39,Kabar Kampus,159,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,107,Kota Bengkulu,93,Kriminal,424,Lampung,3155,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,236,Lampung Tengah,688,Lampung Timur,49,Lampung Utara,132,Lifestyle,28,Lubuklinggau,416,Mesuji,389,Metro,70,Muara Enim,6,Muratara,81,Musi Banyuasin,1066,Musirawas,198,Nasional,91,Ogan Ilir,3,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,76,Pendidikan,136,Pesawaran,159,Pesisir Barat,121,Pilkada Bengkulu,51,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,252,Pringsewu,37,Rejang Lebong,31,Ruajurai,371,Seluma,354,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,1905,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,80,Tuba Barat,274,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: DPRD Pesawaran Gelar Rapat KUA PPAS 2019
DPRD Pesawaran Gelar Rapat KUA PPAS 2019
https://1.bp.blogspot.com/-dzdn8H94o2E/W7yM20vCqrI/AAAAAAAAdSI/IEHYNUpoRpYtmWdB9XJM189XyRNQHr6EQCLcBGAs/s320/IMG-20181009-WA0014.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dzdn8H94o2E/W7yM20vCqrI/AAAAAAAAdSI/IEHYNUpoRpYtmWdB9XJM189XyRNQHr6EQCLcBGAs/s72-c/IMG-20181009-WA0014.jpg
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2018/10/dprd-pesawaran-gelar-rapat-kua-ppas-2019.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2018/10/dprd-pesawaran-gelar-rapat-kua-ppas-2019.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy