Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Ingatkan Kepala OPD Respon Cepat Laporan Warga


Sigerindo Muba - Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengelar rapat hari ini (12/11) di ruang rapat Serasan Sekate Pemkab Muba, dan dihadiri langsung Kepala Perangkat Daerah Pemkab Musi Banyuasin.

Pada rapat tersebut Dodi Reza menginstruksilkan kepada seluruh OPD terkait Penanganan bencana. Segera memonitor seluruh wilayah, mengingat saat ini intensitas curah hujan meningkat.

"Saya minta segera tim yang tergabung dalam satgas bencana untuk melakukan mapping wilayah yang bakal terdampak jika terjadi banjir diwilayah Musi Banyuasin sesuai tugas pokok masing masing untuk dapat memonitor serta memberikan bantuan kepada warga kita yang nantinya terdampak akibat banjir yang telah rutin setiap tahun kita kita lakukan," tegasnya.

Dodi meminta setiap Dinas terkait untuk siaga dan menerjunkan tim ke lapangan untuk membantu warga, karena saat ini sudah masuk cuaca pancaroba.

Usai Rapat dimaksud Dodi Reza alex Noerdin bersama kepala OPD terkait Langsung Melakukan monitoring ke wilayah kecamatan Sanga desa dan sekaligus silaturami dengan warga Kecamatan Sanga Desa.

Secara terpisah, Akhmad Toyibir SS Selaku Camat Banyung Lencir melaporkan Meski perihal respon cepat untuk masyarakat diwilayahnya prihal penangannan dampak sungai meluap, Ibir menjelaskan bahwa kondisi Sungai Meluap hari ini sudah mulai surut, di Dusun V Desa Mekar Jaya, namun sebagian warga masih mengungsi ke rumah rumah tetangga dan keluarga Masing masing yang tidak terkena dampak sungai meluap karena masuk musim penghujan, pasalnya akses jalan penghubung menuju Tebing Merana masih terendam dan mengharuskan warga setempat untuk memakai perahu untuk melakukan aktifitas.

Untuk melaksanakan instruksi bapak bupati kita langsung turun kelapangan merespon kebutuhan warga yang terdampak untuk meringankan beban warga  dengan  menyalurkan bantuan berupa sembako bagi 30 KK warga yang terkena dampak di Dusun V Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayung Lencir.

Dilanjutkan Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir bahwa karena Setiap Tahun kita akan mengalami hal yang sama jika masuk musim penghujan tentunya setiap musim penghujan dimaksud akan berdampak kepada warga masyarakat muba, mengingat di Muba ini ada siklus banjir dua tahunan dan siklus lima tahunan dan akan dipastikan banjir istilah kami warga Muba Sungai Meluap (ayo ndalam)

"Untuk mengantisipasi sungai meluap yang dapat mengakibatkan banjir setiap tahun pasti kita  berkoordinasi penanggulangan bersama OPD terkait dan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan ,BPBD Muba ,dinas Sosial untuk segera menyiagakan tim di lapangan guna membantu warga disetiap wilayah yang rawan Banjir," ungkapnya.

Secara terpisah Diketahui, pada hari ini Tim BPPD juga melakukan peninjauan ke desa tebing bulang Kecamatan sungai Keruh dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat bahwa akibat hujan sedang dan deras selama. 3 hari berturut turut sehingga debit air telah mencapai 50 Cm dari Bahu jalan dilokasi dimaksud Masyarakat tetap memilih untuk bertahan di rumah masing-masing dikarenakan keseluruhan rumah warga setempat merupakan rumah panggung.

Jika hujan terus menerus dipastikan mengalami kenaikan setiap saat apabila hujan deras yang berlangsung secara terus menerus. Kami Tim Melakukan Pemantauan dan memberikan himbauan kepada masyarakat setempat supaya lebih waspada apabila terjadi bencana banjir karena saat ini sudah memasuki musim penghujan. Ungkap Hariadi Karim Kepala Pelaksana BPBD Muba

Selain itu Plt Kadinsos Muba Drs H Muhammad Jaya bersama Camat Keluang Debby Heryanto, SSTP, M.Si menyalurkan bantuan bantuan kepada warga terdampak  banjir di Desa Dawas Kecamatan Keluang.bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir sebanyak 84 KK ujar Camat Keluang.(iwan)
BERITA TERBARU