Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Loekman Panen Bawang Bersama Kelompok Tani Semeru

Sigerindo Lampung Tengah - Bupati Kabupaten Lampung Tengah Loekman Djoyosumarto  yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan bersama Kelompok Tani Semeru Selasa (6/11/18) melakukan panen bibit Bawang di Kampung nambah Rejo Kecamatan  kota gajah.

Panen bibit Bawang dalam binan BI dan pemerintah daerah ini nantinya menjadi montor pengerak petani yang lain.

Orang Nomor satu di Lampung Tengah mengatakan bahwa kota gajah serta seputih raman kita wacanakan sebagai komoditi bawang merah ,namun ini semua tentunya ada prosesnya tahap demi tahap katanya

Kita juga banyak terimakasih pada pihak BI yang telah mbantu petani bawang melalui binaannya sekarang sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit, pemerintah daerah juga akan dikit para petani bawang dengan berikan bantuan sehingga nantinya bisa mandiri Lampung tengah sudah mempunyai unggulan tertentu dalam pertanian seperti Punggur dengan komoditi Nanas,seputih agung dengan Kencur nya,Kalirejo dengan cabenya.nantinya pihak pemerintah daerah akan lakukan pendamping anak pada kelompok tani agar dalam menanam Komoditi sesuai dengan musim nya agar harga bisa menguntungkan petani.

Sedangkan pihak perwakilan BI Budiarto Setiawan bahwa adanya kerjasama ini di semua kabupaten propinsi agar kita bisa mengendalikan inflasi karena dengan ketersediaan pasokan akan Brati bisa mengendalikan harga pasar bebernya.
Selain itu petani bawang merah kita juga lakukan pelatihan sampai studi banding agar mereka mengerti tanaman ini .
Dalam penjualan pun kita lakukan pelatihan dari mulai cara pemasaran , sehingga binaan BI ini bisa berkembang dengan baik .

Semantara itu Kepala dinas pertanian Rusmadi bahwa kelompok tani bawang melalui bibit bawang yang ditanam kelompok tani bisa di jual petani bawang merah perputaran ini agar mereka tidak sulit untuk mencari bibit bawang,dalam satu KG bibit bawang bisa di jual 30 ribu rupiah sedangkan dalam 2 hektar memerlukan bibit bawang merah 1 ton,rata rata dalam satu hektar bisa panen 8 ton lebih , memang modal lumayan namun harga jual juga keuntungan menjajikan.

Pemerintah daerah juga berikan bantuan pompa mesin sedot pada kelompok tani, tujuan agar biaya operasional tanam bawang merah berkurang.(dd)
BERITA TERBARU