Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Pantau Pilkakam Rumbia

Sigerindo Lampung Tengah - Bupati Lampung Kabupaten Tengah Loekman Djoyosoemarto mengemudikan Bus Pemkab Lamteng sementara jajarannya ikut di dalamnya, saat memantau kegiatan Pilakakam (Pemilihan Kepala Kampung) di Rumbia dan sekitarnya, Senin (5/11/2018).

Di antara peserta Pilkakam di 49 kampung, satu kampung di Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah batal menyelenggarakan Pilkakam serentak. Alasannya, kampung tersebut menambahkan aturan yang tidak sesuai dengan regulasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (DPMK) Lamteng, Zulfikar Irwan mengatakan ,akibat aturan tambahan tersebut panitia membubarkan diri. Pemkab bersikukuh tidak bisa mentolerir kemauan panitia penyelenggara.

"Ada tambahan ketentuan (tidak bisa disebutkan) terkait keinginan dari sejumlah tokoh masyarakat dan adat di sana. Sehingga tidak bisa kita akomodir karena tidak sesuai regulasi yang ada seperti Peraturan Kementerian Dalam Negeri, Peraturan Daerah, hingga Peraturan Bupati," kata Zulfikar Irwan.

Sementara Bupati Loekman Djoyosoemarto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangn. menjelaskan, pihaknya akan tetap menempatkan pelaksana tugas (Plt) di Kampung Sri Rejeki.

"Kita akan carikan solusinya dengan duduk bersama antara dinas terkait dan tokoh masyarakat di sana. Penyelenggaraan (Pilakakam) harus sesuai dengan peraturan yang ada tidak bisa ditambah-tambah dan dikurangi. Untuk Sri Rejeki kita akan tunda hingga 2019. Sementara kepala kampungnya akan kita serahkan kepada pelaksana tugas," Kata Loekaman Djyosoemarto.(dd)
BERITA TERBARU