Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Banyuasin Lakukan Panen Perdana Di Desa Upang


Sigerindo Banyuasin - Ratusan petani bersama Bupati Banyuasin H. Askolani melakukan panen perdana pada musim tanam Oktober 2018 di Desa Upang Mulya Kecamatan Markati Jaya Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Senin (28/08/2019)

Bupati Banyuasin H. Askolani, dalam sambutanya mengatakan Desa Upang Mulya ini merupakan eks Transmigrasi yang memiliki lahan persawahan 2050 hektar lebih dan Alhamdulillah kesempatan ini bisa kita lakukan panen perdana.

Masih kata Bupati, para petani persawahan disini sudah modern cara pengelolaan dalam mengerjakan lahannya, mereka sudah memakai mesin combinnine batuan Pemerintah Pusat, katanya.

Bupati Banyuasin juga ikut langsung mengoperasikan mesin panen modern di areal sawah milik masyarakat.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, eks tarnsmigrasi ini memiliki luas lahan sawah yang siap di panen ada 2050 hektar. Pada kesempatan ini ada bantuan benih tahun tanam 2019 untuk lahan 1.426 hektar sebanyak 35.650 kg yang dialokasikan kepada 33 kelopok tani dengan anggotanya ada 725 orang.

Yang kita lakukan panen raya kali ini kata Bupati, varietas padi jenis inpari 32 ada seluas 300hektar, jenis mikonga seluas 750 hektar, jenis Ir42 ada 650 hektar dan jenis veitnam ada 350 hektar.

H Askolani merencanakan areal persawahan didesa ini kedepanya bisa di tanam dua kali dalam satu tahun, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat khuusnya di Kabupaten Banyuasin maupun Provinsi Sumsel bahkan tingkat Nasional.

Langkah yang akan kami lakukan dengan bertambahnya lahan persawahan sekitar 2000 hektar dengan program optimalisasi lahan rawa yang masih luas diwilayah ini, tutupnya.

Turut hadir dalam acara panen raya tersebut yaitu anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Arisa Lahari ,kapolsek Markarti jaya AKP Rudi Martono.SH., Danramil Banyuasin 2, KAPT.C21 M.Rusli, kepala OPD Sekdis pertanian Ir.Syamsul Bahri, kadis PMD Roni Utama.Ap.M.SI. kadis Kominfo .Erwin Ibrahim.ST.MM.MBA. kadis PUTR. Ir.Yos karimudin.MM, Kasat Pol-PP, DRS.Anthony Liando.S.sos.M., Kadis Perkimtan Noer Yosef.ST.MT, Maneger PKBL PT,PUSRI HERI SUHARTONO, Stap khusus Haswar Bidui, Sharifudin Zuhri, Camat Markarti Jaya, DRS.Surono, Kepala Desa Upang Mulya, H.Sabir, dan para kepala desa Sekecamatan Markarti Jaya, para toko agama, toko masyarakat dan toko adat H.Andi Bintang, H.Tohir, HMustamir., Bagak samsufain, ketua KKS.H. Gopar Pasolong. (Day)
BERITA TERBARU