Desa Sungai Langka Kabupaten Pesawaran Jadi Siap Jadi Sentra Durian Lampung

Sigerindo Pesawaran Bagi penikmat buah durian pasti tahu bahwa durian termasuk buah termahal dan sering di juluki raja buah. Namun jan...


Sigerindo Pesawaran Bagi penikmat buah durian pasti tahu bahwa durian termasuk buah termahal dan sering di juluki raja buah. Namun jangan tertipu dengan penampilannya. Dari luar, buah ini tampak "sangar” dengan balutan duri tajam dan keras. Ketika dibuka, kita akan menemukan daging buah yang rasanya manis dan gurih ditambah aroma khas yang menyengat.

Tak heran jika penggila durian tidak bosan berburu buah musiman ini. Nah, bagaimana jika buah berduri ini dikonteskan??

Dalam rangka promosi dan cinta produk buah lokal Nusantara, serta mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional. Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian melakukan kontes buah durian.

Lapangan Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, kabupaten setempat, nampak ramai oleh puluhan petani durian di wilayah Gedongtataan, belum lama ini. Mereka datang untuk mengikuti kontes durian yang digelar oleh pemerintah daerah melalui dinas pertanian, serta Head of Agre Product Directur PT.Great Giant Food, dan pihak desa setempat.

Bak peragawan, puluhan buah berduri itu tampil berjajar memanjang. Aroma menyengat menggugah selera, sontak tercium begitu puluhan durian berbagai jenis itu dibelah.

Daging buah yang berwarna kuning cerah dengan tekstur berbeda-beda membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera menyantapnya. Tentu saja, yang namanya kontes pasti akan ada yang menjadi buah terbaik dengan kriteria unggulan yang menjadi juaranya.

Tidak tanggung-tanggung, untuk mencari durian unggulan, juri yang sudah malang-melintang di dunia ekspor-impor didatangkan untuk menilai. Rasa manis sedikit pahit hingga tekstur daging yang tebal dan berbiji kecil menjadi kriteria penilaian.

Kepala Desa Sungai Langka saat membuka kontes durian lokal mengatakan, pertama tama saya ucapkan banyak terima kasih kepada pihak pemerintah daerah yang telah mendukung dan mengapresiasi terhadap digelar nya kontes durian di Desa Sungai Langka. Ini terbukti betapa antusiasnya para petani di desa kami yang berjumlah 114 petani durian mengikuti kontes ini dengan membawa berbagai jenis durian yang ditampilkan.

"Durian durian lokal yang memenangkan kontes ini nanti akan menjadi produk unggulan. Nantinya, bibit sang juara akan diperbanyak dan dibudidayakan untuk selanjutnya menjadi produk yang akan dipasarkan hingga keluar daerah,"ujar Erwan.

Oleh karenanya, menurut Erwan, salah satu syaratnya juga dalam penilaian, sebelum dikatakan sebagai juara harus ditunjukkan pohonnya. Jadi bukan dibeli di pasar. Karena nanti pohon durian sang juara itu akan dikembangbiakan," katanya.

"Ini menunjukkan berbagai potensi pertanian yang ada di wilayah Pesawan khususnya Desa Sungai Langka. Sehingga sangat bagus untuk dikembangkan ke depannya. Ini juga menjadi ajang silahturahmi dan pertemuan dari para pemilik dan penjual durian,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhana saat memberikan sambutanya mengatakan, agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat bermuara pada kesejahteraan masyarakat Pesawaran.

Peningkatan konsumsi terhadap bahan pangan, kata bupati, akibat meningkatnya pendapatan masyarakat. Kemudian pengetahuan terhadap gizi dan kesehatan, juga berpengaruh terhadap permintaan komoditas hortikultura, baik untuk sayur dan buah.

“Komoditas hortikultura memiliki prospek yang cukup menjanjikan baik dari segi permintaan dan harga pasar, selain itu masih tingginya angka impor produk hortikultura di Indonesia, menjadikan komoditas ini cukup potensial untuk dikembangkan,” ujarnya.

Menurut Dendi, pengembangan sub sektor hortikultura dalam perspektif paradigma baru, tidak hanya terfokus pada upaya peningkatan produksi komoditas saja. Namun terkait dengan isu-isu strategis dalam pembangunan secara luas, antara lain pelestarian lingkungan; penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan, menarik investasi skala kecil dan menengah, dan sebagainya. 

Karena itu, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pertanian melakukan kontes buah dalam rangka untuk mensosialisasikan dan mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional.

“Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu kabupaten di Lampung yang mengembangkan tanaman durian selain tanaman pisang, jeruk, kelengkeng, alpukat dan manggis. Durian turut menempati posisi sebagai komoditas hortikultura unggulan di Kabupaten Pesawaran yang keberadaannya layak diperhitungkan. Jumlah tanaman durian di Kabupaten Pesawaran 494.537 pohon, produksi 14,9 ton per musim tersebar di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Dendi memaparkan, walaupun jumlah pohon durian di Kabupaten Pesawaran cukup banyak. Nahamun produksi dan kualitas masih rendah, dan banyak pasokan dari daerah lain. Hal ini disebabkan karena petani masih belum menggunakan teknologi budidaya yang tepat, dan belum menggunakan varietas yang unggul.

“Dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas buah durian yang baik di Kabupaten Pesawaran, perlu menghasilkan varietas unggul baru dengan cara mengeksplorasi varietas lokal dengan memanfaatkan plasma nutfah yang ada. Karena itu, perlu dilakukan pencarian calon kandidat tanaman induk yang unggul dalam hal umur, rasa dan aroma dan khas duren Kabupaten Pesawaran,"jelasnya 

Di tegaskan Dendi, melalui kontes buah yang akan diikuti seluruh petani durian yang ada di Kabupaten Pesawaran, pihaknya mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan plasma nutfah tanaman durian yang menjadikan buah unggul yang potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PT. Great Giant Pineapple yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya pada kegiatan ini. Di masa mendatang, kami mengharapkan dukungan baik dari pemerintah pusat, Provinsi maupun swasta tidak hanya pada sisi produksi semata, tetapi juga dukungan teknologi dan pemasaran, sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya petani dapat meningkat, makmur dan sejahtera berbasis agribisnis,"terangnya.

Sementara itu Head of Agre Product Directur PT.Great Giant Food, Fauzan, mengaku pihaknya sangat bangga dengan potensi yang ada di Kabupaten Pesawaran khususnya durian.

“114 peserta ini jumlah yg luar biasa. Potensi lokal memang harus kita kembangkan, durian yang bagus di suatu daerah belum tentu bagus di daerah lain. Alangkah baiknya kita ambil durian daerah setempat. Kriteria penting dari unggulan durian adalah dari rasa, gurih atau tidak, ada rasa pahit juga ada rasanya kopi, juga dari ketebalan dagingnya. Selain itu, dari bentuk gak harus besar, tapi relatif bulat ini punya nilai tambah,” tandasnya.

Sekedar mengetahui bahwa digelarnya kontes durian ini, nampak hadir
Ketum Karang Taruna Pusat, Didik Mukriyanto, sekaligus anggota Komisi III DPR RI. Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan. Head of Agre Product Directur PT.Great Giant Food, Fauzan. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Kesuma Dewangsa. Kadis Pertanian Provinsi Lampung diwakili Kabid Holtikultura, Muferdy. ( prabu)
Name

Advertorial,202,Bandar Lampung,448,Banyuasin,177,Bengkulu,1889,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,41,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,2,Event,34,Hot News,63,Internasional,6,Jakarta,84,Kabar Kampus,162,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,110,Kota Bengkulu,93,Kriminal,422,Lampung,3558,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,298,Lampung Tengah,787,Lampung Timur,49,Lampung Utara,133,Lifestyle,28,Lubuklinggau,424,Mesuji,422,Metro,72,Muara Enim,12,Muratara,82,Musi Banyuasin,1461,Musirawas,205,Nasional,163,Ogan Ilir,43,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,126,Pendidikan,136,Pesawaran,258,Pesisir Barat,157,Pilkada Bengkulu,49,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,250,Pringsewu,37,Rejang Lebong,33,Ruajurai,371,Seluma,296,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,2529,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,102,Tuba Barat,299,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Desa Sungai Langka Kabupaten Pesawaran Jadi Siap Jadi Sentra Durian Lampung
Desa Sungai Langka Kabupaten Pesawaran Jadi Siap Jadi Sentra Durian Lampung
https://4.bp.blogspot.com/-7mGK_r12w-0/XE1khm5FmKI/AAAAAAAAgAA/R9BD03AZdBAXHl8HjqbYyuZzPitc863YgCLcBGAs/s320/IMG_0895.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-7mGK_r12w-0/XE1khm5FmKI/AAAAAAAAgAA/R9BD03AZdBAXHl8HjqbYyuZzPitc863YgCLcBGAs/s72-c/IMG_0895.JPG
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2019/01/desa-sungai-langka-kabupaten-pesawaran.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2019/01/desa-sungai-langka-kabupaten-pesawaran.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy