Ilegal Loging Merajalelah di Pesawaran

Sigerindo Pesawaran-Para pemain illegal loging di daerah kabupaten Pesawaran, tepatnya di kawasan hutan Register 19 kini tak ubahnya ba...


Sigerindo Pesawaran-Para pemain illegal loging di daerah kabupaten Pesawaran, tepatnya di kawasan hutan Register 19 kini tak ubahnya bagaikan jamur di musim hujan.

Hal ini terbukti setelah adanya laporan dari pihak masyarakat setempat lalu Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Pesawaran beserta gabungan LSM DPD LIPAN dan GMBI Pesawaran, melakukan investigasi di kawasan Register 19 Kecamatan Way Lima, kabupaten setempat, yang dianggap memang menjadi lokasi pembalakan liar tempat pengambilan kayu ilegal logging tersebut, Sabtu 23/2/19 tersebut

Diceritakan, ketua tim investigasi sekaligus sebagai Ketua Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Pesawaran (FK-WKP), Feri Darmawan mengatakan,untuk menemukan hasil bukti perambah liar, memang agak sulit dikarenakan jarak tempuh dan Medan jalan yang berkelok kelok dan licin sehabis di guyur hujan membuat rombongan sempat kesulitan menemukan bukti.

"Namun sekira 3 jam kami menyisiri jalan setapak di kawasan Register 19 dan akhirnya menemukan tumpukan kayu sonokeling yang diperkirakan sebanyak 4 sampai 5 kubik diarea kebun garapan warga yang belum sempat diangkut oleh perambah liar,"ujarnya di lokasi Register 19 kemarin.

Menurut Feri, selain terjadinya pembalakan liar ini akan merusak lingkungan hidup dan juga akan menimbulkan kerugian negara, karena hutan itu kan paru paru nya dunia.

Seharusnya, kata Feri, hal seperti ini tidak perlu terjadi bila Dinas Kehutanan bekerja dengan sungguh sungguh. Menurutnya, penebangan kayu ini sudah berlangsung bertahun tahun, tetapi belum ada tindakan persuasive yang dilakukan. Ini dibuktikan sepanjang jalan yang dilalui dalam hutan lindung tidak lagi ditemui jenis kayu sonokeling

"Kalau pun ada itu lokasinya jauh di dalam hutan. Bahkan bukan hanya daerah Limbungan saja yang diduga menjadi makanan empuk bagi pelaku ilegal logging, seperti daerah Sepakat, Suka Harum, Umbul Solo, serta daerah lainnya yang ada di register 19 menjadi sasaran empuk bagi perambah liar,"bebernya.

Feri menilai, bahwa hal ini sangat mengkhawatirkan sekali dan juga tidak menutup kemungkinan kalau pekerjaan ini disinyalir sudah teroganisir. Artinya, ada pihak pihak yang membekingi aktifitas ilegal logging tersebut. Sehingga kegiatan ini dengan bebas menjarah kayu jenis sonokeling yang ada di Register 19.

"Harapan kami bukan saja pengawasan, tetapi ada tindakan dengan menghentikan aktifitas perambahan dan illegal loging di areal kawasan hutan tersebut. Dan juga kami berharap kepada
pihak terkait, khususnya pihak Polhut Provinsi Lampung dan pihak kepolisian dapat serius dalam menangani permasalahan ini (ilegal logging,red) yang terjadi di Register 19, karena kegiatan ilegal loging itu akan berdampak kepada rusak nya ekosistem dan bencana alam yang berdampak kepada masyarakat Pesawaran,"harapnya.

Disamping itu juga, lanjut Feri, aktifitas illegal loging juga tidak menutup kemungkinan akan merusak beberapa infrastruktur di wilayah desa , seperti infrastruktur jalan dan jembatan serta tanaman kebun penggarap warga.

“Mobil yang memuat kayu hasil perambahan hutan tersebut lalu lalang yang mengakibatkan jalan dan kebun penggarap warga akan rusak oleh mobil pemuat kayu,"ujarnya.

Ia juga menjelaskan, leluasanya para pembalak liar melakukan penjarahan terhadap kayu sono keling itu juga di pengaruhi beberapa faktor selain minim nya pengamanan dari Polhut serta ada nya indikasi keterlibatan oknum juga karena letak nya cukup jauh ke dalam hutan. Di sinilah kesempatan para pencuri memanfaatkan kesempatan menebang tanpa ada pengawasan dari pihak terkait.

"Dampak dari perbuatan yang tidak bertanggung jawab ini akhirnya di rasakan oleh masarakat di bawah terkena dengan imbas nya, yaitu bila musim penghujan datang akan mengakibatkan banjir besar, seperti yang terjadi di Kecamatan Way Lima dan Kedondong beberapa waktu yang lalu,"jelasnya.

Sementara itu, seorang petani penggarap kebunnya di lokasi tersebut yang enggan menyebutkan namanya berhasil di temui tim mengatakan, memang benar selama ini di hutan ini sering kami mendengar orang menggunakan gergaji potong jenis senso menebang pohon namun kami tidak berani mendatanginya.

“Dulu ada beberapa pohon juga di dalam areal kebun saya, dan oleh para penebang saya di janjikan akan di beri satu juta rupiah untuk satu batang pohon. Namun setelah kayu tersebut di tebang dan di buat gelondongan kemudian di angkut menggunakan mobil truk, lantas mereka menghilang,” ungkap dia.

Biasanya, kata dia, aktivitas penebang pohon sonokeling dilakukan pada malam hari dan berhenti menjelang subuh karena suara mesin pemotong mereka tak terdengar lagi.

"Karena aktifitas pemotongan tersebut dilakukan di lokasi garapan kebun saya belum lagi tanaman sayang sudah saya tanam terkena imbasnya,"tandasnya. (prabu)
Dikirim dari iPhone saya
Name

Advertorial,203,Bandar Lampung,446,Banyuasin,144,Bengkulu,1944,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,41,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,2,Event,34,Hot News,63,Internasional,5,Jakarta,51,Kabar Kampus,163,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,110,Kota Bengkulu,93,Kriminal,424,Lampung,3435,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,274,Lampung Tengah,768,Lampung Timur,49,Lampung Utara,133,Lifestyle,28,Lubuklinggau,420,Mesuji,403,Metro,71,Muara Enim,11,Muratara,82,Musi Banyuasin,1362,Musirawas,204,Nasional,102,Ogan Ilir,33,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,113,Pendidikan,136,Pesawaran,219,Pesisir Barat,143,Pilkada Bengkulu,51,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,252,Pringsewu,37,Rejang Lebong,33,Ruajurai,371,Seluma,354,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,2352,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,99,Tuba Barat,294,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Ilegal Loging Merajalelah di Pesawaran
Ilegal Loging Merajalelah di Pesawaran
https://4.bp.blogspot.com/-xJqtgJkvY7U/XHKk8T7na2I/AAAAAAAAg20/YCcinPyUkIgss1w8sDB21hTabRalnn9swCLcBGAs/s320/IMG_1184.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-xJqtgJkvY7U/XHKk8T7na2I/AAAAAAAAg20/YCcinPyUkIgss1w8sDB21hTabRalnn9swCLcBGAs/s72-c/IMG_1184.JPG
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2019/02/ilegal-loging-merajalelah-di-pesawaran.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2019/02/ilegal-loging-merajalelah-di-pesawaran.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy