Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penemuan Cadangan Gas Terbesar Kelima di Dunia Akan Berdampak Besar Untuk Masyarakat Muba


Sigerindo. Muba.BAYUNG LENCIR - Pengeboran Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBDZX) yang menemukan potensi cadangan setidaknya 2 triliun kaki kubik (ch) gas yang dilakukan Repsol di Wilayah Kerja Sakakemang, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan akan berdampak besar bagi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Muba.

Jika sumur tersebut sudah mencapai tahap produksi maka akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Muba dari Dana Bagi Hasil (DBH) dengan Pemerintah Pusat, dan bisa digunakan untuk kemakmuran masyarakat dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Bumi Serasan Sekate.

"Tapi bukan hanya DBH yang kita kejar kalau ini sudah berjalan tapi juga pemanfaatan masyarakat sekitar untuk menyerap tanaga kerja lokal," ujar Bupati Muba pada kegiatan Jumpa Pers di Kantor Camat Bayung Lencir, Sabtu (23/2/2019).

Selain itu Dodi berharap dari penemuan sumur gas itu masyarakat di Kecamatan Bayung Lencir dan Sungai Lilin dipriotiaskan terlebih dahulu dalam pemanfaatan produksi, seperti penyaluran jaringan gas rumah tangga yang telah dilakukan di Kecamatan Sekayu.

" Untuk itu Pemerintah Kabupaten dan masyaraat berkomitmen untuk mendukung dan menjaga proses penemuan ini sampai produksi dengan baik," tandasnya.

Sementara itu Perwakilan Tim SKK Migas Andi memohon dukungan dan do'a dari pemerintah dan masyarakat Muba karena akan ada kegiatan pengeboran tambahan yakni KBD 3X yang akan mengukur cadangan bersama KBD 2X.

"Kami akan mencari terlebih dahulu pasar yang akan membeli hasil produksinya, dengan jangka waktu hingga produksi sekitar lima tahun kedepan," ucap Andi.(iwan)
BERITA TERBARU