Anjas Renovasi Sekolah Bisa Diusulkan Lewat Dapodik.

Sigerindo Pesawaran - Baru kemarin Sigerindo.com memuat pemberitaan mengenai rusaknya ruang kelas (RKB) dan rusaknya perumahan guru di SDN...

Sigerindo Pesawaran - Baru kemarin Sigerindo.com memuat pemberitaan mengenai rusaknya ruang kelas (RKB) dan rusaknya perumahan guru di SDN 38, Kecamatan Gedongtataan dan SDN 4 Negeri Katon, serta minimnya sejumlah fasilitas kegiatan belajar dan mengajar

Hal ini mendapat respont positif dari dinas pendidikan kabupaten Pesawaran.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras,red) Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran, Anjas Saputra, SE,MM, menyatakan pembangunan atau renovasi sekolah merupakan urusan pemerintah pusat.

“Masalah pembangunan atau renovasi sekolah itu urusan pemerintah pusat. Kita hanya memfasilitasinua saja. Kita imbau, agar pihak sekolah mengajukan ke pusat lewat Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud,"katanya.

Pihak sekolah, kata Anjas, harus update atau aktif mengisi data dapodiknya dan Kementerian akan memverifikasi melalui data Krisna. Dari situlah nantinya akan muncul sekolah yang mendapatkan bantuan DAK fisik.

"Aktif isi Dapodik secara online. Prosedur pengajuannya memang lewat Dapodik. Isi sarana-prasarana apa yang akan diajukan untuk dibangun atau direnovasi. Terangkan secara secara detail,"ujarnya.

Mengenai perumahan guru, kata Anjas, yang kondisinya memerlukan perbaikan, diantaranya SDN 38 Kebagusan dan SDN 4 Negeri Katon. Salah satu bangunan yang rusak, khususnya bangunan untuk perumahan guru tidak mendapat rehabilitasi atau pembangunan perumahan guru.

"Untuk Kabupaten Pesawaran tidak mendapatkan program perbaikan perumahan guru. Hal itu sudah tercantum pada menu DAK yang ditetapkan kementerian melalui data. Dapodik dan data Krisna,"ungkap, Anjas saat menanggapi pemberitaan di Sigerindo.com melalui pesan WhatsAppnya, yang di terima wartawan Sigerindo, terkait rusaknya perumahan guru di SDN 38 Kebagusan, pukul 23.30 Wib, Senin (1/4).

Tidak terdapatnya program perbaikan untuk perumahan guru, menurut Anjas, ini dikarenakan kabupaten Pesawaran bukan merupakan kabupaten terpencil, pedalaman, dan termiskin yang membutuhkan perumahan guru untuk tempat tinggal.

"Itu sebabnya, kabupaten Pesawaran tidak mendapatkan alokasi rehab untuk pembangunan perumahan guru yang sudah rusak,"papar Anjas.

Terkait renovasi sarana-prasarana sekolah yang telah diajukan, belum terealisasi, Anjas juga berharap bersabar.

Lebih jauh Anjas menjelaskan, oleh karenanya pihak dinas pendidikan Pesawaran, menekankan kepada setiap sekolah untuk selalu update data dapodik, itu dasar untuk setiap sekolah mendapatkan bantuan DAK fisik. Karena yang menentukan Lokus itu kementerian mereka punya rumus tersendiri berdasarkan dapodik dan data Krisna kami.

"Nah, dari itulah yang kadang-kadang kami pihak dinas pendidikan se-kab/kota protes di pada waktu acara singkronisasi pusat dan daerah. Karena yang persis keadaan sekolah itu Disdik kab/kota,"jelas Anjas.

Diakuinya Anjas, untuk kabupaten Pesawaran, melalui anggaran APBD-nya terbatas, sehingga semuanya tidak terkaper. Tetapi apabila ada yang sipatnya urgensi, dengan kebijakan kepala daerah (bupati,red) kami di beri anggaran melalui APBD murni atau APBD Perubahan yang melalui pembahasan dan persetujuan DPRD setempat.

Disaat Lampung One menanyakan kepada dinas pendidikan sudah mendata berapa sekolahan yang mengalami kerusakan, baik berat atau ringan. Dan tahun ini berapa sekolahan yang layak direnovasi. Kepala bidang pendidikan Sarana dan Praaarana ( Sapras,red) membeberkan bahwa, kalau melihat fakta di lapangan memang masih banyak sekolah yang membutuhkan bantuan.

"Kami, dari dinas pendidikan kabupaten Pesawaran akan berupaya semaksimal mungkin untuk perbaikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Pesawaran,"tandasnya tanpa menyebutkan berapa jumlah kerusakan sekolah yang ada di kabupaten Pesawaran (enal prabu)
Dikirim dari iPhone saya


Name

Advertorial,110,Bali,2,Bandar Lampung,314,Banyuasin,314,Bengkulu,1012,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,1,Budaya,30,Curup,1,Ekbis,98,Ekbis Bengkulu,69,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,23,Ekbis Sumsel,9,Empat Lawang,2,Event,25,Hot News,60,Internasional,11,Jakarta,123,Kabar Kampus,124,Kabar Pasar,8,Kaur,3,Kepahiang,4,Kesehatan,1,Kongkalikong,121,Kota Bengkulu,1,Kriminal,374,Lampung,2902,Lampung Barat,19,Lampung Selatan,382,Lampung Tengah,549,Lampung Timur,32,Lampung Utara,96,Lifestyle,22,Lubuklinggau,431,Mesuji,398,Metro,48,Muara Enim,13,Muratara,82,Musi Banyuasin,2070,Musirawas,209,Nasional,190,Ogan Ilir,55,Olahraga,89,Opini,18,Padang,1,Palembang,175,Pali,2,Pendidikan,107,Pesawaran,269,Pesisir Barat,76,Pilkada Bengkulu,5,Pilkada Lampung,102,Pilkada Sumsel,55,Pilpres2019,7,Politik,144,Pringsewu,26,Rejang Lebong,19,Ruajurai,289,Seluma,122,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,3381,Tajuk,7,Tanggamus,42,Tuba,95,Tuba Barat,228,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Anjas Renovasi Sekolah Bisa Diusulkan Lewat Dapodik.
Anjas Renovasi Sekolah Bisa Diusulkan Lewat Dapodik.
https://4.bp.blogspot.com/-5_Cg7Zf4NdA/XKHWC-KrRjI/AAAAAAAAh9s/Sq4LpArusOIlGWu1ZzAD_5tPTZGLwNIFgCLcBGAs/s640/PHOTO-2019-04-01-16-02-26.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-5_Cg7Zf4NdA/XKHWC-KrRjI/AAAAAAAAh9s/Sq4LpArusOIlGWu1ZzAD_5tPTZGLwNIFgCLcBGAs/s72-c/PHOTO-2019-04-01-16-02-26.jpg
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2019/04/anjas-renovasi-sekolah-bisa-diusulkan.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2019/04/anjas-renovasi-sekolah-bisa-diusulkan.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy