Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mappilu OI Siap Mengawal Pesta Demokrasi 2019

Sigerindo Ogan Ilir - Indira laga Untuk mengawal jalannya pesta demokrasi pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan Legislatif yang diselenggarakan secara serentak 17 April tahun 2019 nanti. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir telah membentuk Masyarakat Pemantau Pemilu (MAPPILU).

Plt Ketua PWI OI Yasandi mengatakan Mappilu ini dibentuk dari PWI Pusat sampai ke Kabupaten/Kota se Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian insan pers dalam mengawal demokrasi agar berjalan dengan damai aman dan tertib.

Dijelaskannya kehadiran Mapilu di Ogan Ilir merupakan wujud keterlibatannya masyarakat dan pers yang ada di OI. Oleh karena itu tambah Yasandi pihaknya akan terus bersinergi dengan Bawaslu, KPU dan pemerintah, agar pelaksanaan pemilu berjalan damai.

"Kesiapan untuk menuju pemilu damai, akan dilakukan Mapilu seperti membangun sinergisitas dan bekerja sama yang baik dengan pihak penyelenggara Pemilu, yakni dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)," jelasnya.

Sementara itu Ketua Mappilu OI, Wiwin Aryanto, mengingatkan, Pemilu serentak pada 17 April 2019 nanti tak sekadar soal pemilihan calon presiden dan wakil presiden saja yang memang sangat menyedot perhatian publik, namun masyarakat juga akan memilih anggota legislatif untuk lima tahun ke depan.

“Nantinya pemilih akan mendapat lima lembar surat suara untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, Legislatif Pusat, DPD, Legislatif Provinsi dan Kabupaten/Kota. Inilah mengapa perlu edukasi dan sosialisasi yang masif agar masyarakat lebih antusias menyambut pesta demokrasi ini,” papar Wiwin kepada Sigerindo. Com, Jum'at (12/04/2019).

Menurut Wiwin, edukasi dan sosialisasi tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan politik dan pemantauan pemilu. Untuk itu, Mappilu-PWI bersinergi dengan lembaga penyelenggara pemilu lainnya akan berpartisipasi untuk menjalankan hal tersebut.

“Secara garis besar ada empat referensi kegiatan yang direncanakan Mappilu-PWI antara lain edukasi pemilih dengan fokus jangan golput dan antihoax, prosedur keikutsertaan pemilu, pemantauan pemilu dan real count, serta kegiatan lain yang bersifat karitatif dan rekreatif,” tambahnya.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkait serba-serbi Pemilu 2019 melalui media sosial dan situs daring Mappilu. Apalagi saat ini jumlah pemilih muda begitu banyak, mereka punya kecenderungan menyukai materi komunikasi yang terkemas dengan baik.

“Karena banyaknya pemilih muda, Mappilu akan secara aktif merilis materi sosialisasi Pemilu yang mudah dipahami dalam bentuk infografis, dan poster digital dan disebarkan melalui media sosial,” Pungkas Ketua MAPPILU-PWI OI.(hadi)





BERITA TERBARU