Miris, Jalan Poros Antar Desa Kecamatan Negeri Katon Rusak Parah

Sigerindo Pesawaran- Kondisi kerusakan infrastruktur kembali menyeruak di Kabupaten Pesawaran. Kali ini, datang dari wilayah Kecamatan ...


Sigerindo Pesawaran- Kondisi kerusakan infrastruktur kembali menyeruak di Kabupaten Pesawaran. Kali ini, datang dari wilayah Kecamatan Negeri Katon kabupaten setempat.

Jalan antar desa di Kecamatan Negeri Katon, tepatnya tak jauh dari Kantor Kecamatan Negeri Katon menuju Desa Lumbir, Tresno Maju, Sidomulyo sampai ke Desa Halangan Ratu, Negara Saka, ternyata dua tahun belakangan ini terbiarkan dalam kondisi rusak parah.

Kondisi jalur vital sepanjang 2 kilometer itu yang banyak dihiasi gelombang dan lubang, sudah lama dikeluhkan warga dan aparatur desa di wilayah kecamatan setempat. Tiadanya harapan pemerintah baik kabupaten maupun Provinsi membuat harapan warga untuk merasakan jalan halus pun harus terpendam.

"Kurang lebih hampir 2 tahun belakangan ini rusak belum ada perbaikan. Padahal ini akses vital yang menghubungkan tidak hanya Sidomulyo, Lumbir dan Tresno Maju, tapi juga akses ke desa-desa lain, salah satunya Desa Halangan Ratu. Sampai detik ini infrastruktur semakin parah.Apa lagi saat ini musim hujan membuat genangan air yang berlubang sampai kedalaman 15 cm. Kami hanya pasrah dengan kondisi jalan seperti ini, kalau harus menunggu perbaikan dari kabupaten, juga belum tahu kapan bisa dibangun,"papar Sekdes Desa Sidomulyo kepada "Sigerindo.com" saat bersilahturahmi di ruang kerjanya (10/4/2019)

Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Negeri Katon yang melintasi Desa Lumbir, Halangan Ratu, Negara Saka sampai ke Bandara Raden Intan- Beranti sebagian besar rusak Parah

Padahal , jalan tersebut merupakan jalan induk satu-satunya menuju kabupaten Pesawaran. Disamping itu juga merupakan akses pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat Desa Lumbir dan Deaa Halangan Ratu dengan desa lainnya.

Berdasarkan pantauan "Lampung One' kerusakan sudah nampak sejak dari Kantor Kecamatan Negeri Katon, kabupaten Pesawaran.

Aspal jalan banyak yang sudah mengelupas. Jalan berlobang cukup besar dan di sejumlah titik banyak debu-debu berhamburan, lantaran aspal jalan yang melekat pada badan jalan sudah tidak terlihat lagi yang tinggal hanya tanah, sehingga debu- debunya berterbangan.

Memasuki Desa Lumbir, Tresno Maju, maupun Desa Halangan Ratu, sampai ke Desa Negri Saka, Ke camatan Negeri Katon terdapat banyaknya lubang-lubang yang sangat parah dan berdebu dengan kedalaman 15 cm, sehingga kendaraan harus ekstra hati-hati saat melintasinya.

Sekretaris Desa Sidomulyo, Selamet, mengatakan, jalan dari Desa Lumbir menuju pertigaan Desa Halangan Ratu merupakan jalan kabupaten. Panjangnya jalan tersebut, kata Selamet, sekitar dua kilometer. Diakuinya, sebagian jalan tersebut kondisinya sangat rusak parah.

Menurutnya, titik yang paling parah dan membahayakan bagi pengguna jalan di perkebunan kelapa sawit (jalan negara,red) menuju arah kantor kecamatan dan kabupaten.

Sedangkan dari pertigaan jalan tersebut, lanjut Selamet, menuju Desa Halangan Ratu sampai ke Bandara Beranti kondisi jalannya juga rusak.

"Sedangkan jalan penghubung dari Desa Sidomulyo menuju Desa Lumbir, sampai pertigaan jarak tempuhnya, dua kilometer. Sehingga jalan penghubung dua desa tersebut menuju Kantor Kecamatan Negeri Katon dan kabupaten Pesawaran. Ini merupakan jalan kabupaten yang akses satu-satunya warga desa kami,"jelasnya kepada "Pikiran Lampung" saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/4/2019).

Selamet mengungkapkan, jalan penghubung antar desa dan Kecamatan Negeri Katon ini sangat penting bagi akses perekonomian, pendidikan, dan kesehatan masyarakat di sini. Selain itu, kata dia, anak-anak sekolahan juga kasihan kalau melalui jalan rusak seperti ini, apalagii jika musim hujan, akan lebih bahaya,"keluh dia.

"Dengan rusaknya akses jalan tersebut, ini benar-benar menjadi kendala bagi warga, terutama bagi kami. Bayangkan saja mas?? Jika ada keperluan atau pertemuan di kecamatan maupun di kabupaten, kami sering terlambat. Biasanya jarak tempuhnya hanya 1 jam, bisa hanya 1,5 jam ini dikarenakan jalan rusak.Yang paling merepotkan, ya mas, kami sudah rapi-rapi dari rumah, sesampainya di kecamatan atau Pemda, sepatu kami pada belepotan tanah, lantaran jalan pada becek dan banyak genangan air,"keluh Selamet.

Oleh karena itu, kata Selamat, coba saya dibantu, kita ini kan sudah bermitra baik. Dan bukankah, mas sebagai "jurnalis' yang setiap harinya menyuguhkan informasi dan penyampaian fakta untuk khalayak yang menginginkan kesejahteraan untuk hidup.

"Semoga saja, melalui suguhan informasi dan penyampaian fakta yang mas lakukan akan dibaca oleh pemerintah daerah maupun Provinsi, terketuk pintu hatinya untuk menyambut baik apa yang menjadi keluhan kami saat ini," imbuhnya.

Untuk itu, lanjutnya, warga sangat mengharapkan agar jalan ini bisa segera diperbaiki secepatnya.

"Siapa saja yang mengerjakannya, bagi kami itu tak jadi soal, yang terpenting pekerjaannya berkualitas. Jangan seperti sebelumnya, belum 5 bulan dikerjakan, sudah rusak lagi, kemudian ditambal sulam, eh belum lama udah rusak lagi. Itu karena tambalannya dicampur dengan batu kapur, jelas cepat rusak karena seminnya tidak rusak. Nah saya harap bagi siapa saja yang mengngerjakannya, diharapkan dikerjakan dengan baik sesuai dengan aturannya supaya kerjaannya berkualitas. Ini juga jalan di gunakan untuk kita, kalau jalannya bagus tentunya si penggunakan jalan akan enak tapi kalau rusak sipengguna jalan itu sendiri yang merasakannya,"tandasnya.

Wahyu (27) warga Desa Lumbir, mengakui kerusakan jalan di desanya itu sudah cukup lama. Ia berharap pemerintah segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut. Sebab, warga setempat yang berprofesi sebagai petani banyak menggunakan jalan tersebut untuk mengangkut hasil pertaniannya.

Senada yang dikatakan Azis (30) warga Sidomulyo mengakui kondisi jalan penghubung antar kecamatan yang melalui Desa Sidomulyo, Lumbir atau Desa Halangan Ratu dan Negri Saka tersebut masih memperhatinkan. Bahkan kendaraan yang di naikin bupati dan rombongan, saat menghadiri suatu kegiatan itu pun kesulitan melaluinya.

"Saya berharap Pemkab Pesawaran akan berupaya untuk memperbaiki kerusakan jalan itu. Karena jalan tersebut hampir setiap hari saya lalui menuju arah kabupaten Pesawaran,"pungkasnya. (enal prabu)

Name

Advertorial,203,Bandar Lampung,448,Banyuasin,169,Bengkulu,1944,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,41,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,2,Event,34,Hot News,63,Internasional,6,Jakarta,84,Kabar Kampus,163,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,110,Kota Bengkulu,93,Kriminal,424,Lampung,3534,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,298,Lampung Tengah,782,Lampung Timur,49,Lampung Utara,133,Lifestyle,28,Lubuklinggau,424,Mesuji,419,Metro,72,Muara Enim,12,Muratara,82,Musi Banyuasin,1456,Musirawas,205,Nasional,163,Ogan Ilir,43,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,125,Pendidikan,136,Pesawaran,249,Pesisir Barat,155,Pilkada Bengkulu,51,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,252,Pringsewu,37,Rejang Lebong,33,Ruajurai,371,Seluma,354,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,2511,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,100,Tuba Barat,296,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Miris, Jalan Poros Antar Desa Kecamatan Negeri Katon Rusak Parah
Miris, Jalan Poros Antar Desa Kecamatan Negeri Katon Rusak Parah
https://2.bp.blogspot.com/-dBvP9aDtb-c/XK2dXh33QBI/AAAAAAAAiXQ/uzQEz1ZdQUchVBHKCvqZ6sivbJUlzDFYQCLcBGAs/s320/IMG_1999.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-dBvP9aDtb-c/XK2dXh33QBI/AAAAAAAAiXQ/uzQEz1ZdQUchVBHKCvqZ6sivbJUlzDFYQCLcBGAs/s72-c/IMG_1999.JPG
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2019/04/miris-jalan-poros-antar-desa-kecamatan.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2019/04/miris-jalan-poros-antar-desa-kecamatan.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy