Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemkab Banyuasin Cegah Karhutbunla Gelar Apel Kesiapgaan

Sigerindo Banyuasin - Pangkalan Balai Pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan terus digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin. Hal ini dikatakan oleh Bupati Banyuasin H.Askolani, SH., MH dalam acara Apel Kesiapasiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla) di Halaman Kantor Bupati, Kamis 11/419 tersebut

Bupati Askolani menjelaskan sejak ditetapkan pada tanggal 1 Maret 2019 tentang status siaga darurat, Pemkab Banyuasin merespon melalui kegiatan pencegahan bencana asap, kebakaran Hutan, kebun dan Lahan di Kabupaten Banyuasin melalui himbauan dan pengecekan lapangan secara cepat.

“Ada beberapa tahapan-tahapan pengendalian Karhutbunla mulai dari pembentukan desa peduli api, koordinasi konsolidasi serta sosialisasi antara TNI Polri, Manggala Agni hingga perusahaan perkebunan, Perlunya Evaluasi ketaatan terhadap SOP ( Standar Operasional Prosedur) dan pemberdayaan masyarakat sekitar dengan – pelatihan pelatihan”, katanya.

Dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin, Askolani menerapkan Berbagai langka pencegahan yang telah dilakukan mulai dari membentuk desa-desa peduli api, dan memfasilitasi terbentuknya posko-posko peduli api di 21 kecamatan hingga membangun embung-embung penampungan air.

Bupati Banyuasin Askolani juga mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama sama bersatu bersinergis dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada mulai dari tingkat Desa dan Kecamatan. Melalui Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat agar dapat melakukan patroli secara rutin ke daerah-daerah yang rawan.

“Pentingnya penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi kebakaran hutan, kebun dan lahan sekecil apapun, guna mencegah kebakaran semakin besar,” tandasnya.

Apel ini di ikuti, jajaran TNI/Polri, Unsur Basarnas, Unsur Tagana, Pol PP Damkar, Manggala Agni, pramuka, dan masyarakat peduli kebakaran. Serta diikuti 54 perusahaan perkebunan.

Nampak Hadir pada Apel gabungan Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem, S.Ik., Kajari Banyuasin La Kamis, SH., MH, Pj. Sekda Banyuasin, Para Asisten, Kepala OPD Banyuasjn, Manggala Agni Perwakilan Pimpinan Perusahaan Perkebunan, Tokoh Masyarakat Se Kabupaten Banyuasin (Day)
BERITA TERBARU