Respon Cepat Dinas PUPR Terhdap Persoalan Infrastruktur Jalan Jalan Pesawaran

Sigetindo Pesawaran -Respon cepat diberikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Pesawaran, terhadap prioritas k...


Sigetindo Pesawaran -Respon cepat diberikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Pesawaran, terhadap prioritas kebutuhan masyarakatnya (Infrastruktur,red)

Ini menunjukkan jika bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)
sangat sigap dan tanggap akan pembangunan di bumi Andan Jejama ini.

Saat dikonfirmasi "Sigerindo.com" melalui telpon genggamnya Kepala Dinas PUPR Pesawaran, Zainal Fikri melalui Kepala Bidang Bina Marga, David Okta Piadi mengatakan, pihaknya sudah turun kelapangan untuk meninjau kondisi jembatan tersebut.

"Mendapat laporan itu, kita langsung turun ke lapangan dan melihat kondisi jembatan beserta tanah longsor di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan " kata David, Minggu (13/4).

Hal itu, kata David, sudah merupakan tugas serta bentuk kewajiban Pemkab dan Dinas PUPR di bidang Bina Marga untuk menanggulanginya. Jangan dibiarkan berlarut-larut yang nantinya akan membuat aktivitas warga sehari-hari terhambat.

"Kita harus cepat tanggap dengan informasi yang di sampaikan oleh rekan-rekan media yang disajikan lewat pemberitaan. Apa lagi menyentuh soal pembangunan di wilayah kabupaten Pesawaran yang juga merupakan satu visi-misi dari bupati kita,"ungkapnya.

Menurut dia, sebelumnya jembatan yang bentangannya sekira 8 meter dan lebar 3 meter itu, bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 dan roda 4. Tetapi setelah jembatan darurat dibangun, hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 saja.


Diakui David, jembatan darurat yang dibangun saat ini hanya menggunakan kurang lebih 6 batang pohon kelapa, yang atasnya hanya dipasang dengan potongan papan.

"Setelah semuanya terpasang, warga di wilayah setempat kini sudah bernapas dengan lega. Karena jembatan darurat yang dibangun atas inisiatif warga tersebut sudah dapat difungsikan. Sehingga warga sudah bisa memanfaatkan jembatan tersebut untuk beraktivitas sehari-hari, serta dapat menjual hasil buminya ke kota Bandarlampung yang sebelumnya berputar arah menuju jalan utama dan Provinsi,,'terang David, yang di ketahui dari salah satu warga setempat bahwa 6 kayu pohon kelapa merupakan bantuan darinya.

Dikatakannya lebih lanjut, untuk pembangunan jembatan secara permanen, tahun 2019 ini pemerintah belum bisa mengalokasikan anggarannya. Kita akan anggarkan di tahun 2020.

"Tahun ini belum bisa dibangun untuk jembatan permanennya. Tapi di tahun 2019 ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk membangun akses jalan di dusun Way Ringin, Desa Sungai Langka,'lanjutnya.

Dijelaskan David, akibat hujan deras yang mengguyur Desa Sungai Langka membuat sejumlah akses jalan terisolir. Seperti akses jalan yang melintasi Dusun Merkasi sampai ke Dusun Pinang Jaya. Jembatan yang diapit oleh kedua dusun itu dalam keadaan ambruk.

Dalam waktu bersamaan, tambah David, juga terjadi bencana tanah longsor di Dusun Way Ringin, Desa Sungai Langka. Akibatnya akses jalan tertutup oleh material longsor. Hingga mengganggu pengendara yang melintasi jalan itu.

"Longsor terjadi lokasi tersebut, tebing dengan tinggi di perkirakan sekitar 5 meter mengalami longsor. Akibatnya menyebabkan sejumlah pohon tumbang tak beraturan menutupi badan jalan. Dan alhamdulilah masyarakat yang dibantu para pengguna jalan saat melintasi jalan tersebut juga turut membamtu membersihkan material longsor. Alhamdulilah keadaan dapat teratasi, sehingga tak terlalu lama mengganggu aktivitas warga,"imbuhnya.

Yang jelas, menurut David, masyarakat harus
mewaspadai terjadinya dua musibah ini, sebab selama musim hujan rawan terjadinya tanah longsor dan jembatan ambruk,'tandasnya.

Terpisah salah satu warga Dusun Merkasi, Edi (42) mengaku sangat senang dengan rencana dari pemerintah melalui Dinas PUPR di bidang Bina Marga yang akan membangun jembatan permanen penghubung antara Dusun Merkasi Desa Sungai Langka dengan Dusun Pinang Jaya menuju Kemiling Kota Bandar Lampung.

'Meskipun jembatan permanen akan di bangun tahun 2020,, oleh Dinas PUPR bidang Bina Marga, tentunya masyarakat disini merasa sangat senang dan berharap akan adanya jembatan tersebut.

Masih kata Edi, Walaupun sehari-harinya warga disini jalankan aktivitasnya menggunakan jembatan darurat yang ambruk akibat dihantam banjir belum lama ini.

"Alangkah
bagusnya lagi jika adanya jembatan yang permanen agar masyarakat disini hendak bekerja atau menjual hasil bumi dan pergi kesekolah bagi anak-anak bisa menggunakan mobil atau motor selalu melewati jebatan tersebut,"ucapnya.

Sementara itu, Harun salah satu warga Dusun Way Ringin, Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran berharap pemerintah setempat segera memperbaiki akses jalan di desa kami. Warga khawatir, fenomena alam yang terjadi baru-baru ini dapat berdampak luas, terlebih lagi akhir-alhir ini sering terjadi bencana alam.

"Kami berharap, agar masalah ini segera diatasi oleh pemerintah. Sehingga kami tidak lagi dibayangi kekhawatiran akan terjadi longsor dan banjir," pungkasnya. (enal prabu)
Name

Advertorial,203,Bandar Lampung,448,Banyuasin,169,Bengkulu,1944,Bengkulu Selatan,1,Bengkulu Utara,4,Budaya,41,Curup,1,Ekbis,168,Ekbis Bengkulu,142,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,33,Ekbis Sumsel,10,Empat Lawang,2,Event,34,Hot News,63,Internasional,6,Jakarta,84,Kabar Kampus,163,Kabar Pasar,14,Kaur,4,Kepahiang,7,Kesehatan,2,Kongkalikong,110,Kota Bengkulu,93,Kriminal,424,Lampung,3534,Lampung Barat,18,Lampung Selatan,298,Lampung Tengah,782,Lampung Timur,49,Lampung Utara,133,Lifestyle,28,Lubuklinggau,424,Mesuji,419,Metro,72,Muara Enim,12,Muratara,82,Musi Banyuasin,1456,Musirawas,205,Nasional,163,Ogan Ilir,43,Olahraga,122,Opini,20,Palembang,125,Pendidikan,136,Pesawaran,249,Pesisir Barat,155,Pilkada Bengkulu,51,Pilkada Lampung,148,Pilkada Sumsel,57,Pilpres2019,9,Politik,252,Pringsewu,37,Rejang Lebong,33,Ruajurai,371,Seluma,354,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sumsel,2511,Tajuk,7,Tanggamus,49,Tuba,100,Tuba Barat,296,Waykanan,33,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Respon Cepat Dinas PUPR Terhdap Persoalan Infrastruktur Jalan Jalan Pesawaran
Respon Cepat Dinas PUPR Terhdap Persoalan Infrastruktur Jalan Jalan Pesawaran
https://4.bp.blogspot.com/-RMIyJ4w5PJg/XLPTKKB0YoI/AAAAAAAAiks/u8tO1oVrBN8iuCXTNoCTnLpN4cKPfiF1QCEwYBhgL/s320/IMG_2088.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-RMIyJ4w5PJg/XLPTKKB0YoI/AAAAAAAAiks/u8tO1oVrBN8iuCXTNoCTnLpN4cKPfiF1QCEwYBhgL/s72-c/IMG_2088.JPG
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2019/04/respon-cepat-dinas-pupr-terhdap.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2019/04/respon-cepat-dinas-pupr-terhdap.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy