Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

dr. Fitri ingatkan pentingnya Pendekatan Sektoral Menanggulangi Stunting Anak


Sigerindo Banyuasin - H. Askolani, SH., MH Bupati Kabupaten Banyuasin didampingi Ibu TP-PKK Kabupaten Banyuasin dr. Sri Fitriyanti tampak serasi dalam menghadiri acara Lomba Balita Sehat (LBS) tahun 2019.Acara yang digelar di Gedung Graha Sedulang Setudung, Kamis 11/7/19

Ibu TP-PKK Kabupaten Banyuasin dr. Sri Fitriyanti yang belum lama ini dilantik menyampaikan salah satu masalah yaitu stunting pada anak yg harus di tanggulangi melalui pendekatan multi sektor.

“Di kabupaten Banyuasin sendiri menurut hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) Sumatera Selatan Tahun 2017, prevalensi Stunting Balita sebesar 32,8% yang meningkat dari tahun 2016 (6, 4%) dan terakhir di tahun 2018 telah dilakukan pengukuran Balita di Posyandu terdapat 17,4%”, katanya.Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental Sosial secara utuh.

” Sebab masa depan bangsa berada di tangan anak-anak kita semakin baik kita melindungi dan menghantarkan mereka makan semakin baik pula sumber daya manusia yg kita miliki”, tegasnya.

Menanggapi hal ini Kepala dinas kesehatan Kab Banyuasin dr.H.Masagus M.Hakim,M.Kes menyatakan “Angka stunting di banyuasin 17,4% perempuan dr sebelumnya 30% angka nasional dibawah 20% kini banyuasin sd melewati angka nasional”.

Terlepas dari semua itu Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani mengatakan tujuan di adakanya lomba ini adalah media pembelajaran kepada orang tua Balita tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan Balita dan perilaku gizi seimbang bagi individu, keluarga, dan masyarakat.“Saya berharap pembinaan terhadap Balita ini tetap bersinergi dengan Tim Penggerak PKK kecamatan maupun desa melalui dasar wisma seperti pemberian makanan tambahan atau penyuluhan keluarga mandiri sadar gizi dalam rangka menurunkan jumlah balita dengan gizi kurang dan gizi buruk”, harapnya


Acara di Akhiri dengan pembagian hadiah pemenang lomba Balita sehat tahun 2019 yang terbagi menjadi 2 kategori

1. Kategori umur 6 bulan – 24 bulanJuara 1 : Safina Anas Saputri ( Kecamatan Rambutan)Juara 2 : Zalfa Inara (Kecamatan Talang Kelapa)Juara 3 : Syafira Putri Dinanti (Kecamatan Betung)2. Kategori umur 2 tahun – 5 tahunJuara 1 : M. Azril Assidiq ( Kecamatan Banyuasin III)Juara 2 : Khansa Asinka (Kecamatan Suak Tapeh)Juara 3 : Ridhatul Aisyah (Kecamatan Muara Telang)Diikuti Sebanyak 42 peserta dari seluruh kecamatan Se- Kabupaten Banyuasin (Day)
BERITA TERBARU