Ambruknya Bangunan Bendungan Sungai Way Limau Dinas PUPR Bidang Pengairan terkesan “Tutup Mata”

Sigerindo Pesawaran-Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (DPUPR) dalam melayani kebutuhan peng...


Sigerindo Pesawaran-Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (DPUPR) dalam melayani kebutuhan pengairan untuk masyarakat khususnya petani di wilayahnya, di duga hanya “Isapan Jempol”.Pasalnya, sejak dibangunnya Bendungan Sungai Way Limau tahun 2017. Dinas PUPR, Bidang Pengairan terkesan “Tutup Mata”.

Sehubungan jebolnya bendungan Sungai Way Limau, politisi Partai Hanura, sekaligus angota Komisi III DPRD Pesawaran, Supriyadi mengatakan, warga mengadu terkait ambruknya pembangunan bendungan sungai Way Limau di Desa Kebagusan akibat hujan kemarin. 

“Kami mendapat pengaduan dari masyarakat soal ambruknya bangunan bendungan Way Limau, warga juga berkata bahwa mereka sudah melaporkan pristiwa itu ke pihak Dinas PUPR melalui bidang pengairan, namun tidak ditanggapi. Sejak terima laporan itu, pihaknya bersama warga yang ditemani oleh rekan wartawan cek ke lokasi. Tapi sebelumnya, kami meninjau pembangunan tugu taman jejama Sidototo yang juga ambrol, namun setelah tiba disana ternyata sudah dikerjakan dengan ada beberapa orang di lokasi,”tuturnya.

Menurut Politisi dari Davil Gedung Tataan ini, atas kunjungannya itu, dirinya hanya ingin memastikan laporan dari masyarakat Desa Kebagusan bahwa Bendungan SWL telah jebol dan kondisinya sangat memprihatinkan. Kemudian yang miris lagi, tak satu pun dari pihak dinas terkait meninjau bendungan itu. 

“Setelah cek ke lokasi, apa yang dikatakan warga benar. Kondisi bangunan bendungan telah ambrol akibat hujan kemarin (23 Maret 2020,red). Begitu pun dengan dengan pintu air pengendali banjir sudah rusak parah dan macet, hal itu dikarena tidak ada perawatan,”ucap Supriyadi.

Di jelaskan Supriyadi, kerusakan itu relatif lama, tentunya mengakibatkan kerugian besar bagi warga yang mempunyai usaha pertenak ikan . khususnya bagi warga yang mempuyai sawah,”ungkapnya lagi.

Bukan itu saja, kata Supriyadi, terkait terjadinya kerusakan pada bendungan WL itu, mereka sudah melaporkan ke pihak Dinas PUPR melalui bidang pengairan tidak ditanggapi. Makanya saya ke mari bersama waga dan rekan wartawan.

Dikatakan Supriyadi, pemerintah membangun Bendungan itu, salah satu fungsinya kan untuk meminilisir banjir dan mengendalikan aliran Way Limau dan sekaligus penanganan pasca banjir bandang. 

“Saat ini kondisinya memang memprihatinkan, yang tadinya air bendungan dapat mengaliri ratusan hektare sawah warga sebagai swadaya pangan. Dengan kondisi seperti itu, masyarakat semakin khawatir akan menyebabkan banjir,”katanya. 

Saat ditanya wartawan, langkah apa akan dilakukan pihak wakil rayat, terkait kerusakan bendungan SWL itu. “Setelah ini, kami selaku wakil rakyat di Pesawaran, tentunya, langkah pertama pihak Komisi III akan berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR agar turun kelapangan, bila perlu kami dampingi ke lokasi bendungan SWL,”imbuhnya.

Dikatakan Supriyadi, atas nama anggota DPRD Pesawaran, terima kasih kepada masyarakat yang telah mau mengadu terkait apa pun yang terjadi di desa, asalkan itu sesuai dengan tupoksi kami selaku wakil rakyat . Tentunya ini sangat membantu kinerja kami dalam pengawasan ,jika tidak ada aduan seperti ini mungkin kami tidak akan tau. Dan insyaallah kami akan berkerja dengan sebaik mungkin. Apa lagi sekarang kami bertugas selama 24 jam full sebagai anggota DPRD,”terangnya.

Masih di katakan Supriyadi, Terkait adanya dugaan soal ASN di Dinas PUPR yang melalaikan tugas (bolos kerja,red). “Seperti itu informasi yang saya terima, ya kalau saya pribadi, saya pasti malu, kenapa..? Karena saya bekerja di gaji masyarakat Pesawaran. Tetapi secara kinerja saya tidak maksimal. Gak tahu kalau mereka, mungkin tidak begitu, bagus nya, ya mundur saja..hehe,”cetus Supriyadi dengan mimik muka senyum.

Sementara itu, Ketua LSM Kompak, Firli Daud ngatakan, jika hal itu benar ada. Lebih baik Kabid Pengairan dan PPK silahkan menanggalkan jabatanya secara iklas. “Kalau itu benar, saya selaku masyarakat Pesawaran meminta kabidnya dan PPK lebih baik mundur saja, kalau tidak mampu mematuhi tupoksinya sebagai aparatur pemerintah. Masih Banyak Putra terbaik Pesawaran yang bisa menggantikan. Jadi buat apapunya jabatan kalau tidak punya rasa tanggung jawab,”tegasnya. 

Ia juga meminta, agar bidang pengairan di Dinas PUPR Pesawaran di rombak (penyegaran,red) agar kinerja dapat semakin baik. Saya ingin bertanya kepada mereka, dimana swakelola tahun 2019, lokasinya ? Nah, terus apakah diberdayakan orang-orang Pesawaran, kan tidak,”katanya. 

Di lain pihak, Kepala Dinas PUPR, Zainal Fikri, melalui sambungan genggamnya membantah jika anak buahnya, tidak memiliki tanggung jawab dalam pekerjaan. “Kemarin waktu banjir sama saya kok, bahkan sampai jam 2 pagi,”pungkasnya. (Rahman)
Name

Aceh,17,Aceh Selatan,18,Advertorial,115,Bali,2,Bandar Lampung,373,Banyuasin,348,Bengkulu,855,Budaya,28,Ekbis,66,Ekbis Bengkulu,33,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,23,Ekbis Sumsel,7,Empat Lawang,2,Event,24,Hot News,59,Internasional,12,Jakarta,171,Kabar Kampus,121,Kabar Pasar,7,Kaur,3,Kendari,2,kendarin,1,Kepahiang,1,Kesehatan,1,Kongkalikong,140,Kota Bengkulu,1,Kriminal,344,Lampung,3197,Lampung Barat,27,Lampung Selatan,408,Lampung Tengah,664,Lampung Timur,32,Lampung Utara,81,Lifestyle,21,Lubuklinggau,324,Mesuji,442,Metro,55,Muara Enim,14,muaradua,4,Muratara,82,Musi Banyuasin,2470,Musirawas,217,Nasional,284,Ogan Ilir,63,Oku Selatan,154,Olahraga,87,Opini,15,Padang,1,Palembang,221,Pali,32,Pendidikan,101,Pesawaran,334,Pesisir Barat,77,Pilkada Lampung,115,Pilkada Sumsel,38,Pilpres2019,7,Politik,115,Pringsewu,31,Rejang Lebong,17,Ruajurai,289,Seluma,87,Seluma Bengkulu,1,Sigerindo,3,Sultra,3,Sumsel,3958,Tajuk,7,Tanggamus,45,Tuba,117,Tuba Barat,238,Waykanan,35,Wisata,2,
ltr
item
SIGERINDO: Ambruknya Bangunan Bendungan Sungai Way Limau Dinas PUPR Bidang Pengairan terkesan “Tutup Mata”
Ambruknya Bangunan Bendungan Sungai Way Limau Dinas PUPR Bidang Pengairan terkesan “Tutup Mata”
https://1.bp.blogspot.com/-NQrbP2a3wys/Xn8_u4CPUTI/AAAAAAAAqe8/7sUpqIOuex40_J2y-N9hQCh7RaG6nccSgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200328-WA0020.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NQrbP2a3wys/Xn8_u4CPUTI/AAAAAAAAqe8/7sUpqIOuex40_J2y-N9hQCh7RaG6nccSgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200328-WA0020.jpg
SIGERINDO
http://www.sigerindo.com/2020/03/ambruknya-bangunan-bendungan-sungai-way.html
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/
http://www.sigerindo.com/2020/03/ambruknya-bangunan-bendungan-sungai-way.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy