Dari AMD ke TMMD Berjalan Seiring Reogranisasi ABRI Pada Masa Reformasi. - SIGERINDO.COM

Dari AMD ke TMMD Berjalan Seiring Reogranisasi ABRI Pada Masa Reformasi.

Dari AMD ke TMMD Berjalan Seiring Reogranisasi ABRI Pada Masa Reformasi.


Sigerindo. Muba.Sekayu - Dalam buku elektronik berjudul Perkembangan ABRI Masuk Desa 1980-1998 yang diterbitkan Avatara Universitas Negeri Surabaya, dituliskan Program AMD dicetuskan Jenderal M. Jusuf pada 1980 dengan tujuan membantu masyarakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

AMD juga membantu memaksimalkan potensi desa, karena desa merupakan sumber penyuplai bahan-bahan baku pangan nasional serta sebagai sumber ketenaga kerjaan.

“Keberhasilan ABRI Masuk Desa menjangkau pelosok-pelosok desa di beberapa wilayah di Indonesia tidak lepas dari konsep kemanunggalan dengan rakyat yang telah menjadi ciri khas jati diri dan kepribadian ABRI yang dilahirkan dari rakyat,”

Pengubahan istilah dari AMD ke TMMD berjalan seiring reogranisasi ABRI pada masa reformasi.
\Prajurit TNI dari Kodim 0401/Muba diagendakan membangun akses jalan, memperbaiki sarana dan prasarana serta memberi penyuluhan terkait isu yang sedang berkembang kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Dandim 0401/Muba Letkol Arm Muhammad Saefuddin Khoiruzzamani menjelaskan peranan media didalam mensukseskan program TMMD, seprti lomba karya jurnalistik.

"Karena ini masih bulan Syawal makan Kodim 0401/Muba menghaturkan maaf minal aidzin walfaiizin. Dan terkait program TMMD ke 105 TNI angkatan darat akan mengadakan lomba karya jurnalistik baik secara nasional dan dari Kodim 0401/Muba. Penilaian berdasarkan selain kualitas berita dan banyaknya berita perhari dan jumlah halaman berita," Ujar Dandim.28/06/2019 di Aula Kodim 0401/Muba.

Kegiatan TMMD kemudian menjadi Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu setiap tahun. Kegiatan ini mengedepankan kepentingan masyarakat dan juga implementasi kegiatan gotong royong secara utuh, karena lewat TMMD merupakan kegiatan sektoral, bersama pemerintah daerah dan masyarakat.(iwan)