Membangun dan Menanamkan Semangat Nasionalisme, Bersama Giat TMMD. - SIGERINDO.COM

Membangun dan Menanamkan Semangat Nasionalisme, Bersama Giat TMMD.

Membangun dan Menanamkan Semangat Nasionalisme, Bersama Giat TMMD.

Sigerindo Muba - Memiliki dan Menanamkan Sifat dan Sikap Nasionalisme adalah salah satu Jati diri seorang Prajurit TNI, dengan menanamkan Jiwa Nasionalisme berpedoman pada Santi Aji Sumpah Prajurit, Sapta Marga, Delapan wajib TNI di dalam melaksanakan tugas.

Berbagai Program demi Program diciptakan TNI untuk menjaga semangat Nasionalisme, memupuk Kesadaran Prajurit dengan Berbaur bersama Rakyat, dan menjalin Komunikasi dengan baik, dengan cara melibatkan Rakyat dalam kegiatan yang dilakukan.

Salah satu Sasaran Program yang telah lama dilakukan oleh TNI adalah Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD) pada dekade 80-an. Kemudian berganti menjadi TMMD, saat ini TMMD mencapai Usia Ke - 105 yang bertema "Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat".

Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) kali ini hadir di Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel melalui Kodim 0401/Muba, sasaran yang ditujukan adalah Desa Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko.

Yang dimana Program Sasaran TMMD Ke - 105 tersebut akan dilaksanakan pada 10 Juli - 08 Agustus 2019, hal itu disampaikan Dandim 0401/Muba pada Coffe Morning bersama Media, pada Jumat (28/6/2019) lalu.

Dalam kesempatannya Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, Ssos mengungkapkan, " Dalam pelaksanaan TMMD Ke - 105 ini sasaran yang ingin dicapai selain sasaran Fisik berupa pembangunan infrastruktur yang diperlukan masyarakat juga ada sasaran Non Fisik yang salah satunya berupa pembinaan wawasan kebangsaan. Dengan adanya materi ini kita berharap masyarakat Muba khususnya daerah Buukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko, akan memiliki rasa cinta tanah air dan Nasionalisme yang tinggi, "Ungkap Dandim, Senin (1/7/2019).

Lebih Lanjut Dandim menambahkan, "Kalau dulu kita belajar di Sekolah seringkali ditekankan agar lebih mendahulukan kepentingan kelompok dari pada kepentingan individu, demikian pula mendahulukan kepentingan Nasional dari pada kepentingan kelompok maupun golongan. Dengan demikian apapun yang dilaksanakan oleh seluruh anak Bangsa pada akhirnya harus bermuara pada kepentingan yang sesuai dengan kepentingan Nasional,"

"Khusus dalam hal pertahanan negara sudah seharusnya kita bekerjasama seluruh Komponen Bangsa untuk mempertahankan Kedaulatan Negara sesuai Doktrin pertahanan kita. Dengan tertanamnya jiwa Nasionalisme yang tinggi dilandasi jati diri Prajurit sebagai Tentara Nasional, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional insya Allah Negara kita akan menjadi Negara yang kuat dan disegani oleh Negara manapun, "Tukasnya.(iwan)