Sobirin Wujudkan Harapan Masyarakat Mencapai Desa Mandiri

SigerindoPesawaran-Jajaran pemerintahan Desa Lumbirejo, kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dibawah kepem...




SigerindoPesawaran-Jajaran pemerintahan Desa Lumbirejo, kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Sobirin S.Pd, mewujudkan harapan masyarakat setempat melalui pemerataan pembangunan infrastruktur yang menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019. Hal tersebut dilakukan guna mencapai desa yang mandiri.

Sobirin yang juga sebagai Kepala Desa Lumbirejo merupakan sosok pemimpin yang dipercaya masyarakat Desa Lumbirejo guna melanjutkan program pembangunan 2 tahun kedepan

Kepada "Sigerindo.com" dikediamannya, Selasa (20/8) mengatakan Desa Lumbirejo yang luas wilayahnya 5041 hektare dengan jumlah penduduk sebanyak 1041 KK.

Mengingat posisinya sangat strategis dan sangat penting dalam pemerataan pembangunan melalui tahap 1 dan tahap 2. Alokasi Dana Desa (ADD) dan APBD sudah dialokasikan ke dusun-dusun di Desa Lumbirejo. Tentunya untuk terus berbenah di bidang pembangunan yang dibutuhkan masyarakat setempat.

Mengenai pembangunan yang direalisasikan untuk pembangunan jalan rambat beton sepanjang 250 meter, dan juga dibangun 2 unit sumur bor.
Kemudian untuk tahap ke 2 Dana Desa yaitu talud (TPT) sepanjang 280 meter di dusun 4 dan dusun 3 dengan panjang 350 meter, pemerataan lapangan, dan sumur bor 3.

Dikatakan Sobirin, pembangunan fisik yang telah direalisasikan dari pencairan dana desa tahap 1 telah selesai 100 persen.

"Untuk tahap pertama ini kegiatan pelaksanaan pembangunan rambat beton sudah selesai 100 persen,"katanya Menurut Sobirin, saat ini kami masih fokus untuk kegiatan pelaksanaan pencairan DD tahap 2.

"Untuk tahap 2 ini dana desa kami manfaatkan untuk membangun TPT di badan jalan desa kami dengan volume 280 meter yang terletak di dusun 4 serta di dusun 3 dengan panjang 350 meter,"ungkapnya.

Kemudian, lanjut Sobirin, pencairan dana itu juga kami pergunakan untuk memperbaiki lapangan, untuk pembuatan sumur bor sebanyak tiga titik, dan pembangunan jalan onderlag.

Masih dikatakan Sobirin, disamping dibangunnya TPT, DD juga dimanfaatkan untuk membangun sumur bor di dusun 3 di desa setempat. yang saat ini sudah 80 persen dikerjakan.

"Di bangunnya tempat air bersih itu atas usulan masyarakat Lumbirejo sendiri dan dikerjakan oleh masyarakat desa setempat. Dalam pekerjaan tersebut kami swadayakan masyarakat setempat,"ungkapnya kepada Sigerindo.com, Selasa (20/8) di kediamannya.

Mengenai pembangunan, lanjut Sobirin, yang direalisasikan untuk pembangunan jalan rambat beton sepanjang 250 meter, dan juga dibangun 2 unit sumur bor.
Kemudian untuk tahap ke 2 Dana Desa yaitu talud (TPT) sepanjang 280 meter di dusun 4 dan dusun 3 dengan panjang 350 meter, pemerataan lapangan, dan sumur bor 3.

Selain itu juga pembangunan non fisik, seperti di bidang kesehatan yaitu memberikan makanan yang bergizi kepada anak balita dari 5 posyandu yang ada di desa kita.

Lebih lanjut ia mengatakan pemerintah desa untuk pencairan DD tahap 3, kami sudah menyusun banyak rencana kegiatan dan itu pun sudah di setujui oleh masyarakat Desa Lumbir, serta sudah kami programkan semua kegiatannya


"Untuk DD tahap ke 3 nanti kami sudah merencanakan beberapa kegiatan selain pembangunan non fisik diantaranya dalam bidang kesehatan yaitu kegiatan dalam pemberian makanan yang bergizi kepada anak balita oleh 5 Posyandu yang ada di desa kami,"beber pria kelahiran Jogya ini.

Ditambahkannya, kegiatan nanti tidak hanya sampai di situ aaja, melainkan sudah merencanakan program-program lainnya, seperti kegiatan kepemudaan, keagamaan dan kemasyarakatan. Itu sudah semuanya sudah kami anggarkan, tinggal menunggu pelaksanaannya nanti ditahap 3 pencairan DD.

"Anggaran dandes tahap dua akan kami hunakan untuk pembangunan rabat beton pada jalan desa kami. Panjangnya 417 meter dengan lebar 3 meter," ucap pria kelahiran Jogyakarta ini.

Menurut Sobirin, dalam musyawarah masyarakat desa beberapa waktu lalu, program ini yang dianggarakan,Masyarakat ingin selain akses jalan di Desa Lumbir ada perbaikan dan juga adanya air bersih.

Selain itu dana desa pada tahap 3 akan dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan selain pembangunan non fisik diantaranya dalam bidang kesehatan yaitu kegiatan dalam pemberian makanan yang bergizi kepada anak balita oleh 5 Posyandu yang ada di desa kami.

Tak lupa juga Sobirin menambahkan, kegiatan nanti tidak hanya sampai di situ aaja, melainkan sudah merencanakan program-program lainnya, aeperri kegiatan kepemudaan, keagamaan dan kemasyarakatan.. Kemudian juga kami akan menggelar sosialisasi tentang "Bahayanya Narkoba" tentunya sosialisasi ini oleh Polres Pesawaran yang telah kami undang,"

"Itu sudah semuanya sudah kami anggarkan semua tinggal pelaksanaannya saja. Mungkin pelaksanaannya nanti ditahap 3 pencairan DD," tandasnya.

Ia juga sangat bersyukur dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Pemkab Pesawaran dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Desa Lumbirejo

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lumbirejo yang telah membantu dan perduli akan pelaksanaan pembangunan di desanya khuausnya dari anggaran dana desa,"tandasnya.

Saat ditanya , Sigerindo.com sejauh mana manfaat untuk desa mengenai program dari pemerintah saat ini, Sobirin mengatakan, sangat luar biasa. Dan harapannya kepada pemerintah pusat melalui daerah yang telah membantu desa khususnya pada desa kami yaitu dana desa juga ADD nya untuk kesejahteraan.

Ia menjelaskan, kalau ADD yaitu siltaf yang diberikan kepada desa kami. Sekali lagi atas nama masyarakat Desa Lumbirejo menguraikan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang telah memberikan bantuan melalui dana DD dan ADD. Kalau DD itu dari bupati.
Sehingga kedepannya desa kita dapat menjadi desa yang mandiri. Dan diharapkan,

Masih kata Sobirin, mengenai kegiatan air bersih itu atas permintaan masyarakat bahwa diadakan yaitu sumur bor dan pekerjaannya sudah hampir selesai. Kegunaan air bersih ini sangat dibutukan oleh satu RT yaitu dusun 2 yang digunakan oleh 50 KK.

Sementara, Prayitno, salah satu warga desa terkait pemanfaatan pembangunan yang masuk si desa lumburejo mengatakan sangat senang dengan masuknya bantuan melalui dana desa karena banyak manfaatnya untuk masyarakat setempat, dan itu juga atas usulan dan keinginan masyarakat yang pekerjaannya sudah hampir 100 persen. (enal)

Name

Aceh,50,Aceh Selatan,51,Advertorial,111,Bali,2,Bandar Lampung,383,Banten,2,Banyuasin,348,baubau,1,Bengkulu,854,Ekbis,66,Ekbis Bengkulu,33,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,23,Ekbis Sumsel,7,Empat Lawang,3,Event,19,Hot News,56,Internasional,11,Jakarta,1,Kabar Kampus,121,Kabar Pasar,7,Kaur,3,Kendari,4,Kepahiang,1,Kesehatan,1,Kongkalikong,142,Kriminal,343,Lampung,3329,Lampung Barat,29,Lampung Selatan,406,Lampung Tengah,686,Lampung Timur,33,Lampung Utara,82,Lifestyle,21,Lubuklinggau,327,Mesuji,452,Metro,59,Muara Enim,14,muaradua,4,Muratara,82,Musi Banyuasin,2492,Musirawas,226,Nasional,377,Ogan Ilir,63,Oku Selatan,164,Oku Timur Sumsel,1,Olahraga,87,Padang,1,Palembang,227,Pali,32,Pendidikan,100,Pesawaran,381,Pesisir Barat,77,Pilkada Lampung,173,Pilkada Sumsel,50,Politik,114,Pringsewu,31,Rejang Lebong,17,Seluma,85,Sultra,7,Sumsel,3979,Tajuk,18,Tanggamus,45,Tuba,117,Tuba Barat,236,Waykanan,35,Wisata,29,
ltr
item
SIGERINDO: Sobirin Wujudkan Harapan Masyarakat Mencapai Desa Mandiri
Sobirin Wujudkan Harapan Masyarakat Mencapai Desa Mandiri
https://1.bp.blogspot.com/-CPHNUqzuCrU/XV1HQd0gIWI/AAAAAAAAmMo/Z2dF4GilmAkCv0rGYxzDCfqdrvkKnG1wwCLcBGAs/s320/Screenshot_2019-08-20_153840.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CPHNUqzuCrU/XV1HQd0gIWI/AAAAAAAAmMo/Z2dF4GilmAkCv0rGYxzDCfqdrvkKnG1wwCLcBGAs/s72-c/Screenshot_2019-08-20_153840.jpg
SIGERINDO
https://www.sigerindo.com/2019/08/sobirin-wujudkan-harapan-masyarakat.html
https://www.sigerindo.com/
https://www.sigerindo.com/
https://www.sigerindo.com/2019/08/sobirin-wujudkan-harapan-masyarakat.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy