Ajarkan Siswa Berdemokrasi, SMAN 1 Negeri Katon Gelar Pilketos

Sigerindo Pesawaran - Negeri Katon Dalam upaya pembelajaran demokrasi siswa, SMAN 1 Negeri Katon mengelar pemilihan Ketua Organisasi S...


Sigerindo Pesawaran - Negeri Katon Dalam upaya pembelajaran demokrasi siswa, SMAN 1 Negeri Katon mengelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bhakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Jumat (6/9/2019).

Pilketos dilakukan di halaman sekolah dengan sistem pemilihan demokrasi atau menggunakan surat suara dengan menyediakan bilik dan kotak suara aspirasi dukungan calon ketua OSIS.

Pantauan “Sigerindocom” di lapangan nampak ratusan siswa mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (dewan guru,red). Setelah menyerahlan undangan , para siswa mendapatkan surat suara. Isisnya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan dan memasukkan ke kotak suara berdasarkan label kelasnya.

Diketahui, ada 5 pasangan calon yang bersaing dalam Pilketos seluruh warga sekolah terlibat dalam pemilihan. Yang mencoblos tak hanya siswa guru dan staf SMAN 1 Negeri Katon juga ikut mencoblos.

Menurut Kepala SMAN 1 Negeri Katon, Rasiman SPd pemilihan Ketua OSIS layaknya Oemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah di gelar lebih 3 tahun ini di SMAN 1 Negeri Katon, tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam pemilu.


“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan,”ujar Rasiman kepada “Sigerindocom” disela-sela kegiatan.

Rasiman menjelaskan, yang namanya pesta demokrasi seperti ini, diharapkan para siswa dapat bergembira saat proses pemilihan ini berlangsung. Sehingga menurutnya, dalam demokrasi itu tidak ada yang dibuat susah.

“Siapapun yang terpilih yah tetap bergembira walaupun pasangan calon yang diusung siswa tidak jadi. Yah diharapkan para siswa tetap bergembira. Kegembiraan ini sebenarnya inti dari pesta demokrasi yang digelar di SMAN 1 Negeri Katon ini,”kata Rasiman lagi.

Sementara itu Waka Kesiswaan, Hamdan SPd, menyebutkan diadakannya Pilketos tersebut dengan tujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi siswa.

Menurut Hamdan, kegiatan tersebut untuk mendidik seluruh siswa dan siswi tentang cara demokrasi, dan juga pemilihan ini sudah berlangsung tiap tahun atau sudah merupakan agenda tahunan.“Penyelenggara Pilketos semua dari siswa. Kami melakukan persiapan sejak bulan September ini,”kata Hamdan Waka bidang Kesiswaan ini.

Hamdan juga menjelaskan, pemilihan Pilketos ini pihaknya memberikan pendampingan sekaligus sosialisasikan pentingnya berpartisipasi di dalam Pemilu kepada siswa siswi di SMAN 1 Negeri Katon.

“Ini dalam rangka pendampingan dan sosialisasi dalam pelaksanaan pemilu, kalau sekarang juga bertepatan dengan Pilketos (Pemilihan Ketua Osis SMAN 1 Negeri Katon,red). Karena mereka ingin tahu bagaimana cara memilih dan dipilih yang benar,” ucap Wakil Kepala Sekolah ini.

Pilketos SMAN 1 Negeri Katon ini, kata dia, menjadi ajang siswa belajar berdemokrasi dan proses kegiatannya dikemas mirip dengan pemilu. Para siswa menyalurkan suara dan para siswa menunggu giliran untuk mencoblos calon Ketua Osis pilihannya, layaknya pemilu.

“Harapannya nanti setelah mereka lulus sekolah, dia punya pengalaman menjadi pemilih dan penyelenggara pemilihan dan bagaimana asas pelaksanaan pemilihan yang jujur, adil dan demokratis.,”ungkap Hamdan.

Dia juga menyampaikan bagaimana kesetaraan dalam pemilihan kita sampaikan dan kita tekankan agar mereka mengetahui subtansi proses berdemokrasi dalam pemilu,”tandasnya.

Masih dikatakan Hamdan, proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis ini, menurutnya, diawali dengan proses penjaringan. Dimana para kandidat mempresentasikan visi misinya dihadapan sejumlah guru. Kemudian dilanjutkan dengan debat.

“Saat debat berlangsung ada penelis dari guru memberikan pertanyaan tentang program kerja bagaimana mengatasi permasalahan yang akan timbul saat pelaksanaan dan itu penelisnya adalah guru semua. Jadi dari awal sampai akhir melibatkan guru,”papar Rasiman.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Negeri Katon, Hamdan menyebutkan, kandidat ketua OSIS di sekolahan di ikuti 5 calon diantaranya, .... yang sebelumnya melewati beberapa kali tahapan seleksi. Ini setelah membuka pendaftaran bagi siswa yang minat, sehingga terpilih sebagai calon ketua dan dipilih untuk menjadi ketua OSIS satu tahun kedepannya. “Mulai tes akademik, wawancara, prestasi dan program kerja atau visi misi,”katanya.

Selain itu juga, lanjut Hamdan, nantinya calon terpilih mendukung dan membantu program sekolah dan program kegiatan ekstra kurikuler kesiswaan. “Diharapkan calon terpilih dapat menjalankan program kerja sesuai yang direncanakan dan sampaikan saat kampanye visi misi, membantu program sekolah, terutama dalam meningkatkan kegiatan kesiswaan,”tandasnya.

Dijelaskan Hamdan, pemilihan dilakukan sekolah untuk memberikan nilai pendidikan, pemahaman, serta karakter siswa dalam menentukan pemimpin secara langsung, sehingga siswa mengetahui dan terbiasa, bagaimana peroses jalannya Pilkada dan pemilihan legislatif, serta menjadi terbiasa nantinya dalam mengikuti pemilihan apapun, untuk menyalurkan hak suaranya. “Meskipun saat ini yang dipilihnya Ketua OSIS dan usianya tidak harus 17 tahun ke atas,”imbuhnya.

Hamdan menambahkan, pada kesempatan tersebut, yang berhasil mendapatkan suara terbanyak untuk dapat meminta restu menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2019/2019 adalah :

1. Maya angela/sindi agustin
2. M.fadli ramadhani/niken artika
3…cristofer putra aditia/kelvin agustinus
4.frensisca maharani/ meta richa pramudita
5.sadewa satya novangga/dita amarasari

“Setelah penghitungan suara selesai, maka ketua OSIS SMAN 1 Negeri Katon terpilih yaitu pasangan kandidat M. Fadli Ramadhan sebagai Ketua OSIS dan Wakilnya Biken Agustinus. semoga ke dua osis yang baru dapat mengemban amanah, selanjutnya dan organisasi SMAN 1 Negeri Katon semakin maju. Dengan momen bersejarah ini, dapat bermanfaat bagi siswa dan siswi SMAN 1 Negeri Katon ke depannya,”pungkasnya.(enal)



Name

Aceh,44,Aceh Selatan,45,Advertorial,111,Bali,2,Bandar Lampung,382,Banten,2,Banyuasin,348,baubau,1,Bengkulu,854,Ekbis,66,Ekbis Bengkulu,33,Ekbis Jambi,1,Ekbis Lampung,23,Ekbis Sumsel,7,Empat Lawang,3,Event,19,Hot News,56,Internasional,11,Jakarta,1,Kabar Kampus,121,Kabar Pasar,7,Kaur,3,Kendari,4,Kepahiang,1,Kesehatan,1,Kongkalikong,142,Kriminal,343,Lampung,3327,Lampung Barat,29,Lampung Selatan,406,Lampung Tengah,686,Lampung Timur,33,Lampung Utara,82,Lifestyle,21,Lubuklinggau,327,Mesuji,451,Metro,59,Muara Enim,14,muaradua,4,Muratara,82,Musi Banyuasin,2491,Musirawas,226,Nasional,376,Ogan Ilir,63,Oku Selatan,163,Oku Timur Sumsel,1,Olahraga,87,Padang,1,Palembang,227,Pali,32,Pendidikan,100,Pesawaran,380,Pesisir Barat,77,Pilkada Lampung,172,Pilkada Sumsel,50,Politik,114,Pringsewu,31,Rejang Lebong,17,Seluma,85,Sultra,7,Sumsel,3977,Tajuk,18,Tanggamus,45,Tuba,117,Tuba Barat,236,Waykanan,35,Wisata,29,
ltr
item
SIGERINDO: Ajarkan Siswa Berdemokrasi, SMAN 1 Negeri Katon Gelar Pilketos
Ajarkan Siswa Berdemokrasi, SMAN 1 Negeri Katon Gelar Pilketos
https://1.bp.blogspot.com/-qsP5dbYK7mU/XXJdeaBWofI/AAAAAAAAmkU/ooZOpgy1nUcIM92ZNPgx6MuNMvq-U2aSwCLcBGAs/s320/IMG_4644.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-qsP5dbYK7mU/XXJdeaBWofI/AAAAAAAAmkU/ooZOpgy1nUcIM92ZNPgx6MuNMvq-U2aSwCLcBGAs/s72-c/IMG_4644.JPG
SIGERINDO
https://www.sigerindo.com/2019/09/ajarkan-siswa-berdemokrasi-sman-1.html
https://www.sigerindo.com/
https://www.sigerindo.com/
https://www.sigerindo.com/2019/09/ajarkan-siswa-berdemokrasi-sman-1.html
true
6922078379625016448
UTF-8
Loaded All Article Not found any posts View All Baca Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Baca Juga Sigerindo ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Konten Telah Kadaluarsa, Silahkan Klik Tombol Home Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kams Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November December Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy