Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raih Penghargaan Tingkat Nasional Mitra Bhakti Husada dari Kemenkes RI ​​


Sigerindo Jakarta - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Kesehatan dengan Mitra perusahaan PT. Gula Putih Mataram(PT. GPM) yang berada di Desa Mataram Udik, KecamatanBandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah menerimapenghargaan Tingkat Nasional "Mitra Bhakti Husada" dariKemenkes RI atas pelaksanaan Program Gerakan PekerjaPerempuan Sehat dan Produktif (GP2SP).​

​Penghargaan tersebut diberikan secara langsung olehDirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari didampingi Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga drg. KartiniRustandi, M.Kes. pada peringatan Hari Kesehatan Nasional(HKN) ke-55 tanggal 08 Nopember 2019 di Jakarta kepadaPemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lampung Tengah (Edy Sunarko SKM., MKM.) dan Perwakilan Manajemen PT. Gula Putih Mataram/GPM (dr. Farida)

​Penyerahan piagam penghargaan dan plakat-plat emas tersebut diberikan sebagai penghargaan atas upaya dan kerja keras dalam pembangunan kesehatan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya pada kelompok pekerja wanita di sektor industri formal. Menurut drg. Kartini Rustandi, M.Kes., ada sekitar 400 perusahaan yang dinilai di seluruh Indonesia dan tahun ini hanya 12 perusahaan dari 12 kabupaten/kota saja yang dinyatakan layak menerima penghargaan tersebut. Sementara itu dalam rangkaianperingatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 KementrianKesehatan Republik Indonesia ini juga diisi dengan gelaranpameran Pembangunan Kesehatan di ICE BSD, KabupatenTangerang selama tiga hari tanggal 7-9 November 2019.

​Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah Edy Sunarko, SKM., MKM. perusahaan PT. GPM merupakan berusahan besar berskala nasional dengan jumlah pekerja formal wanitanya sekitar 300 orang dan memiliki komiten serta dedikasi yang baik dalam hal memperhatikan aspek kesehatan wanita secara komprehensif, hal ini tentu akan berpengaruh posistif terhadap terwujudnya generasi emas generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter kebangsaan, yaitu dengan menyediakan sarana dan prasarana serta kebijakanyang mendukung program GP2SP. Pemerintah Daerah berharap, upaya yang antusiasme dari PT. GPM ini dapat menjadi triger dan inspirasi bagi perusahaan lain di kabupaten Lampung Tengah, demi terujudnya misi pemerintah kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Loekman Djoyo Sumarto, yaitu mewujudkan SDM yang berkualitas dan menciptakan generasi unggul di kabupaten Lampung Tengah

​Penilaian kegiatan GP2SP ini didasari 4 fokus utamayaitu upaya Penurunan AKI/AKB sampai dengan program pemberian ASI, kesehatan reproduksi, pemberian gizi pekerjadan program pencegahan penyakit (baik yang menular maupun tidak) melalui pola penerapan PHBS dan Germas.Yang secara tidak langsung program-program kesehatan tersebut juga ikut dalam upaya mencegah terjadinya stuntingpada anak, dan mempersiapkan generasi yang unggul dan sehat.

​Demikian dan trimakasih.
Salam sehat......
Generasi Sehat ... Indonesia Unggul ... Lampung Tengah Hebat (dd)
BERITA TERBARU