Saat masuk kerja ijazah ditahan oleh Perusahaan. Apa dasar hukumnya?. - SIGERINDO.COM

Saat masuk kerja ijazah ditahan oleh Perusahaan. Apa dasar hukumnya?.

Saat masuk kerja ijazah ditahan oleh Perusahaan. Apa dasar hukumnya?.



Sigerindo Lampung Barat - Berdasarkan Undang-undang Nomor: 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, disebutkan, tidak ada alasan yang membolehkan perusahaan untuk menahan surat-surat berharga milik karyawan, termasuk ijazah.

"Kalaupun perusahaan masih nekat, itu sudah melanggar hukum". Sebut sumber media ini via sambungan selulernya di Jakarta, Selasa (04/3) kemaren.

Sebab hukum ketenagakerjaan di Indonesia, terangnya, tidak mengatur tentang penahanan ijazah. Kecuali atas adanya kesepakatan antar karyawan dan pemberi kerjaan masih terikat dalam hubungan kerja, itupun harus dituangkan dalam perjanjian kerja yang mengikat karyawan dengan perusahaan dalam hubungan kerja baik secara lisan maupun tertulis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Perusahaan " Kasih Sejahtera " Pimpinan AS, beralamat di Jalan Ratu Dibalau Nomor :18 Bandar Lampung, disinyalir telah penahan Ijazah Karyawan atas nama DK terhitung saat yang bersangkutan masuk kerja di perusahaan Kasih Sejahtera sejak 3 tahun lalu. Sampai Saat ini ijazahnya masih ditahan oleh perusahaan.

Kalau penahanan Ijazah oleh perusahaan sebagai pengikat karyawan dengan pemberi kerjaan.
mengapa disaat karyawan mendapat musibah seakan tutup mata, tidak menunjukan keperdulian terhadap karyawan?.

Sekedar mengingatkan. "Karyawan DK mengalami musibah saat dalam menjalankan kewajiban yang diberikan perusahaan, namun tidak ada sama sekali perhatian dari perusahaan". Ungkap Sumber yang minta identitasnya tidak disebutkan. (Tim)