Kadinkes OKU Selatan. Angka Kematian Akibat Covid-19 di OKU Selatan Tertinggi di Sumsel, Ini Klarifikasinya - SIGERINDO.COM

Kadinkes OKU Selatan. Angka Kematian Akibat Covid-19 di OKU Selatan Tertinggi di Sumsel, Ini Klarifikasinya

Kadinkes OKU Selatan. Angka Kematian Akibat Covid-19 di OKU Selatan Tertinggi di Sumsel, Ini Klarifikasinya


Sigerindo Oku Selatan -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, dr. Meri Astuti. M.M, didampingi Sekretaris Satgas Covid -19 OKU Selatan Dony Agusta, SKM, M.M, Di ruang kerjanya, Jum'at (11/9/2020) memberikan klarifikasi terkait beredarnya pemberitaan yang dimuat oleh salah satu Media Online dan Cetak " Angka Kematian Akibat Covid-19 di OKU Selatan Tertinggi di Sumsel".

Menurut dr., Meri Astuti, MM, data pasien di OKU Selatan yang terkonfirmasi terduga terpapar covid-19 berjumlah 5 orang. Dari 5 orang tersebut 2 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia disertai penyakit penyerta, dan 3 orang lainnya di nyatakan sembuh dan terbebas dari Covid-19.

Lebih lanjut dipaparkannya," Mengenai persentase tingkat kematian yang diungkap dalam pemberitaan sebesar 40%, bukanlah mewakili hitungan matematis dari banyaknya jumlah kematian yang diakibatkan oleh Covid-19, tapi merupakan persentase formulasi perbandingan antara jumlah kasus meninggal akibat covid-19 dibagi dengan warga yang terkonfirmasi positif", terang Meri

"Perhitungan persentase kasus kematian karena Covid 19 di OKU Selatan dihitung dengan perbandingan 2 berbanding 5 kemudian dikali 100%, sehingga merujuk pada angka satuan hasil tabulasi pendataan paparan covid-19 tersebut yang berjumlah 40%, papar dr. Meri

"Persentase 40% itu untuk wilayah OKU Selatan jika dibandingkan dengan persentase kasus kematian dengan riwayat penyakit lainnya tidak berbanding", jelas Meri.

Meri menjelaskan, peringkat kasus Covid 19 di OKU Selatan di tingkat Provinsi adalah termasuk Kabupaten dengan angka terendah untuk konfirmasi positif dalam hal penyebaran Covid-19 beserta efek yang ditimbulkan terhadap Kesehatan Masyarakat.

"Kasus tingkat kematian Covid-19 Se-Sumsel sampai Tanggal 06 September 2020, persentase Kabupaten OKU Selatan mencapai 0,043% dengan dasar perhitungan 2 orang meninggal akibat covid- 19 berbanding jumlah warga Sumsel terkonfirmasi positif," terang Meri

Untuk diketahui, sampai saat informasi ini diturunkan, Kabupaten OKU Selatan termasuk dalam Zona Kuning, yang artinya resiko sangat rendah terpapar Covid-19.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten OKU Selatan agar tetap disiplin dan tetap mematuhi protokol kesehatan demi pencegahan covid-19. "Pakai masker saat beraktivitas diluar rumah, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan menggunakan air mengalir", himbau Meri (hadirisman)