Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Bupati Aceh Selatan Tgk Amran Ajak Para Santri Berdoa Untuk Keselamatan Bangsa dan Negara


Sigerindo Aceh Selatan--Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran mengajak para santri untuk bersama-sama berdoa untuk keselamatan Bangsa dan Negara, khususnya Kabupaten Aceh Selatan agar terhindar dari bencana dan musibah, "Karena secara manusiawi kita semua tidak mampu menghadapinya. maka dengan beristighfar mohon ampunan Allah, Insya Allah bencana dan musibah tidak Allah timpakan kepada kita," katanya saat peringatan Hari Santri kę 6 dengań tema Santri sehat INDONESIA kuat.

Acara yang berlangsung Kamis (22/10/2020) bertempat di Masjid Istiqamah Tapaktuan. Peringatan hari santri 2020 secara khusus mengusung tema “santri sehat Indonesia kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta pandemi virus corona covid-19. Dzikir, doa, salawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan dan kekuatan di masa pandemi covid-19.
"Kami menghimbau seluruh santri pada khususnya dan umat Islam pada umumnya untuk memaknai lebih dalam di peringatan hari santri. Kepada para santri untuk terus dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, melaksanakan apa yang diperintahkan-nya dan menjauhi larangan-nya, itu merupakan hal yang pasti. Dengan tujuan supaya para santri dapat menjadikan jiwa-jiwa religius selain itu juga menjalin silahturahmi," katanya.


Lebih lanjut Bupati mengharapkan agar perayaan hari santri harus kita semarakkan dengan lebih meriah sebagai bentuk apresiasi kepada para santri. "Dengan demikian mudah-mudahan dengan penetapan hari santri nasional oleh pemerintah dapat menumbuhkembangkan semangat dan motivasi para santri sebagai insan yang berilmu dan berakhlakul karimah."


Kegiatan zikir dan doa bersama dalam rangka hari santri nasional dapat menambah kecintaan kita akan tanah air , muduh-mudahan dengan pemerintah menetapkan hari santri nasional dapat terus menjalin tali silaturahmi untuk negara dan bangsa agar menjadi kondusif dan janganlah diantara kita terpengaruh berita berita hoax dengan cara senantiasa selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta menjadikan perbedaan sebuah kekayaan bukan sebagai alat pemecah belah.


"Mudah-mudahan menjadi Aceh Selatan menjadi negeri yang baldatun thayyibatun warabbur ghofur, negeri yang diberkati oleh allah swt, rakyat dalam suasana adil dan makmur dapat kita capai."



Kakankemenag Rislizar Nas. S. Ag dałam kesempatan tersebut juga menjelaskan yang bahwa peringatan Hari Santri yang pertama sekali diperingati berdasarkan keputusan kepres nomor 18 tahun 2015 yang bahwa peringatan hari santri diperingati pada setiap tanggal 22 Oktober. "Alhamdulilah peringatan hari santri ini sudah berlangsung yang kę 6 diselenggarakan pada Hari ini Kamis 22/Oktober 2020. Dan dibawah Kepemimpinan Presiden RI, Ir Jokowidodo lahirlah Kepres (Keputusan Presiden) nomor 18 tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional. Dan Hari Santri Nasional yang pertama digelar atau dirayakan pada tanggal 22 Oktober 2015," terang Kakankemenag Aceh Selatan itu, sekaligus ditetapkanya setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.


Hari ini, kamis tanggal 22 Oktober 2020 adalah hari Santri Nasional yang keenam digelar oleh Bangsa Indonesia diseluruh pelosok Nusantara. "Peristiwa Hari Santri adalah momentum resolusi jihad sekaligus membuktikan bahwa Santri, Kiyai, Tengku, Ulama dan Umara mempunyai andil besar dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia," ungkap Rislizar Nas, S.Ag.


Dan juga Khusus di Propinsi Aceh ada kekhususan dalam perayaan Hari Santri Nasional dimana antara Kankemenag dan Dinas Pendidikan Dayah terlibat langsung sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan Hari Santri Nasional. Di Kabupaten Aceh Selatan, perayaan Hari Santri Nasional yang ke enam ini dilaksanakan di Mesjid Raya Istiqomah Kecamatan Tapaktuan dengan mengikuti protokol kesehatan.


Acara perayaan Hari Santri Nasional ke enam tersebut, turut dihadiri Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dan unsur Forkopimda, Ulama dan Santri juga tamu undangan lainya ( Yunardi .M.I.S)
BERITA TERBARU