Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Pembinaan Imam Hafidz Al-Qur’an Tahun 2020 Menjadi Ladang Amal Ibadah Bagi Kita Semua

Sigerindo Aceh Selatan- Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Selatan Rabu(21/10/2020) melaksanakan pembinaan Imam Hafidz Alqur'an tahun 2020 yang bertempat di Aula gedung serba guna Setdakab Aceh Selatan.

Adapun tema yang dipaparkan melalui pelatihan Imam Hafidz Al Qur'an kita tingkatkan kualitas Imam Sekabupaten Aceh Selatan tahun 2020.

Acara yang dihadiri seluruh Imam yang aktif Se Kabupaten Aceh Selatan hari ini sebagai hari pembukaan yang bertempat di gedung serba guna Setdakab Aceh Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Selatan Tgk Amran diwakili Asisten I Erwiandi S.Sos mengatakan dimana menghafal alquran memang mengandung keutamaan tersendiri, di setiap hurufnya terkandung kebaikan bagi orang membacanya.

Kemudian keutamaan lebih besar didapat mereka yang bisa menghafal Al Quran,salah satunya, jaminan masuk surga dan mahkota bagi orangtua. 

Menjadi hafidz dan hafidzah tidak mudah. tidak cukup hanya dengan hafal alquran, namun dituntut untuk menerapkan isinya dalam kehidupan nyata.

Kami berharap melalui momentum kegiatan ini mampu membimbing dan pemberdayaan imam hafiz menciptakan kader-kader imam hafiz di yang nantinya akan menjadi imam hafiz dimasjid dan menasah dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Selain itu tujuan kegiatan ini juga menumbuh kembangkan niat baca belajar al-qur’an dan menghafal al-qur’an agar bisa bertambah jumlah imam hafidz yang disetiap masjid dan mushalla. maka para ulama telah memberikan contoh teladan dan arahanya. yakni pelajarilah alquran, lalu pelajarilah adab sebelum memulai mempelajari ilmu.

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu adalah menghafal Alquran, karena dia adalah ilmu yang terpenting. bahkan para ulama tidak akan mengajarkan hadits dan fiqih kecuali bagi siapa yang telah hafal Al Quran.

Nasihat Imam Nawawi di atas menunjukkan betapa pentingnya menghafal alquran, bahkan ia adalah ilmu yang paling awal harus dimiliki para penuntut ilmu sebelum menuntut ilmu lainnya. jika seseorang sudah memiliki hafalan alquran sebelum menuntut ilmu lainnya, maka alquran akan menjadi penyaring agar ilmu yang masuk adalah ilmu yang bermanfaat dan di saat yang sama menjadi pembuka jalan dimudahkannya ilmu masuk ke dalam dada dan fikiran.

Kami berharap kegiatan pembinaan imam hafidz Al-Qur’an tahun 2020 dapat terselenggara dengan baik sehingga dapat menambah wawasan, pengetahuan juga menjadi amal shaleh disisi Allah SWT.

Kepala Dinas Syariat Islam Indra Hidayat M.Ag dalam hal ini mengatakan program ini berjalan selaam tiga bulan program imam hafidz ini di ikuti 23 peserta dari setiap kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan dengan target hafalan tiga just dan seratus buah hadist, memahami ilmu tazwit dan Qiraah serta memahami fiqih ibadah Mazab Syafii dan para peserta setiap malam Senin ada kegiatan dakwah di masjid Almakmur di gampong Lhok KeutapangTapaktuan.

Tenaga pengajar terdiri dari imam hafidz dan pimpinan pasantren yang ada didalam Kabupaten Aceh Selatan.paparnya.Yun
BERITA TERBARU