Soal Dian Karis, Risman Minta Kapolri Tegakkan Keadilan - SIGERINDO.COM

Soal Dian Karis, Risman Minta Kapolri Tegakkan Keadilan

 Soal Dian Karis, Risman Minta Kapolri Tegakkan Keadilan

Sigerindo Lampung Barat- Risman meminta Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyikapi tuntutan keluarga besar Dian Karis Bin Karlin yang meminta agar Propam Bareskrim Polri memproses pelaporan terhadap jalannya proses penyidikan atas Laporan Polisi Nomor : Pol. LP /273/K/VIII/2019/Polda Lpg/Res Lambar/Sek Sumber Jaya

Atas nama Pelapor Dian Karis Bin Karlin tentang dugaan tindak pidana penganiayaan dan pengeroyokan yang diduga dilakukan oleh BENI YANSA PUTRA (Terpidana ) yang dibantu teman-temannya DS, SHA, MH yang ditangani oleh penyidik Brigpol Eko Julianto, Supra Yogi Polri Daerah Lampung Resor Lampung Barat Sektor Sumber Jaya

Pernyataan Risman menyikapi penyidik Polda Lampung Bripka Samsul Dkk pasca laporan Kuasa Hukum Dian Karis Bin Karlin Dicky Irawan. SH ke Karowassidik (13/12/2019) dan Divisi Propam Bareskrim Polri (07/4/2020) dan sudah memeriksa Dian Karis dan Saksi Ardiansyah dan Ardini di Liwa Lampung Barat yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan mendatangi Rumah Kediaman orang tua Beni Yansa Putra di Desa Tugu Mulya, Kecamatan Kebun Tebu Tempat Kejadian Perkara (TKP)

Menurut Risman, kasus ini merupakan bukti adanya dugaan diskriminasi hukum.

Hal tersebut dikatakannya demikian, bahwa pelaku yang berjumlah 4 orang, hanya satu yang dijadikan tersangka yaitu BENI YANSA PUTRA (Pasal yang disangkakan seharusnya Pasal 170 KUHP). Pada saat pemeriksaan korban dan saksi pada Jum'at (27/8/2019) Kuasa Hukum dari YLBH Karib Jelata, Indah Maylan. SH telah meminta penyidik untuk menangkap pelaku lainnya dan merubah Pasal menjadi 170 KUHP, Kapolsek Sumber Jaya Kompol Arjon Syafri kala itu mengetahui. Namun, hal itu sampai proses hukum BENI YANSA PUTRA inkrah dengan pidana penjara selama 2 Tahun dan 10 bulan di PN Liwa Lampung Barat hal diminta tidak juga dilakukan.

Hal itu diduga disengaja dibiarkan karena salah satu dari ketiga pelaku adalah anak dari JURU MASAK yang bekerja di Rumah Dinas Bupati Lampung Barat

Oleh karena itu, Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kecamatan Buay Rawan, Kab OKU Selatan ini meminta Kapolri untuk menegakkan keadilan.

"Pak Kapolri, ini satu contoh nyata diskriminasi hukum. Ini yang membuat sebagian rakyat jadi tak percaya hukum. Dan aparat hukum tegakkanlah keadilan, karena semua akan dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat. Jangan sampai ada “pengadilan rakyat”, kata Risman di Muaradua, Senin (05/10).

Melalui kesempatan ini saya meminta Bapak Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz untuk berkenan memperhatikan dan memerintahkan anggotanya untuk segera menuntaskan masalah penanganan perkara Laporan Polisi yang disampaikan demi keadilan.(Red)