Dinas Pendidikan Aceh Selatan Gelar Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas Tingkat SMA SMK - SIGERINDO.COM

Dinas Pendidikan Aceh Selatan Gelar Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas Tingkat SMA SMK

Dinas Pendidikan  Aceh Selatan Gelar  Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas  Tingkat SMA SMK


Sigerindo, ACEH SELATAN-- Dinas Pendidikan cabang Kabupaten Aceh Selatan bekerja sama dengan Polres Aceh Selatan Sabtu (14/11/2020) mengadakan kegiatan seleksi duta pelajar kamtibmas tingkat SMA/SMK se Kabupaten Aceh Selatan. Acara digelar di Rumoh Agam Jln Nyak Adam Kamil Tapaktuan yang dihadiri Kapolres Aceh Selatan, Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan, Kasat Bimas Polres Aceh Selatan, Kakanmenag Aceh Selatan, ketua satgas covid kabupaten Aceh Selatan, Kelala Majelis Pendidikan Daerah Kab Aceh Selatan, Ketua MKPS SMA/SMK Kabupaten Aceh Selatan dan dan para undangan.

Kepala Cabang Dinas wilayah Kabupaten Aceh Selatan Drs Adi Multa dalam penyampainnya mengatakan dimana acara ini dihadiri 44 regu dan 44 jenjang sekolah SMA /SMK dalam satu regu masing masing 1 orang putri dan satu orang putra. Acara ini dilakukan berdasarkan undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional undang undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara Republik Indonesia undang undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan generasi muda atau pemuda, sura keputusan kapolri no pol 737 x 2005 tanggal 13 oktober 2005 tentang kebijakan dan strategis penerapan model perpolisian masyarakat dalam penyelenggaraan tugas polri.

Selain itu, Memorendum Of Understanding (MOU) Nomor: 421/B.2/1771/2016 dan MOU/13/VII/2016, tanggal 19 Juli 2016, antara Kepala dinas Pendidikan Aceh dengan direktur pembinaan masyaraka (DIRBINMAS) Polda Aceh tentang pelaksanaan kegiatan polisi saweu sikula, program kerjasama secara kelembagaan di bidang pendidikan. Pergub nomor 24 tahun 2018 tentang organisasi tata kerja cabang dinas pendidikan. DPA cabang dinas pendidikan wilayah Kabupaten Aceh Selatan.


Lebih lanjut Drs. Adi Multa mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memahami pentingnya pemahaman dan kesadaran peserta didik dalam program KAMTIBMAS di kalanagan siswa SMA/SMK, dan memasyarakatkan pemahaman wawasan dan 4 pilar kebangsaan negara Indonesia. "Juga membangun semangat nasionalisme dalam diri generasi bangsa sejak dini, serta membangun dan membina persahabatan antar siswa yang dapat memperkukuh persatuan bangsa, dan terpilihnya duta KAMTIBMAS Aceh tahun 2020," katanya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP ARDANTO NUGROHO SIK dalam kesempatan tersebut mengatakan agar para pelajar semakin tumbuh kesadarannya dalam ketertiban keamanan di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Pemilihan Duta Kamtibmas merupakan tindak lanjut dari kegiatan polisi saweu sikula yang selanjutnya Polda Aceh melakukan MoU dengan Disdik Aceh untuk dilaksanakan kegiatan berskala provinsi. Gagasan awal pelaksanaan duta pelajar Kamtibmas ini dimulai setelah suksesnya pelaksanaan program Saweu Sikula Polisi Berkunjung Ke Sekolah yang telah dimulai sejak 2017. (Yunardi.M.IS)