Gunakan Media Sosial, Bisnis Pakaian “Teh Cuni” Capai Omzet Rp2 juta/Hari - SIGERINDO.COM

Gunakan Media Sosial, Bisnis Pakaian “Teh Cuni” Capai Omzet Rp2 juta/Hari

Gunakan Media Sosial, Bisnis Pakaian “Teh Cuni” Capai Omzet Rp2 juta/Hari


Sigerindo, Pesawaran-Berawal dari hobi, kini Ibu Surni atau lebih dikenal dengan panggilan Teh Cuni, telah sukses dengan toko bajunya. Dengan menggunakan media sosial sebagai wadah promosinya, wanita usia 33 tahun ini yakin usahanya akan makin berkembang. Saat ini omsetnya mencapai Rp2 juta/perhari.

“Awalnya saya itu hanya hobi melihat berbagai jenis-jenis model pakaian, tapi saya mulai kepikiran untuk terjun dalam usaha menjual pakaian,” kata Teh Cuni mengawali pembicaraan saat ditanya mengenai awal mula usahanya, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, dengan bermodal uang Rp2 juta dan dukungan penuh dari keluarga, Teh Cuni berani untuk membuka jualan pakaian. Menurutnya seseorang pasti pernah mengalami jatuh bangun dalam bisnis apapun, tak terkecuali dirinya.

Baru beberapa hari jualan, barang-barang nya pun sebagian disita oleh pihak rentenir, karena untuk melunasi hutang suaminya. Tetapi hal tersebut tidak membuat Teh Cuni patah semangat. Ia pun tetap sabar dan terus semangat dalam menjalankan bisnisnya. Sampai akhirnya rentenir  yang tadi menyita barangnya pun menjadi pelanggan tetap di tokonya. Ia pun tidak merasa benci dengan apa yang sudah dilakukan oleh rentenir tersebut.

Teh Cuni juga pernah merasa tersaingi oleh tetangganya. Karena tetangganya ikut-ikut menjual barang yang sama dengan dirinya. “Ya saya pernah merasa tersaingi, karena setiap saya jualan, tetangga saya selalu mengikuti barang- barang yang saya jual” pungkasnya.

Seiring berjalannya waktu bisnisnya pun lebih dikenal masyarakat. Beberapa bulan berjualan dan uang tercukupi untuk membangun sebuah toko, Teh Cuni pun membuka sebuah toko kecil berdampingan dengan rumahnya. Tokonya pun mulai banyak pelanggan tetap. Sampai akhirnya tokonya dikenal masyarakat luas.


Setelah hampir 2 tahun berjualan, toko yang diimpikan Teh Cuni terwujud. Toko yang lebih besar daripada sebelumnya. Toko tersebut ia namakan “Toko Safira” karena terinspirasi dari nama anaknya. Menurut Teh Cuni nama anaknya membawa rezeki kepadanya.

Bisnis yang sekarang ia jalankan bisa dibilang masih baru tetapi omzet nya sudah terbilang besar. Omzet yang dia dapatkan dari bisnis pakaiannya itu sehari saja bisa sekitar Rp2 juta, bisa dihitung saja omzet-nya dalam sebulan. “Omzet saya perkiraan sehari bisa sampai Rp2 juta, tapi uang tersebut diputar lagi untuk membeli barang-barang di toko” katanya.


Hanya dengan menggunakan media sosial saja, banyak konsumen yang tertarik dengan barangnya. Karena barang-barang yang jual sangat bagus dan bahannya juga bukan abal-abal. “Saya tidak pernah menjual barang yang tidak bagus, karena dari bahan yang bagus konsumen pasti akan tertarik dan percaya kepada saya,” lanjutnya.

Teh Cuni berpesan kepada mahasiswa yang ingin berbisnis, untuk membuka bisnis harus berkerja keras, jangan mengeluh, selalu sabar menghadapi orang dan rintangan-rintangan dalam berbisnis, serta jangan dengarkan perkataan orang lain yang menjelekkan kita buktikan kalo kita pasti sukses. “Kepada mahasiswa ataupun seseorang yang ingin memulai bisnis seperti saya, pesan saya kita harus berkerja keras, selalu sabar, dan jangan dengarkan perkataan yang membuat kita putus asa”. (Zainu Rohman, Ghea Saputri, Indi Afriyani)