Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022, Gubernur Aceh Dilantik dan Diambil Sumpah - SIGERINDO.COM

Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022, Gubernur Aceh Dilantik dan Diambil Sumpah

Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022, Gubernur Aceh Dilantik dan Diambil Sumpah


Sigerindo, Banda Aceh-- Gubernur Provinsi Aceh Ir Nova Iriansyah MT, resmi diambil sumpah sekaligus dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Kamis (5/11/2020). Pelantikan dibarengi dengan prosesi peusijuk adat oleh Wali Nanggroe Aceh Paduka Malik Mahmud AlHaytar dengan menggunakan sistem protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Dalam sambutannya Gubernur Ir Nova Iriansyah MT mengatakan jika sebelumnya dirinya mengemban amanah sebagai Wakil Gubernur, maupun Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, maka mulai hari ini, diirnya resmi disumpah dan dilantik sebagai Gubernur Aceh sesuai peraturan perundang-undangan.

"Tentu saja, tanggung jawab akan semakin besar, dan Isya Allah akan saya jaga amanah ini dengan baik. Gubernur adalah Perpanjangan Tangan Pemerintah Pusat di daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Dijelaskannya, dalam diri seorang Gubernur, melekat fungsi sebagai Kepala Daerah, sekaligus Kepala Pemerintahan, sesuai amanat Konstitusi. Lebih khusus dalam konteks Pemerintahan Daerah di Aceh, Gubernur juga melaksanakan amanah Undang Undang.

Sebelumnya ketua DPRK DAHLAN JAMALUDDIN dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini sesuai keputusan Presiden KEPPRES tentang pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh.


Acara prosesi pelantikan Gubernur Aceh yang berlangsung di Gedung DPRA juga dihadiri para seluruh undangan yakni Wali Nanggroe Aceh, Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota DPR Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dan unsur Forkopimda Plus Aceh, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, Ketua KIP Aceh dan Ketua Bawaslu Aceh,Pimpinan Perguruan Tinggi di Aceh,Sekretaris Daerah Aceh, Para Asisten dan para Kepala SKPK.

Sementara di Kabupaten Aceh Selatan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, bersama Forkopimda ikut menyaksikan prosesi pelantikan Gubernur Aceh lewat video kompren yang bertempat di Ruang Media Center Gedung Serbaguna Setdakab Aceh Selatan yang juga dihadiri Kabag Humas Ramli Tanjung bersama staf, termasuk satu wartawawati dari anggota PWI Aceh Selatan DAHYATI alias ATIK CB Wartawan dari Berita Merdeka Net. (YUNARDI.M,IS)