Usaha Konter Hp dan Elektronik Pak Simin Bermodal Jujur dan Do'a - SIGERINDO.COM

Usaha Konter Hp dan Elektronik Pak Simin Bermodal Jujur dan Do'a

Usaha Konter Hp dan Elektronik Pak Simin Bermodal Jujur dan Do'a


Sigerindo, Lampung Timur--Saat ini banyak orang yang memilih membuka bisnis usaha sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Usaha konter hp dan alat elektronik merupakan salah satu dari jenis usaha yang menjadi pilihan para pebisnis, karena gadget dan kuota data menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Sehingga bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Menjadi seorang pebisnis juga merupakan suatu pilihan yang bisa memberi peluang besar dan membawa pada kemandirian dalam usaha.

Berdasarkan hal tersebut pemuda asal Templek ini membuka bisnis Konter di Desa Sribhawono. Bapak Simin, merupakan salah satu pebisnis yang bergerak dalam bidang Konter.

Sebelum Pak Simin memilih usaha menjadi pebisnis atau konter. Bapak Simin bekerja sebagai petani dan kemudian merambah menjadi pebisnis alat pertanian dan pupuk pertanian. Usaha Pak Simin dimulai dengan skala kecil, yang awalnya beliau sendiri yang menunggu konternya, hingga mempunyai karyawan.

Seiring berjalannya waktu, Pak Simin mengembangkan usaha mulai dari usaha kecil hingga menjadi konter yang besar dan memiliki tiga titik tempat toko. Usaha ini sudah berjalan selama tiga tahun. Beberapa produk brand gadget terkenal turut meramaikan jualan tokonya seperti “Realme,Oppo,Vivo dan Xiaomi”.


Di lingkungan bisnis konter, Pak Simin sudah banyak dikenal orang. Tokonyapun tidak pernah sepi pengunjung. Prinsip Pak Simin dalam menjalankan usaha pasti tak luput dari kesulitan dan hambatan. Baik kesulitan kecil maupun kendala besar.

Bahkan Pak Simin sempat ingin mengakhiri usahanya dikarenakan minder dengan konter yang lain karena sudah memulai usaha lebih awal dan sudah memiliki pelanggan. Termasuk masalah kekurangan modal yang sempat menjadi salah satu kendala. Tetapi Pak Simin tetap gigih dan terus berdoa dan berusaha serta berusaha dengan jujur. Menjaga relasi dengan supplier merupakan salah satu cara agar selalu mendapatkan barang dagangan dengan harga yang murah tanpa mengurangi kualitas barangnya.



Mengomentari soal persaingan, menurut Pak Simin itu hal yang biasa, tergantung bagaimana kita mempersiapkan diri sendiri dan jangan iri dengan pesaing bisnis. “Yang penting harus selalu melayani pelanggan dengan baik,” katanya.

Kedepan, bisnis Pak Simin akan mempersiapkan penjualan online. Bukan hanya ingin sukses di penjualan offline tapi ingin merambah kesuksesan di penjualan online dengan mempersiapkan marketplace baru. Selain itu, yang ditawarkan bukan hanya Handphone dan kuota data, juga aksesoris hp dan alat elektronik kipas angin,TV, dan lain-lain. Saat ini jumlah pegawai Pak Simin sudah mencapai 13 orang dalam satu cabang dengan omzet mencapai 20-50 juta.

Menurutnya, salah satu yang menjadi faktor kesuksesan usaha dirinya dipengaruhi oleh lokasi tempat yang strategis yang berada di pusat keramaian kota. “Alhamdulillah saat ini saya sudah mempunyai tiga toko di beberapa tempat, saya selalu bersyukur dengan dengan apa yang saya punya saat ini. Usaha dan Doa takkan pernah menghianati hasil,”katanya.

Saat ini, Pak Simin bisa dibilang pebisnis aktif di wilayah Lampung Timur khususnya di daerah Sribhawono. Menurut Pak Simin, dalam usaha apapun itu kita harus siap berani bersaing dengan pebisnis lain dengan usaha yang sama. Karena itu pebisnis harus memiliki caranya masing – masing dalan mempertahankan usahanya dengan sportif dan sehat. “Saya selalu berkomitmen untuk bersaing sehat karena saya yakin rezeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.”

Sebagai penutup, Pak Simin memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa sebagai generasi penerus. “Teruntuk mahasiswa sebagai generasi pebisnis dimasa depan, jangan pernah ragu untuk memulai sesuatu hal. Awali apapun itu dengan doa agar Allah Yang Maha Esa merestui usaha kita. Kita harus bisa mandiri. Jangan bergantung pada orang tua, jadi kita itu harus belajar,”katanya.( Albert Romeo Krisdiantoro)