Akibat Intensitas Hujan Tinggi Di Aceh Selatan Satu Unit Rumah Warga Dihajar Longsor - SIGERINDO.COM

Akibat Intensitas Hujan Tinggi Di Aceh Selatan Satu Unit Rumah Warga Dihajar Longsor

Akibat Intensitas Hujan Tinggi Di Aceh Selatan Satu Unit  Rumah Warga Dihajar  Longsor

Sigerindo Aceh Selatan- Akibat dari pada tingginya intensitas hujan di Kabupaten Aceh Selatan yang mengguyur sebagian wilayah Aceh Selatan Sejak Sabtu 19/ 12/ 2020 Sore mengakibatkan satu unit rumah warga Gampong Hilir Kecamatan Tapaktuan dihajar tanah longsor tanggul pembatas jalan Repelita.

Intensitas hujan yang begitu tinggi mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Aceh Selatan sejak Sabtu sore (19/12/2020)selain tanggul pembatas jalan longsor menimpa rumah warga di desa gampong Hilir juga badan jalan memasuki kota Tapaktuan tetap menjadi sasaran banjir akibat saluran aliran riol kecil sehingga meluapnya air hujan diatas badan jalan negara baik di kawasan galon pom bensin Gampong Hilir dan gampong Lhok Keutapang.

Satu rumah berkontruksi semi permanen milik Abdul Munir (65) warga gampong Hilir Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan sebagian dinding rumahnya tertimbun tanah longsor akibat begitu deras guyuran hujan pada hari Sabtu pukul 18 Wib.

Ambruknya tanggul pembatas jalan gunung Repelita yang berada di dekat terminal Tapaktuan itu menurut amatan Sigerindo.com tampak beton yang sudah bertahan bertahun tahun lamanya sekarang mulai dikikis air hujan sehingga mengakibatkan satu rumah warga yang berada di gampong Hilir menjadi sasaran dan dengan kondisi bagian dapur rusak parah akibat di terjang material longsor dari lereng pergunungan yang berada di atas rumah.

Dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun bagian belakang rumah mengalami kerusakan yang cukup parah bagian dinding belakang rumah jebol sehingga semua meterial longsor masuk kedalam rumah.

Pemilik rumah Abdul Munir mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 18 wib di saat hujan lebat yang mengguyur wilayah Tapaktuan tiba-tiba ada suara dentuman keras sehingga semua keluarga berlarian keluar rumah.

Pemilik rumah yang mengalami musibah yang tiba tiba menimpa atas dirinya bersama keluarga mengaku semua barang barang perabot dan alat rumah tangga ikut tertimbul material longsor sehingga juga mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Geucik gampong Hilir Taslim WS mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BPBD, Polsek dan Koramil, mereka sudah melakukan pembersihan semalam dan pihak BPBD sudah menurunkan alat berat ke lokasi kejadian bencana alam..

Untuk hari ini pihak BPBD dan masyarakat sekitar akan melakukan pembersihan kembali,namun untuk kerugian yang di alami akibat longsor ini belum di ketahui diperkirakan sementara mencapai ratusan juta rupiah

Kadis Sosial Jubir Efendi melalui Kabid Linjamsos Drs, Juprisal yang dihubungi Sigerindo.com mengatakan hal kejadian malam atas bencana alam yang terjadi Sabtu sore dimana atas musibah yang menimpa lima kepala keluarga Gampong Hilir Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan pada hari Sabtu (19/12/2020) sore pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Sosial Minggu (20/12/2020) kemaren pagi langsung melakukan menyalurkan bantuan masa panic yaitu, berupa beras, Mie instan, sarden, saus, kain sarung sajadah, mukena kasur dan minyak goreng.Air mineral, alat pelengkapan dapur, dan momom,atau roti biscuit serta kecap,

Namun bantuan masa panik ini janganlah dilihat dari segi banyaknya, namun lihatlah dari pada kepedulian dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.tutupnya. (Yunardi.M,IS)