Gubernur Lampung: Alumni IPB Harus Mengambil Peran dalam Pembangunan Pertanian Lampung menuju Lampung Berjaya - SIGERINDO.COM

Gubernur Lampung: Alumni IPB Harus Mengambil Peran dalam Pembangunan Pertanian Lampung menuju Lampung Berjaya

Gubernur Lampung: Alumni IPB Harus Mengambil Peran dalam Pembangunan Pertanian Lampung menuju Lampung Berjaya


Sigerindo, Bandar Lampung- Alumni IPB harus mengambil peran bersama mengelola sektor pertanian di Provinsi Lampung. Sebab Provinsi Lampung memiliki potensi di sektor pertanian yang besar menuju Lampung Berjaya.

“Semoga Alumni IPB terus berkarya dan mampu bersinergi mendukung pembangunan di Provinsi Lampung menuju Lampung Berjaya. Provinsi Lampung memiliki potensi sektor pertanian yang besar. Jika dikelola dengan baik, maka akan bisa mewujudkan kejayaan di Provinsi Lampung, dan alumni IPB harus mengambil peran bersama mengelola sektor pertanian di provinsi Lampung,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaedy dalam sambutannya yang disampaikan melalui rekaman video pada acara pelantikan DPD HA-IPB Lampung, Senin (21/12).


Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim via zoom yang mengatakan agar anggota HA IPB Lampung dapat membangun pertanian Lampung menuju Lampung Berjaya.

Selain ucapan selamat yang disampaikan Gubernur Lampung, dan Wakil Gubernur Lampung, ucapan selamat juga disampaikan Rektor IPB Prof Arif Satria, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si, Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) Prof. Yusuf Barusman, Direktur Polinela, Anggota FPKS DPR RI Ir. H.A. Junaidi Auly, dan organisasi alumni yang ada di Lampung antara lain dari Iluni UI Lampung, DPD IKA Undip Lampung, Kagama Lampung dan IKA Unpad Lampung.

Ketua HA IPB Lampung Agus Wahyudi dalam sambutannya meminta dukungan semua pengurus termasuk dewan pembina, dewan pengawas dan lainnya. Dikatakannnya susunan pengurus DPD HA-IPB saat ini sekitar 60% pengurus berada dibawah usia 30 tahun atau usia milenal. “Insyaaallah saya bisa menyatukan potensi-potensi yang ada di organisasi ini,” katanya.


Program kerja yang disampaikan Agus Wahyudi antara lain mengoptimalkan teknologi internet, membangun jiwa enterpreuner, dan menciptakan pekerjaan di bidang pertanian. ”Tak lupa saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran wakil gubernur Lampung dan Kepala BPP Lampung, dan seluruh panitia yang mensupport terlaksananya acara pelantikan ini,” katanya.

Naskah pengukuhan dibacakan Sekretaris Jendral Walneg S. Jas, diikuti dengan pembacaan janji pengurus, penandatangan berita acara, dan penyerahan bendara pataka secara online. Pelantikan dilakukan berdasarkan SURAT KEPUTUSAN NOMOR: 57/SK/DPP HA IPB/XII/2020 Tentang PENGANGKATAN DEWAN PENGURUS DAERAH HIMPUNAN ALUMNI IPB LAMPUNG (DPD HA IPB LAMPUNG) Periode 2020-2024 yang ditandatangani Dewan Pengurus Pusat HA-IPB Ketua Umum R. Fathan Kamil, dan Sekretaris Jendral Walneg S. Jas.

Ketua Badan Pengurus Harian Agus Wahyudi, didampingi Ketua Dewan Pengawas Sugeng P Hariyanto, Ketua Dewan Pembina Sutono, Ketua Dewan Pertimbangan Fauzi Toha, dan Ketua Dewan Pakar Bustanul Arifin.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelantikan dilakukan secara offline dan online. Pelantikan secara offline dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan di Aula BPP Lampung, termasuk melakukan rapid test bagi peserta yang hadir. Acara ini juga menggelar bazar produk UMKM anggota HA-IPB sekaligus melakukan penandatangan MoU DPD HA-IPB Lampung dengan BPP Lampung. Sedangkan secara online , acara pelantikan dapat diikuti melalui zoom meeting https://bit.ly/PelantikanHA-IPBLPG (meeting ID: 5307300741, Passcode: pelantikan).

Pelantikan pengurus diikuti sejumlah alumni IPB Lampung dari berbagai profesi. Pegawai negeri/ aparatur sipil Negara (ASN) sebanyak 34,8%, akademisi/dosen sebanyak 24,6%, pengusaha dan swasta 30% dan lainnya. “Secara persentase usia, kepengurusan DPD HA-IPB periode 2020-2024 mayoritas diisi kaum millenial sebanyak 60%,” kata Ir. Agus Wahyudi saat memimpin rapat koordinasi panitia melalui zoom, beberapa waktu lalu.

Sedangkan total anggota kepengurusan DPD HA IPB Periode 2020-2024 sebanyak 99 anggota terdiri dari empat wakil Sekretaris (Internal dan database, Sosial, Bisnis, Riset & Profesi), dengan 10 Bidang, yakni:

1.Bidang Pengembangan Organisasi, Database dan Kesekretariatan (Ketua: Pipi Puspita Sari)

2. Bidang Komunikasi, Publikasi dan Sistem Informasi Alumni (Ketua : Zulvina Ratnasari)

3. Bidang Pengembangan Hubungan & Pengabdian Almamater (Ketua: Hasan Basri)

4. Bidang Pengembangan Kemitraan Lembaga Pemerintah, BUMN & NGO (Ketua: Adia Nugraha)

5. Bidang Pengembangan Kewirausahaan Alumni & Kemitraan Usaha dengan Almamater (Ketua: Cepi Mangkubuni)

6. Bidang Pendampingan Profesi & Akses Dunia Kerja Alumni (Ketua: Surman Yusman)

7. Bidang Penguatan Jaringan & Eksistensi Alumni (Ketua: Kasman)

8. Bidang Pengembangan Hubungan Lembaga Non Pemerintahaan, dan Alumni Lintas Kampus (Ketua: Budi Satria)

9. Bidang Kajian Strategis & Advokasi Pengembangan Pertanian Indonesia (Ketua: Hanung Ismono)

10. Bidang Sosial, Kemasyarakatan & Advokasi Hukum Alumni (Ketua: Lela Nurlaela)



Dengan mengusung tema “Meningkatkan Korsa IPB Mewujudkan Cita-Cita Almamater untuk Lampung Berjaya”, program kerja yang akan dilakukan berupa program jangka pendek dan jangka panjang termasuk mengaktifkan kembali koperasi Dramaga Lestari HA IPB DPD Lampung. (umb)