Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Gunakan Digital Marketing, Toko Fashion “Uniqfame” Terkenal Hingga Luar Lampung


Sigerindo, Bandarlampung– Rara Riski Novita ibu rumah tangga ini mulai membuka usahanya sejak 2 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2018. Wanita kelahiran Panjang, 14 November 1997, membuka usaha di rumahnya Jalan Nusantara Perum Pujangga Alam Garden no 01. Bandar Lampung yang bergerak di bidang fashion.

Dengan menggunakan konsep digital marketing, toko online “ Uniqfame” menjual berbagai jenis kebutuhan wanita seperti tas, sepatu, dan baju. Meski baru 2 tahun, usaha Kak Rara demikian panggilan akrabnya telah diketahui oleh masyarakat di luar Lampung, seperti daerah Bandung, Tasikmalaya, Bogor dan Tanggerang.


Menurut Kak Rara, inspirasi usaha yang dimilikinya berkat dirinya mengikuti perkembangan zaman yang sedang trending. Sedangkan alasan mengapa dirinya bergerak di bidang fashion karena bisnis fashion merupakan salah satu kebutuhan utama di masyarakat terutama bagi kaum hawa.

Berawal dari ibu rumah tangga pada umumnya--yang mengurus suami dan anak—usaha yang digelutinya tidak terlepas dari proses jatuh bangun, mulai dari usahanya tidak dikenal orang, tidak laku, barang-barang tertumpuk di gudang, dan susah dalam memasarkan produk. Namun berkat kegigihan dan tekadnya yang tak kenal putus asa, timbul pikirannya untuk memasarkan produk ke teman-temannya sendiri dan menggunakan media social sebagai alat promosi dan pemasarannya seperti instagram, facebook dan lainnya. Termasuk menggunakan jasa influencer dan memberikan tip ke influencer itu, hingga akhirnya di kenallah produk Uniqfame hingga ke luar Lampung.

Soal persaingan produk, diakui Kak Rara, cukup ketat. Sebab banyak produk sejenis dengan brand-brand yang lebih bagus dan terkenal. Namun dirinya yakin produk milik tokonya Uniqfame tak kalah bersaing baik dari segi harga maupun kualitasnya. Sedangkan soal pengelolaan SDM, lanjut Kak Rara, dirinya lebih mengutamakan prinsip kekeluargaan. Bahkan dirinya mengajarkan agar karyawannya dapat berkembang membuka usaha seperti yang dia lakukan.

“Gimana caranya tetap bertahan dan berkembang dengan usaha yang tetap kokoh, sekuat mungkin. Saya yakin dengan gaya kepemimpinan menjadi leader yang baik, tidak hanya memimpin juga mengajarkan para pegawai untuk menjadi pengusaha,” katanya.

Dijelaskan Kak Rara, modal awal usaha yang dijalankannya sebesar Rp5 juta. “Untuk omzet atau pendapatan awal hanya sebesar Rp1 juta, namun sekarang Alhamdulillah omzet perbulan telah mencapai Rp5 juta ke atas,” katanya.

Prinsip Kak Rara dalam berusaha tak lepas dari prinsip ekonomi yakni bagaimana caranya memiliki modal yang minim, hasilnya yang besar dan barang-barang yang bagus, katanya.

Sedangkan untuk digital marketing, dirinya sangat yakin bahwa digital marketing sangat berpengaruh dan penting, karena dengan digital marketing membantu dalam memasarkan produk-produknya agar dikenal di masyarakat luas. “Jika tidak memakai digital marketing akan sulit untuk memasarkan produk usaha yang dijalani,” katanya.


Khusus untuk perkembangan usahanya, Kak Rara menjalankanya dengan prinsip pelan-pelan dengan minim pengeluaran. “Jangan dulu beli stock banyak, buka open order agar barang yang dimiliki habis terjual dan tidak menumpuk di gudang. Juga mengutamakan service konsumen dan harga yang terjangkau,” katanya. Hal inilah yang membuat produk “Uniqfame” dikenal oleh masyarakat, lanjutnya.

Kepada calon pengusaha dan generasi penerus, tak lupa Kak Rara berpesan sebagai pengusaha yang penting memiliki semangat berusaha dulu. “Dan yakinlah, dengan tekad dan semangat yang kuat, Insya Allah usaha kita akan berkembang,” katanya.( Havi Selvi Meiriant, Diyah Zulfa Riana, David Prayoga)
BERITA TERBARU