Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari Dieksekusi ke Lapas Perempuan Tangerang

Sigerindo Jakarta - Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus) resmi mengeksekusi mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan dan Anak Kelas IIB Tangerang, Senin (2/8/2021). Pinangki merupakan terpidana kasus korupsi yang melibatkan Djoko Tjandra di Mahkamah Agung (MA).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakpus, Riono Budi Santoso mengatakan, eksekusi dilaksanakan siang tadi. "Benar, sudah dilimpahkan pukul 14.00 WIB," ujar Riono di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Pinangki divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta 10 tahun penjara terkait kasus pengurusan fatwa bebas untuk terpidana kasus Cassie Bank Bali Djoko Tjandra di Mahkamah Agung (MA).

Pinangki terbukti menerima uang senilai USD 500.000 dari sebesar USD 1.000.000 yang dijanjikan Djoko Soegiarto Tjandra. Uang tersebut digunakan untuk mengurus fatwa MA melalui Kejaksaan Agung (Kejagung).

Seperti diketahui, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendapatkan temuan bahwa mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) tersebut masih menghuni Rumah tahanan Kejaksaan Agung dan belum dieksekusi untuk putusan 4 tahun penjara yang semula divonis 10 tahun penjara

Kasus ini menjadi sorotan di media dan sempat dibahas di Komisi III DPRRI. Wakil Ketua Umum PPP Asrul Sani yang juga anggota DPRRI menyatakan, ada yang akan berkomukasi dengan pimpinan Kejaksaan Agung soal Pinangki untuk jadikan atensi.

"Jangan sampai ada anggapan di masyarakat bahwa pejabat Kejaksaan Agung tidak segera mengeksekusi karena ada semangat jiwa korsa yang keliru", kata Asrul Sani.
BERITA TERBARU