Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Kejar Herd Immunity, Nanang Pinta Satgas Genjot Vaksinasi di Lamsel

Sigerindo Kalianda– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta kepada seluruh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan agar lebih serius dalam menangani persoalan vaksinasi bagi masyarakat umum maupun lansia di wilayahnya.

Hal itu disampaikan Nanang pada rapat koordinasi Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, Selasa (26/10/2021).

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna mencapai herd immunity capaian vaksinasi pada suatu wilayah harus mencapai 70 persen.

Menurut Nanang, apabila herd immunity di Kabupaten Lampung Selatan telah tercapai, pertumbuhan ekonomi perlahan akan kembali tumbuh. Hal tersebut seiring dengan kembali normalnya pergerakan pada masyarakat.

“Walaupun saat ini Lampung Selatan bisa mempertahankan level 2, kita harus terus agar mencapai 100 persen. Untuk mencapai itu, dubutuhkan tim yang tetap solid, tetap kerja untuk mengatasi persoalan bangsa ini. Ini persoalan besar, karena berkaitan dengan peetumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Oleh karena itu kata Nanang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat umum usia 12 tahun hingga 59 tahun dan lansia usia 60 tahun keatas.

Dimana hingga saat ini, vaksinasi di Lampung Selatan bagi masyarakat umum untuk dosis pertama baru mencapai 58,79 persen dan dosis kedua 15,32 persen. Sedangkan, untuk lansia dosis pertama sebanyak 41,69 persen dan dosis kedua sebanyak 7,31 persen.

“Untuk mencapai 70 persen (herd immunity), kita masih kekurangan. Karena masih banyak masyarakat yang belum divaksin. Nah tadi, ketika situasi seperti ini, masyarakat sudah menginginkan suatu kegiatan-kegiatan normal,” kata Nanang.

Kekurangan capaian vaksinasi itu, lanjut Nanang, menjadi tanggungjawab dari seluruh stakeholder terkait, terutama dalam menyosialiasikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum.

Kemudian, untuk mencapai target herd immunity diperlukan kesadaran dari masing-masing individu akan pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kuncinya ada dikita semua, untuk menyosialisasikan hal-hal ini. Karena ini tanggungjawab kita. Seandainya capaian vaksin ini tidak bisa kita atasi, yang rugi kita juga. Melambatnya aktivitas kita,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniansyah mengatakan, bahwa timnya menargetkan pada bulan November 2021 mendatang Lampung Selatan berada pada PPKM level 1 dari Level 2 saat ini.

“Level 1 itu syaratnya adalah 70 persen untuk dosis satu dan 60 persen untuk lansia. Saya optimis bisa tercapai pada bulan November ini dengan catatan vaksin tersedia,” katanya.

Namun demikian, Joniansyah mengaku masih merasa terkendala pada vaksinasi untuk lansia. Oleh karena itu, dirinya meminta agar para camat turut membantu mengumpulkan lansia di wilayahnya untuk dilakukan divaksinasi.

“Pengalaman kita ini kemarin lansia sangat sulit, kita sudah laksanakan dengan segala hal. Kita juga sudah door to door, memang banyak hal terkait dengan lansia ini yang menjadi hambatan kita,” tutupnya. (Nz/kmf)
BERITA TERBARU