Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Bukit Selabu Adakan dzikir Dan Musyawarah Di Malam Pergantian Tahun.


Sigerindo. Muba - Bukit Selabu 29 Desember 2018 Pukul 19:30 Wib Nampak Tokoh Masyarakat Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta BPD dan perangkat Desa berkumpul di Ruang Kantor Kepala Desa Bukit selabu.

"Malam ini kami akan mengadakan Musyawarah tentang Pelaksanaan Kegiatan Dzikir dan Do'a bersama" kata Husni salah seorang Perwakilan Tokoh Masyarakat.

Berdasarkan pantauan awak media memang benar Pemerintah Desa Bukit Selabu melakukan Musyawarah mengenai Pelaksanaan kegiatan Dzikir dan Do'a bersama di malam pergantian tahun. Musyawarah ini di laksanakan di ruang Kantor Kepala Desa . Menurut Kepala Desa Musyawarah ini sangat penting karena yang akan di ambil kesepakatan adalah Tempat Pelaksanaan, Waktu Pelaksanaan dan mekanisme pelaksanaan, dan juga Musyawarah ini juga sangat penting sebab mengingat masyarakat di Desa Bukit Selabu menganut tiga Agama yaitu Islam Kristen dan Hindu. Lebih pentingnya lagi adalah kegiatan ini merupakan Instruksi dari Bupati Kabupaten Musi Banyuasin yang diteruskan ke semua Camat di semua kecamatan lalu di teruskan ke Pemerintah Desa.

Hal yang menarik dalam musyawarah ini adalah kesepakatan bahwa semua pemeluk masing masing agama akan mengindahkan instruksi tersebut, Ummat Muslim akan melakukan Dzikir dan Do'a bersama yang di pusatkan di Masjid Jami' Al-Akbar Dusun III Desa Bukit Selabu, bagi Umat Muslim yang tidak berhalangan tetap wajib hadir sedangkan Ummat Hindu dan kristen akan menggelar kegiatan yang senada dengan itu ditempat ibadah masing2, disepakati juga bahwa Masyarakat tidak melakukan hal yang besifat hura hura dalam menyambut pergantian tahun baik membunyikan Mercon atau Kembang api apa lagi dengan Musik disertai minum minuman alkohol.

Kesepakatan berikunya adalah Bahwa dana untuk kegiatan ini digalang dari sumbangan semua elemen Masyarakat, dimana Karang Taruna bersama semua Ketua RT akan melakukan pengumpulan sumbangan daru Masyarakat dengan cara mendatangi kerumah-rumah .
" Sesungguhnya masalah dana untuk kegiatan ini InsyaAllah akan cukup dengan hanya ditanggung oleh beberapa orang Dermawan di Desa ini, kami yakin betul akan hal itu karena selama ini sudah terbukti para Dermawan selalu siap ber-Fastabikul khoirot." kata Agus salim Kepala Desa Bukit Selabu selepas acara Musyawarah.
"Namun kami ingin kegiatan yang berupa ibadah ini kembali melibatkan semua unsur masyarakat maka penarikan sumbangan dilakukan, walaupun Rp.5000.00 sumbangan dari masyarakat itu akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT, toh selama ini penarikan sumbangan memang sudah sering dilakukan bahkan ketika salah satu warga kami mendapat Cobaan Musibah dan dipandang perlu bantuan dana, kawan - kawan Karang Taruna bersama RT selalu dilini terdepan untuk menggalang dana ." Tambah Agus salim .
"Apapun itu kalau memang merupakan program yang baik dalam rangka membangun mental spritual msyarakat kami Ummat Hindu akan selalu mendukung, tinggal kordinasikan saja" Sagung tokoh adat Hindu turut menambahkan.
Kegiatan Dzikir dan Do'a bersama ini dilakukan serentak di semua Desa dan Kelurahan dalam Kabupaten Musi Banyuasin dengan cara dan konsep yang berbeda namun tujuan yang sama yaitu wujud haturan Syukur kepada Sang Kholik atas nikmat yang telah diterima pada tahun 2018 dan doa terbaik untuk tahun 2019 serta sebagai ungkapan bela sungkawa teriring doa bagi Bangsa yang dalam kurun waktu satu tahun terahir banyak di timpa ujian.(iwan)
BERITA TERBARU