Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemkab Musi Banyuasin dapatkan aplikasi SIKD Versi terbaru dari ANRI


Sigerindo. Jakarta - Kunjungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ke Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda. Kabupaten Musi Banyuasin H.Ibnu Saad, S.Sos.,M.Si. kemarin diterima Widarno, SH.MH. Kepala Pusat Data dan Informasi ANRI selasa 22/10/2019

Dalam pertemuan tersebut terungkap rencana usulan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin yang akan menerapkan pengelolaan kearsipan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis ( SIKD ) ANRI. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, ANRI mendapat amanat untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Arsip Dinamis yang efektif dan efisien melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi diantaranya pengembangan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada seluruh Lembaga Kearsipan.
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
pada bulan April 2018 lalu oleh Bupati Musi Banyuasin H.Dodi Reza Alex yang juga saat itu dihadiri DR.Mustari Irawan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, telah mencanangkan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA) di Kabupaten Musi Banyuasin, Komitmen ini terus ditindaklanjuti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Muba untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Bidang Kearsipan.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sepertinya sangat serius dan komitmen dalam menangani pengelolaan arsip, dalam pertemuan tersebut H. Ibnu Sa'ad mengatakan, saya ditugaskan Bupati Musi Banyuasin bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin berkoordinasi untuk pengembangan pengelolaan kearsipan, khususnya rencana penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Kabupaten Musi Banyuasin,
Diawal November 2019 yang akan datang, kita akan melakukan pencanangan dan pelatihan tanda dimulainya penerapan aplikasi SIKD terhadap seluruh perangkat daerah di Kabupaten Musi Banyuasin.

Widarno SH.MH Kepala Pusat Data dan Informasi ANRI, menyambut baik semangat dari Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin untuk pembinaan dan pengembangan pengelolaan bidang kearsipan. Widarno mengatakan, kami akan melakukan pendampingan untuk implementasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis, di awal november ini tim ahli TIK dan Sistem Informasi ANRI akan datang ke kabupaten Musi Banyuasin secara teknis akan menjadi narasumber untuk penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) ini, ujarnya. (iwan)
BERITA TERBARU