Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bupati Banyuasin Askolani Salurkan Bantuan Untuk Anak Yatim Piatu dan Lansia Tidak Mampu 21 Kecamatan

Sigerindo Banyuasin - H. Askolani, SH., MH Bupati Kabupaten Banyuasin menyerahkan bantuan sosial berupa Beras 5 ton, Mie Instan 981 Dus dan Telor 5,5 Ton untuk anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia yang tidak mampu di 21 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung kepada perwakilan masing-masing Kecamatan di Gedung Graha Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin, Rabu 22/4/2020 tersebut

Bupati Kabupaten Banyuasin H. Askolani mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bantuan untuk meringankan beban masyarakat khususnya anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia tidak mampu yang terdampak covid 19. Bantuan tersebut hasil kumpulan bantuan dari 16 perusahaan yang berusaha di Kabupaten Banyuasin. Dan hari ini juga akan ada bantuan lagi dari beberapa perusahaan lainnya ujar nya

Bantuan dari perusahaan yang kita bagikan ini berupa Beras 5 ton, Mie Instan 981 Dus
Telor 5,5 Ton. Dan bantuan ini kita khususkan untuk membantu anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia yang tidak mampu di 21 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin, “katanya.

Lebih lanjut Askolani menjelaskan mungkin ada yang bertanya, kapan bantuan sosial dari Pemkab Banyuasin? Dijelaskan Bupati Askolani bahwa bantuan sosial dampak covid 19 dalam waktu dekat ini akan baru distribusikan bukan berupa sembako namun Bantuan Langsung Tunai (BLT). Saat ini tengah dalam tahap verifikasi dan validasi data rumah tangga yang akan menerima bantuan tersebut.

“Bantuan akan di transfer ke rekening masing-masing masyarakat, jadi bukan dalam bentuk sembako. Opsi ini dipilih untuk mempermudah pendistribusian sehinga tidak terjadi kerumunan massa untuk mencegah penyebaran virus covid19, atau terjadi keributan seperti di beberapa daerah tukasnya

Berikut nama-nama perusahaan yang memberi bantuan, berupa telor dari PT Aguan Pulau Harapan, PT SIP Langkan, Asosiasi Peternak Banyuasin, Mie Instan dari PT Sriwijaya Alam Segar, PT Banyuasin Nusantara Sejahtera, PT Sumber Beton Pelangi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Beras bantuan dari Kagama, PT Buyung, PT Banyuasin Nusantara Sejahtera, PT Sumber Beton Pelangi, PT Gasing Sawit, PT Pertani dan PT Agri Makmur Pertiwi. Sedangkan Minyak bantuan dari PT Garis Sawit Agasi dan PT Agri Makmur Pertiwi.

Bantuan ini terangnya akan di distribusikan oleh pihak Kecamatan bersama unsur tripika , dengan rincian 500 kilogram beras akan didistribusikan untuk 10 Kecamatan yang bukan penghasil beras yakni Rantau Bayur, Betung, Suak Tapeh, Banyuasin III, Sembawa, Talang Kelapa, Banyuasin I, Air Kumbang, Rambutan dan Banyuasin II.

Sedangkan mie instan 81 Dus dan Telor 500 Kg akan dibagikan ke 11 kecamatan penghasil beras. Ke 11 kecamatan tersebut Kec Pulau Rimau, Kec Selat Penuguan, Kec Tungkal Ilir, Kec Tanjung Lago, Kec Muara Padang, Kec Muara Sugihan, Kec Makarti jaya, Kec Karang Agung Ilir, Kec Air Saleh, Kec Muara Telang dan Kec Sumber Marga Telang tersebut

“Kalau semua bergotong royong, insyaallah persoalan dampak covid termasuk pencegahan penyebarannya bisa kita atasi secara bersama-sama, “tegasnya.

Pihaknya Pemkab sudah menggandeng Bank Sumsel Babel dan BRI untuk mentransfer bantuan tunai tersebut. “Mungkin ada yang bertanya rekening bank banyak yang tidak punya. Jadi pada saat pendataan rumah tangga penerima sudah dimintai KTP, KK dan nama orang tua perempuan. Ini untuk membuat rekening si penerima dan mereka tidak perlu datang ke bank, karena semuanya sudah dipermudah oleh pihak bank. Termasuk proses pencairan mereka cukup tunggu di desa, petugas bank yang akan datang atau menggunakan BRI link yang ada di warung-warung yang ada di Desa,” tutupnya.

Nampak hadir, Wabup H Slamet, Ketua DPRD Irian Setiawan dan Wakil Sukardi dan Noor Ismatudin, Kapolres AKBP Danny Sianipar, Kajari M Jefri SH, Dandim 0430, Sekda H Senen Har dan Kadis Sosial Alamsyah Rianda (Derry)
BERITA TERBARU