Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masyarakat Berperan Penting Dalam Mengelola ADD


Sigerindo Muratara - Kepala Desa (Kades) Terusan, Kecamatan Karang Jaya, Irsan menggelar sosialisasi penggunaan Dana Desa (DD) kepada seluruh masyarakat desa yang ia pimpin. Sosialisasi ini, mengundang narasumber dari Inspektorat, Romsul Panani, Kepala DPMD-P3A, Firdaus dan Camat Karang Jaya, Alwadi Syaid.

"Kita mengangkat tema 'Peran Aktif Masyarakat Dalam Pembangunan Dana Desa Yang Tepat Sasaran serta Percepatan Pembangunan dan Peningkatan Ekonomi Desa Terusan," ungkap Kades Terusan, Irsan, Kamis (27/7).

Ia menjelaskan, adanya kegiatan sosialisasi penggunaan DD dan melibatkan masyarakat desa, dapat memberikan dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam percepatan pembangunan untuk kemajuan desa.

"Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan pada era globalisasi seperti saat ini, semakin memiliki nilai strategis untuk pembangunan," kata dia.

Ia berharap, akan memunculkan pemikiran-pemikiran, ide-ide serta gagasan yang inovatif, kreatif dan berwawasan kedepan bagi kemajuan desa. Ini juga, sesuai dengan dasar pengunaan umum ADD dan DD yang harus ada keterlibatan  peran masyarakat dalam percepatan pembangunan di desa, agar sesuai dan tepat sasaran. 

"Sehingga kedepan, diharapkan desa kita dapat berkembang lebih baik, lebih maju dalam bidang pembangunan dan perekonomian masyarakat desa," jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Inpektorat Muratara, Romsul Panani mengaku, dalam penggunaan DD memang ada saatnya masyarakat desa, pemerintah desa dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) duduk bersama, seperti yang dilakukan pada sosialisasi ini.

"Sebab DD ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dikirim ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Muratara melalui rekening Bendaraha daerah. Lalu, diteruskan hingga rancangan desa dan dievaluasi serta dikembalikan ke desa untuk ditetapkan sehingga menjadi APB-Des. Diharapkan, dalam penggunaannya harus melibatkan peran aktif masyarakat, karena uang tersebut merupakan uang rakyat dikelola untuk kepentingan masyarakat," ungkapnya.
BERITA TERBARU