Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beni: Disagregasi PMTB Sukses, Ekonomi Muba Lebih Baik


  • Sigerindo Sekayu - Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi membuka secara langsung rapat koordinasi penyusunan disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tahun 2018, yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Muba di Hotel Ranggonang Sekayu, Kamis (3/5/2018).


Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Muba menghimbau kepada seluruh stake holder, perusahaan swasta, BUMD, perangkat daerah, dan rumah tangga untuk mensukseskan survei penyusunan disagregasi PMTB 2018 yang akan dilakukan BPS Muba pada bulan April hingga Juni 2018 mendatang.

"Ditengah Muba yang sedang bergerak terus ini, memang kita butuhkan data yang lengkap dan terinci, untuk itu kami menghimbau agar sukseskan kegiatan ini berikan data yang sebenar-benarnya," ujar Beni.

Penyusunan PMTB ini, menurut Beni sangat penting karena investasi khususnya investasi fisik merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

"Investasi akan mudah dilayani apabila dilengkapi dengan data-data yang terinci," imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPS Muba Nazarudin Latif mengatakan survei dimaksudkan untuk menghasilkan matriks PMTB yang menggambarkan nilai PMTB pada satu lapangan usaha atau institusi menurut jenis barang modal selama beberapa periode tertentu. Kemudian sebagai variabel utama penghitungan stok kapital dan penyusutan yang merupakan variabel untuk menghitung efisiensi dan efiktivitas suatu perekonomian.

"Tujuannya agar memperoleh data populasi beberapa jenis komoditas yang menjadi PMTB menurut wilayah, memperoleh data indikator untuk menunjang perhitungan PMTB bangunan menurut jenisnya, data pemerintah yang bersumber dari APBD atau APBN menurut jenis barang, memperoleh indikator untuk perhitungan usai pakai menurut jenis dan industri, dan menjadi sumber data untuk perhitugan kapital," ungkapnya. (Iwan)
BERITA TERBARU