Paryono, Pengusaha Showroom Motor Sukses di Lampung Selatan “ Ciptakan Usahamu, mau Sekecil apa pun Tetap Jalani” - SIGERINDO.COM

Paryono, Pengusaha Showroom Motor Sukses di Lampung Selatan “ Ciptakan Usahamu, mau Sekecil apa pun Tetap Jalani”

Paryono, Pengusaha Showroom Motor Sukses di Lampung Selatan  “ Ciptakan Usahamu, mau Sekecil apa pun Tetap Jalani”


Sigerindo, Lampung Selatan--Keuntungan yang menjanjikan dalam berbisnis, membuat banyak orang turut mengambil peran dalam memulai bisnisnya. Berbisnis tidak serta merta langsung menuju pada sebuah keberhasilan dan keuntungan. Dalam berbisnis ataupun berwirausaha tentu pelaku bisnis akan menjumpai proses awal dalam merintis sebuah usaha. Baik itu kegagalan berupa jatuh bangun dalam berwirausaha.
Di Lampung Selatan, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Palas, seorang pelaku usaha yang bernama Paryono, tengah menjalankan bisnisnya di bidang jual beli motor telah mampu membawa perubahan bagi keluarganya. Ya, usaha yang dirintis sejak tahun 2010 itu telah berkembang hingga sekarang. Paryono merupakan salah satu penggiat usaha. Sebelum ia memulai usaha, dia adalah seorang karyawan di salah satu pabrik. Paryono bekerja sebagai buruh. Tidak ingin terus-terusan terjebak dalam kondisi sebagai karyawan, bapak Paryono dan isteri memulai usaha baru dengan menggunakan modal yang sedikit dari tabungannya. Sebelum memulai usaha showroom motor, beliau membuka usaha industri rumahan dengan mengolah pisang menjadi keripik yang laku di pasaran. Usahanya yang dirintisnya itu berkembang sesuai kurun waktu, hingga yang semula hanya memiliki dua karyawan, berubah menjadi sepuluh karyawan. Usahanya ini membuat lapangan pekerjaan baru untuk tetangga di sekitarnya.
Kala itu, Paryono telah mencapai masa keberhasilannya, pesanan semakin meningkat. Namun, sayangnya sulitnya mencari bahan utama yaitu pisang waktu itu, membuat Paryono tidak melanjutkan usaha yang telah berhasil itu. Paryono berpikir, tidak akan mampu memenuhi permintaan pasar, karena bahan baku yang sulit didapatkan. Ketika ia ditanya mengapa lebih memilih menghentikan usahanya yang sudah mendapatkan nama di pasaran itu, beliau menjawab, “Mengetahui sulitnya mencari bahan pokok waktu itu, membuat saya kepikiran akan usaha baru yang bisa saya lakukan. Yaitu, dengan membuka usaha Showroom motor.”
Sedikit keuntungan dari berwirausaha keripik pisang ia gunakan untuk membuka showroom motor tepat berada di depan rumahnya. Showroom yang dulu terbangun, hanyalah showroom sederhana yang hanya berukuran satu kamar. Namun, karena giat dan tekunnya bapak Paryono dalam menjalankan usaha, membuatnya perlahan bisa mengembangkan usahanya ini.
Ketika Paryono ditanya bagaimana bisa bertahan sejauh ini, padahal pasti banyak sekali jatuh bangun dalam usaha. Belum lagi persaingan yang semakin banyak. Beliau menjawab, “Yang membuat saya bertahan selama dan sejauh ini adalah, karena saya menyukai bisnis ini. Jika saya sudah menyukai maka tugas saya selanjutnya adalah mempertahankan atas apa yang sudah saya ambil. Gagal dan berhasil itu kan memang sudah menjadi bumbu pelengkap dalam berwirausaha. Dan justru saya tidak pernah merasakan sedang bersaing dengan showroom-showroom lainnya. Justru itu yang membuat saya untuk lebih giat dalam mengembangkan usaha ini.” 





Ketekunan yang dilakukan Paryono membuatnya semakin berhasil dalam berwirausaha. Kini penjualan yang dapat ia raih dalam satu bulannya yaitu mencapai 60 unit motor. Hal ini yang membuatnya semakin yakin bahwa dengan mencintai pekerjaan yang kita lakukan, menjalani dengan tekun, teliti, ulet dan pantang menyerah dapat membawanya menuju kesuksesan. “Mental dalam memulai usaha sangat dibutuhkan. Terlebih untuk menghadapi proses jatuh bangun berwirausaha. Keuletan, keterampilan, kegigihan,keyakinan dan tidak mudah putus asa adalah kunci untuk mengembangkan usaha. Tentu diserti doa-doa yang selalu terucapkan,” katanya saat ditanya hal apa yang menjadi faktor berhasilnya suatu usaha,
Hasil tidak akan pernah menghianati segala macam bentuk usaha dan juga doa yang selalu tercurahkan. Semangat menekuni dan menjalankan usaha selalu akan memberikan dampak perbuhan yang besar terhadap usaha kita. Jangan terlalu mudah menyerah terhadap usaha yang baru saja dimulai dan belum membuahkan hasil. Setiap usaha memerlukan prosesnya untuk kita mencapai keberhasilan.
“Untuk kalian semua mahasiswa yang ada di Indonesia, mulailah mencari inovasi usaha sampingan yang bisa kalian kerjakan sambil kuliah. Ciptakan usahamu, mau sekecil apa pun tetap jalani. Setidaknya kamu sudah bisa menghasilkan uang jajan sendiri. Dan hal ini yang akan melatihmu untuk ke depannya nanti, ketika kamu akan memulai usaha atau bisnis yang sesungguhnya tekuni usahamu itu, jalani dengan senang hati, maka percayalah kesuksesan akan membersamaimu. Satu lagi, tetaplah sellau berdoa kepada Tuhan yang maha mengabulkan serta memberi jalan keluar,” katanya saat diminta motivasi untuk para mahasiswa yang ada di Indonesia. (Abd. Aziz, M.Unsul Jalis, Renzi M)